22 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Obat alami - Buah manggis memang layak disebut sebagai ratu buah, disebabkan manfaatnya yang luar biasa untuk mengobati sejumlah penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, batu ginjal, dan kanker. Manggis juga berkontribusi cukup signifikan di dunia kecantikan. Beberapa tanda penuaan dini dapat dicegah oleh buah ini, seperti keriput, flek hitam, dan banyak lagi.

22 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Apa saja kandungan manggis?

Buah berwarna merah gelap atau keunguan ini dilengkapi dengan berbagai zat penting seperti xanthones, yang bersifat antioksidan kuat. Tidak hanya itu, buah ini juga diperkaya dengan berbagai mineral dan nutrisi penting seperti vitamin C, kalsium, niasin, zat besi, vitamin B1, riboflavin, protein, proanthocyanidins, cathechins, polikasarida, garcinone E, dan serat. Efek farmakologis dalam buah cantik ini termasuk sebagai anti-alergi dan anti-radang.

Nama ilmiah dari manggis adalah Garcinia mangostana, tergolong dalam keluarga guttiferae. Dalam bahasa Inggris disebut mangosteen. Tekstur buahnya yang lembut dengan rasanya yang manis asam, tentunya membuat semua orang menyukai buah satu ini.


22 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Selain dikemas sebagai minuman sirup, ekstrak buah ini banyak digunakan dalam produk kesehatan maupun kecantikan. Nah, inilah khasiat buah manggis yang menakjubkan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah manggis mengandung catechins, yang merupakan antioksidan kuat lebih dari vitamin C maupun E. Antioksidan ini mampu meningkatkan imunitas tubuh kita. Lebih lengkap: 11 makanan yang menguatkan daya tahan tubuh.

2. Melawan kanker

Manggis kaya akan senyawa xamthone, yang dapat menekan pertumbuhan sel-sel kanker pada hati dan usus besar. Senyawa ini juga mampu menghambat aktivitas sel-sel penyebab leukemia. Senyawa garcinone E yang terdapat di dalam buah ini juga efektif dalam mencegah perkembangan tumor.

Meski begitu, para ilmuwan dalam Journal of Society for Integrative Oncology, mengingatkan kepada pasien kanker untuk hati-hati dalam mengkonsumsi ekstrak manggis karena dapat memicu lonjakan kadar gula darah. Jadi, minta saran kepada dokter anda.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah manggis sangat cocok dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Nutrisi di dalamnya yang berperan untuk mengontrol tekanan darah seperti mineral, vitamin, dan serat.

4. Mencegah batu ginjal

Buah manggis dapat bersifat diuretik yang melancarkan sekresi urin. Dengan rutin makan 3 ons buah ini dapat mencegah penyakit batu ginjal.


5. Mengurangi nyeri sendi dan peradangan

Sifat anti-inflamasi dalam buah manggis berguna untuk mencegah nyeri, peradangan, dan kerusakan sendi. Bukan hanya itu, gangguan arthritis dan nyeri karena latihan berat dapat diobati olehnya.

6. Mencegah penyakit TBC

Senyawa xanthones dalam buah manggis mampu melawan aktivitas bakteri dan jamur penyebab berbagai macam infeksi pada luka. Pada jurnal yang diumumkan oleh Chemical and Pharmaceutical Bulletin menyebutkan bahwa xanthones dari manggis efektif dalam melawan bakteri tuberkulosis.


Manfaat buah manggis lainnya


Selain khasiat yang ditelah disebutkan, berikut ini adalah sejumlah penyakit yang dapat diatasi oleh buah super ini:

7. Alergi
8. Penyakit parkinson dan Alzheimer
9. Gangguan usus, diare, dan sembelit.
10. Katarak
11. Gangguan otak dan saraf
12. Sakit kepala sebelah (migraine)
13. Kolesterol tinggi
14. Stres dan depresi


Manfaat Buah Manggis Untuk Kecantikan


15. Mencegah kegemukan (Obesitas)

Bukan hanya lezat, tapi buah super ini sangat rendah kalori. Sehingga cocok untuk ditambahkan ke dalam menu harian anda, terutama bagi pelaku diet yang menjalani program penurunan berat badan. Dalam 100 gram buahnya hanya mengandung 63 kalori, tanpa kolesterol dan bebas lemak jenuh. Dalam takaran segitu, telah memenuhi 13 persen dari kebutuhan serat setiap harinya.

16. Melembutkan kulit wajah
17. Memutihkan wajah
18. Mencerahkan wajah yang kusam
19. Menghilangkan jerawat
20. Mencegah penuaan dini
21. Menghilangkan flek hitam
22. Mengencangkan kulit

Untuk 7 poin terakhir yang disebutkan di atas, anda harus melakukan perawatan dari dalam dan luar. Pertama, perawatan dalam dilakukan dengan minum jus kulit manggis secara teratur. Caranya, makan buah manggis kemudian potong-potong kulit buahnya. Haluskan dengan blender yang berisi ½ gelas air. Minum jus ini sebelum tidur malam.

Perawatan luar dilakukan dengan menerapkan masker kulit manggis pada wajah anda. Caranya, 2 buah manggis diambil kulitnya saja. Haluskan bersama ½ gelas air dalam sebuah blender, peras untuk membuang ampasnya. Endapkan larutan ini sampai terbentuk ekstrak kulit buah. Ambil endapan yang terbentuk, aplikasikan pada wajah anda sebagai masker. Biarkan menempel di wajah sebelum tidur malam, bilas pada keesokan harinya.

Nah, itulah 22 manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Jadi, bukan hanya dagingnya saja yang berkhasiat untuk pengobatan penyakit tapi kulit manggis pun juga efektif untuk merawat kecantikan kulit. Menarik juga: 11 manfaat buah Leci di balik rasanya yang lezat. Semoga menambah pengetahuan anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

22 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.