19 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan

Teh hijau merupakan salah satu minuman sehat yang kaya antioksidan alami, yang baik untuk diet dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ingin mendapatkan tubuh sehat dan kulit yang cantik? Minumlah teh herbal ini secara teratur. Minum teh bukan lagi kebiasaan orang Jepang, tapi menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang seharusnya kita jalani.

19 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan
Berbeda dengan teh hitam atau teh oolong, proses pembuatan teh hijau dari daun Camellia sinensis ini dilakukan dengan cara dikukus. Dengan proses sederhana ini, senyawa katekin yang bersifat antioksidan tidak berkurang atau hilang.

Teh hijau lebih unggul dari teh biasa, untuk kandungan flavonoid di dalamnya. Senyawa penting ini merupakan fitokimia yang bersifat antioksidatif dan anti karsinogenik (anti-kanker).


19 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan


Anda mungkin akan lebih rajin untuk mengkonsumsi minuman sehat ini, setelah mengetahui manfaat kesehatan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah manfaat teh hijau yang luar biasa:

1. Menyehatkan jantung

Flavonoid yang terdapat dalam teh hijau dapat menghambat agregasi platelet, penyebab penyakit kardiovaskuler. Dengan minum teh hijau secara rutin, jantung lebih sehat.

2. Menurunkan berat badan

Pola makan yang buruk akan berakibat merugikan kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Maraknya junk food ataupun makanan siap saji menjadi pemicu kegemukan dan penyakit lainnya. Katekin dalam teh hijau merupakan antioksidan yang lebih kuat dari antioksidan yang berasal dari buah dan sayur.

Salah satu jenis katekin adalah epigallocatechin gallate (EGCG), yang mampu memacu metabolisme dalam tubuh. Adanya katekin dalam teh hijau menyebabkan oksidasi lemak lebih intensif, sehingga lebih mudah dikonversi menjadi energi. Selain itu, dengan rutin minum teh hijau dapat mengurangi nafsu makan.


3. Mencegah rematik

Senyawa penting dalam teh hijau mampu menekan produksi enzim kemokin. Enzim ini dapat memicu peradangan pada tubuh dan mengurangi fleksibilitas tulang rawan. Peradangan ini merupakan gejala umum rheumatoid arthritis.

4. Menghilangkan bau mulut

Hal ini karena teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit gigi. Bakteri juga merupakan penyebab utama bau mulut. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci mulut Anda dengan konsentrasi tinggi teh hijau, dan itu akan menyegarkan mulut Anda secara langsung.

Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi. Anda juga dapat membuat pasta gigi dari cairan daun teh hijau dan dicampur dengan satu sendok teh baking soda. Hal ini tidak hanya akan membantu mengurangi peradangan gusi, tetapi juga akan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda .

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Imunitas tubuh akan meningkat dengan minum teh hijau. Hal ini disebabkan oleh polifenol dan flavonoid yang melimpah di dalamnya, sehingga sistem kekebalan mampu melawan infeksi. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya vitamin C di dalamnya.

6. Mengurangi kolesterol buruk

Kolesterol buruk (LDL) yang menumpuk dalam tubuh dapat menimbulkan plak di arteri sehingga menyumbat aliran darah. Teh hijau mengandung katekin yang efektif untuk menurunkan LDL.

Katekin mampu menekan penyerapan kolesterol jahat dalam usus, sehingga anda akan terhindar dari risiko penyakit kolesterol tinggi.

7. Menyehatkan liver

Antioksidan yang melimpah dalam teh hijau berguna untuk menjaga kesehatan hati dengan cara menangkal radikal bebas, sehingga risiko hati berlemak dapat dicegah.

8. Mencegah alergi

Katekin yang disebut EGCG dalam teh hijau mampu memproduksi immunoglobulin dan histamin, yang berguna untuk meredakan reaksi terhadap alergen tertentu.

