11 Manfaat Kentang Rebus untuk Diet dan Kecantikan

Apa anda suka kentang goreng? Tidak bisa dipungkiri, kentang memang cocok disantap sebagai snack ataupun crispi. Tapi tahukah anda bahwa kentang rebus jauh lebih menyehatkan, juga kaya akan manfaat untuk kecantikan. Hal ini disebabkan adanya nutrisi gizi termasuk vitamin dan mineral di dalamnya.

11 Manfaat Kentang Rebus untuk Diet dan Kecantikan
Apa saja kandungan kentang rebus?

Di Eropa, kentang dijadikan sebagai makanan pokok. Makanan sehat ini kaya akan vitamin A, B, C, kalsium, zat besi, potassium, serat, dan protein. Semua nutrisi tersebut dapat diperoleh dengan makan kentang rebus, tentu saja anda juga mendapatkan asupan karbohidrat darinya.

Dengan merebus kentang tanpa mengupas kulitnya, maka protein di dalamnya tidak hilang. Berbeda dengan kentang yang dikupas kemudian direbus, maka akan kehilangan sekitar 10 persen dari protein yang terkandung di dalamnya.

Kentang rebus berukuran sedang juga menyediakan sekitar 30 persen dari kebutuhan thiamin dan niacin per harinya. Namun, jika anda merebusnya tanpa kulit luar, maka vitamin C di dalamnya akan berkurang hingga 50%.

Keunggulan kentang rebus daripada kentang goreng adalah mineral seperti fosfor dan kalium di dalamnya tidak berkurang. Demikian pula dengan vitamin C dan B kompleks di dalam kentang rebus dapat dipertahankan, tanpa takut hilang. Kentang rebus memiliki rendah lemak dan kalori, tidak dengan kentang goreng yang mengandung banyak kalori dan lemak.


11 Manfaat Kentang Rebus untuk Diet dan Kecantikan


1. Menyehatkan tulang dan saraf

Mineral seperti magnesium, potassium, dan fosfor yang terdapat dalam kentang rebus berguna untuk menjaga kesehatan saraf, tulang, dan otot yang sehat. Cukup dengan makan kentang rebus berukuran besar, dapat memenuhi 25 persen dari kebutuhan kalium harian anda.

2. Penghasil energi

Kentang rebus mengandung vitamin B kompleks yang cukup tinggi. Vitamin ini berperan dalam produksi sel darah, metabolisme lemak dan karbohidrat, serta membantu dalam konversi energi dari protein. Cukup dengan makan kentang rebus, dapat memenuhi 50 persen dari kebutuhan vitamin B6 setiap harinya.

3. Memulihkan luka dengan cepat

Mangan adalah salah satu jenis mineral penting, yang terdapat dalam kentang rebus. Mineral ini berperan dalam metabolisme, serta produksi kolagen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk penyembuhan luka.

4. Menyehatkan otot tubuh

Kentang rebus juga mengandung tembaga yang memegang peranan penting dalam produksi oksidase lysyl, yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak dan pembentukan jaringan ikat yang sehat.


Manfaat Kentang Rebus untuk Kecantikan


Bagi pelaku diet, kentang merupakan pilihan tepat sebagai menu harian. Selain lezat, makanan favorit para vegetarian ini kaya akan manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa dampak positif akibat mengkonsumsi kentang rebus sebagai menu harian:

5. Mengatasi kantong mata

Mata panda membuat penampilan anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Masker kentang dapat diterapkan pada area sekitar mata, untuk mengatasi masalah kecantikan ini.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Selain rasanya yang nikmat dan kaya akan nutrisi gizi, kentang rebus baik untuk ditambahkan ke dalam diet harian. Bagi anda yang memiliki tubuh terlalu kurus, sebaiknya mengganti makanan pokok anda dengan kentang.


7. Membuat tubuh tetap bugar

Tubuh kita tidak hanya membutuhkan karbohidrat, tapi juga vitamin C dan B6 untuk membuatnya tetap segar dan bugar. Kentang rebus menyediakan kedua vitamin ini.

8. Kenyang lebih lama

Karbohidrat tinggi yang terdapat dalam kentang rebus cocok sebagai asupan bagi mereka yang menjalani program diet. Karbohidrat ini dapat menunda rasa lapar, sehingga anda terhindar dari kebiasaan ngemil.

9. Mengurangi jerawat

Kentang juga berguna untuk mengobati jerawat dan mencerahkan wajah anda, jika diterapkan sebagai masker wajah.

10. Mencegah timbulnya uban dini

Jangan biarkan rambut anda mengalami kerontokan secara terus menerus. Karena ujung-ujungnya dapat berakibat kebotakan. Tidak pantas juga bagi anda yang masih muda tapi uban sudah bermunculan di rambut. Nah, atasi kedua masalah tersebut dengan menerapkan masker kentang pada rambut dan kulit kepala. Lakukan perawatan secara rutin, untuk hasil terbaik.

Oh iya, campurkan air jeruk nipis dan putih telur ke dalam parutan kentang sebelum diaplikasikan pada kulit kepala. Pijat perlahan kepala anda, biarkan masker kentang selama 30 menit. Cuci rambut anda, setelah perawatan ini.

11. Mencegah penuaan dini

Masker kentang efektif untuk menunda tanda penuaan di wajah, jika diaplikasikan dengan rutin setiap menjelang tidur malam. Tambahkan madu murni sebelum digunakan sebagai masker. Tanda penuaan yang sering timbul seperti garis-garis halus, keriput, noda hitam, dan kerutan.

Nah, itulah 11 manfaat kentang rebus untuk tubuh kita. Sekali lagi, jika anda ingin mendapatkan nutrisi dalam makanan sehat ini maka rebus beserta kulitnya. Jadi, jangan dikupas supaya gizinya tidak hilang dalam jumlah besar. Menarik juga: 11 Cara mengencangkan kulit wajah secara tradisional

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Kentang Rebus untuk Diet dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.