10 Manfaat Tidur Miring Ke Arah Kanan Bagi Tubuhmu

Anda mungkin tidak menduga bahwa posisi tidur ternyata sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh. Setiap orang biasanya tidur dengan posisi yang tidak sama. Mungkin teman anda terbiasa dengan posisi tidur menghadap ke samping, sementara yang lain merebahkan tubuhnya dengan posisi terlentang.

10 Manfaat Tidur Miring Ke Arah Kanan Bagi Tubuhmu
Jika anda cenderung tidur dengan posisi miring, maka sepanjang malam pun akan seperti itu. Meskipun sesekali membalik-balikkan tubuh anda. Merebahkan tubuh menghadap ke samping kanan ternyata punya manfaat kesehatan yang luar biasa.

Sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat tidur miring ke kiri, silahkan anda baca artikel tersebut. Pada orang dengan kondisi medis tertentu, posisi tidur seperti itu memang sangat disarankan. Sedangkan pada orang yang tidak menderita penyakit tertentu, posisi terbaik saat tidur adalah menghadap ke kanan.


10 Manfaat Tidur Miring Ke Arah Kanan Bagi Tubuhmu


Jika anda tidak punya keluhan medis, sangat disarankan untuk membaringkan tubuh menghadap ke samping kanan. Berikut ini adalah manfaat yang anda dapatkan:

1. Menyehatkan paru-paru

Ketika tubuh direbahkan menghadap ke samping kanan, jantung akan bergeser sedikit ke kanan. Jantung akan menindih paru-paru kanan, yang berukuran lebih besar dari bagian kiri. Paru-paru sebelah kiri ukurannya lebih kecil. Jadi, akan terbebani jika tubuh dibaringkan menghadap ke kiri.

2. Tubuh lebih sehat dan bugar

Organ penting dalam tubuh akan beristirahat dengan optimal, jika posisi tidur anda adalah miring ke kanan. Bagi anda yang punya kebiasaan ini, dapat merasakannya saat bangun tidur.

3. Pernafasan menjadi lancar


Bahaya tidur terlentang salah satunya adalah tenggorokan tertutupi oleh pangkal lidah. Kondisi ini akan menghalangi saluran nafas, sehingga dapat menimbulkan dampak buruk seperti ngorok dan kurangnya asupan oksigen. Efek samping lainnya, anda mungkin mengalami henti nafas sebanyak beberapa kali dalam semalaman.

4. Menyegarkan otak kiri

Rutinitas seharian tentu membuat otak kiri bekerja keras. Dengan tidur miring ke kanan, akan mengurangi ketegangan otak kiri. Pusat saraf ini akan berisitirahat dengan baik, sehingga kepenatan pikiran akan hilang.

Fungsi otak kiri yang berjalan dengan baik, akan mencegah penyusutan pembuluh darah, endapan lemak, maupun asam residu oksidasi.

5. Baik untuk penderita maag

Makanan yang bercampur dengan asam lambung akan diproses dengan cepat, jika anda merebahkan tubuh miring ke kanan. Kondisi ini sangat menguntungkan tubuh, karena lambung dapat dikosongkan dengan segera. Sehingga mencegah dinding lambung terkikis oleh asam.

6. Mengendurkan ketegangan otot punggung

Tidur dengan posisi menghadap kanan bermanfaat untuk mengendurkan otot punggung yang tegang. Akan lebih baik dengan sedikit menekuk lutut ke depan.

7. Gizi makanan dapat diserap dengan baik

Semakin lama pencernaan makanan oleh usus, nutrisi gizi di dalamnya dapat diserap dengan optimal. Hal ini dapat dilakukan oleh usus, ketika tubuh dibaringkan dalam posisi miring ke kanan.

8. Membuat jantung tidak terbebani

Tidur miring ke kanan akan membuat suplai darah ke jaringan tubuh menjadi lancar. Aliran darah ke jantung pun menjadi lambat, sehingga denyut jantung tidak terlalu cepat. Penderita hipertensi sangat dianjurkan tidur dengan posisi ini.

9. Mencegah gangguan cerna

Tidur menyamping ke arah kanan akan membuat usus besar sigmoid diisi dengan cepat, sehingga terjadi kontraksi usus besar. Hal ini akan membuat anda tidak terlalu mengejan saat buang kotoran.

10. Mencegah timbulnya batu empedu

Aliran chiem akan berlangsung dengan baik, jika posisi tubuh anda miring ke kanan saat tidur. Dampak positifnya adalah produksi getah pankreas akan meningkat sehingga batu kantung empedu dapat dicegah.

Demikianlah 10 manfaat tidur miring ke kanan yang luar biasa bagi tubuh. Mungkin artikel ini dapat mengubah kebiasaan anda saat istirahat, sehingga tubuh lebih sehat dan jauh dari penyakit. Perlu dibaca: 8 Bahaya Mengerikan Akibat Tidur Terlalu Lama

ilustrasi foto: medicaldaily.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Tidur Miring Ke Arah Kanan Bagi Tubuhmu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.