9. Menguatkan daya ingat

Poliifenol dalam teh hijau dapat berperan untuk melindungi bagian otak yang punya tugas untuk mengontrol memori, dengan cara menghambat penurunan acetylcholine dalam otak. Dengan rutin minum teh hijau akan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

10. Mengontrol kadar gula darah

Teh hijau cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes disebabkan antioksidan di dalmnya mampu menghambat alpha glucosidase, sehingga penyerapan gula dalam darah akan berkurang. Jadi, tubuh tidak mengeluarkan insulin dalam jumlah banyak untuk mengontrol glukosa dalam darah.

11. Menguatkan tulang

Teh hijau kaya akan fluoride yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga mengurangi risiko tulang keropos dan fraktur.

12. Menurunkan risiko kanker kulit

Teh hijau diperkaya dengan antioksidan kuat yang mampu menghambat VEGF dan HGF, dimana keduanya dapat memicu tumbuhnya sel tumor. Dampak buruk dari paparan UV dan zat karsinogen pun dapat dilawan oleh poliifenol dalam minuman sehat ini.

13. Mengobati keracunan makanan

Efek farmakologis dari teh hijau salah satunya adalah antiseptik. Dengan demikian, infeksi bakteri akibat keracunan makanan dapat diatasi dengan mengkonsumsi minuman ini. Tapi jangan berlebihan, karena tannin di dalamnya dapat memicu asam lambung.

14. Mengurangi gejala penyakit asma

Teh hijau mengandung teofilin yang mampu mengurangi ketegangan otot-otot saluran bronkial, sehingga meredakan gejala asma. Katekin dalam minuman ini juga berperan untuk mencegah reaksi alergi pada penderita asma.

15. Mencegah depresi

Penelitian oleh American Botanical Council menunjukkan bahwa minum teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko depresi pada orang tua. Theanine merupakan asam amino yang terdapat dalam teh hijau, dimana protein ini berperan sebagai anti depresan yang efektif untuk mencegah stres dan depresi.


Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut


16. Membuat rambut menjadi indah

Vitamin C, E, dan senyawa penting dalam teh hijau bermanfaat unutk melembutkan dan menyuburkan rambut anda. Terapkan teh hijau sebagai masker rambut, setelah keramas. Perawatan ini jika dilakukan dengan teratur akan membuat rambut menjadi indah, dan tidak mudah patah atau rontok.

17. Mencegah penuaan dini

Teh hijau mengandung poliifenol yang memiliki sifat antioksidan, yang mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan kulit. Rutin mengkonsumsi minuman sehat ini akan membuat kulit terlihat bercahaya dan cantik.

Teh hijau juga dapat digunakan sebagai masker wajah, yang berguna untuk menyegarkan wajah serta mengatasi jerawat dan ruam ringan di kulit. Proanthocyanidins oligomer merupakan zat yang bersifat antioksidan yang efektif dalam menunda penuaan dini. Zat ini terdapat dalam teh hijau.

18. Mempercantik kuku

Untuk mendapatkan kuku yang kuat dan cantik, rendam tangan anda ke dalam air hangat yang ditaburi dengan teh hijau. Lakukan perawatan ini seminggu sekali saja, maka kuku menjadi cantik dan mengkilat.

19. Sebagai sunblock alami

Masker teh hijau dapat diterapkan pada wajah untuk mencegah kerutan dan paparan sinar UV.


Efek samping mengkonsumsi teh hijau


Meskipun kadar kafein di dalam minuman ini tergolong rendah, tapi anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi secara berlebihan. Terutama bagi penderita maag atau asam lambung.

Konsumsi secara berlebihan juga dapat mengganggu penyerapan zat besi. Cukup minum 2 cangkir teh setiap hari, untuk mendapatkan manfaatnya.

Nah, demikian 19 manfaat teh hijau untuk diet dan kesehatan anda. Apakah anda telah menyediakannya di rumah? Pelajari juga: 21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kecantikan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

19 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.