12 Manfaat Minyak Jojoba Bagi Kecantikan Wanita

Mungkin minyak Jojoba masih asing didengar oleh telinga kita. Minyak jojoba adalah cairan lilin nabati yang berasal dari biji tanaman jojoba. Minyak ini jernih dan tidak berbau, memiliki jutaan manfaat bagi kecantikan kulit.

minyak-jojoba
Minyak nabati ini mengandung hampir seluruh mineral esensial dan vitamin yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut, seperti tembaga, vitamin B-kompleks, selenium, yodium, zinc, dan kromium.

Minyak ini tidak menimbulkan reaksi alergi bagi kulit sensitif. Bagi Wanita yang ingin mendapatkan kulit cantik dan rambut yang sehat, bahan alami ini adalah pilihan yang tetap untuk digunakan.


12 Manfaat Minyak Jojoba Bagi Kecantikan Wanita


1. Sebagai Tabir Surya

Takut keluar ketika hari panas? Paparan sinar UV memang dapat merusak kulit kita. Tenang, minyak jojoba mengatasi masalah ini. Minyak ini dapat berguna sebagai SPF 4 yang melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet.

Asam miristat yang ada di dalamnya juga memberi perlindungan ekstra bagi kulit Anda. Vitamin E dan vitamin B kompleks dalam minyak jojoba mampu meregenerasi dan sel-sel kulit yang rusak.

2. Mengobati Jerawat


Sibuk dengan aktivitas memencet jerawat? Hentikan kebiasaan itu. Minyak jojoba diperkaya dengan sifat antibakteri yang melawan pertumbuhan bakteri. Di samping itu, sifat anti-inflamasi pada minyak ini mampu mengobati kulit yang teriritasi. Minyak ini dapat meresap ke dalam kulit dengan baik, kemudian mengeluarkan sumbatan di pori-pori kulit.

3. Melembabkan Kulit

Wajah kusam dan kering disebabkan oleh dehidrasi kulit. Kuman lebih berpeluang untuk menginfeksi kulit kering. Minyak jojoba mudah diserap oleh kulit kita, sehingga menjaga hidrasi kulit.

Aplikasikan minyak jojoba hangat pada wajah Anda dan pijat dengan lembut. Biarkan selama semalam. Lakukan perawatan ini dengan rutin untuk membuat kulit menjadi halus.

4. Mengatasi Wajah Berminyak

Wajah yang belepotan dengan minyak tentu sangat mengganggu. Jangan sedih, gunakan minyak jojoba untuk mengatasi masalah ini. Gosokkan minyak jojoba pada kulit wajah yang berminyak. Anda akan melihat hasil yang menakjubkan. Pastikan untuk menggunakan minyak jojoba murni tanpa bahan aditif, yang justru dapat menimbulkan efek sebaliknya baca: Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Berminyak.

5. Mengatasi Kutikula Kering

Wanita sangat peduli dengan kecantikan kulit, termasuk kuku. Kulit di sekitar kuku yang mengelupas tentu mengurangi keindahan kulit. Minyak jojoba diperkaya dengan vitamin E yang menutrisi kulit, termasuk kutikula. Rendam kuku dalam air hangat selama 5 menit sebelum mengoleskan minyak jojoba. Ulangi perawatan ini setiap hari, untuk membuat kutikula menjadi lembut, sehat, dan cantik.

6. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Minyak jojoba (simmondsia chinensis) dapat berguna untuk melembutkan bibir dan membuatnya menjadi kenyal. Cukup dengan mencampurnya dengan lilin lebah murni (beeswax) dalam jumlah yang sama. Panaskan dengan api kecil selama beberapa saat, kemudian biarkan menjadi dingin. Oles pada bibir Anda, untuk mengobati bibir terkelupas atau pecah-pecah. Jadi minyak jojoba dapat digunakan sebagai pengganti lip balm.

7. Mengatasi Tumit Retak

Aplikasi minyak jojoba pada tumit akan membuatnya menjadi lembut dan halus. Untuk kulit yang mengeras, gosok dengan batu apung dalam keadaan tumit basah. Lanjutkan dengan menerapkan minyak jojoba pada tumit yang retak. Jika Anda melakukan perawatan ini dengan rutin, maka tumit akan menjadi halus. Pelajari: 9 Cara Mengatasi Tumit Retak Secara Tradisional.

8. Mengobati Eksim

Minyak jojoba juga efektif untuk mengobati gatal dan kulit kering. Minyak ini melapisi kulit, sehingga mencegah iritasi eksternal. Sifat anti-inflamasi di dalamnya membantu untuk mengobati eksim dan peradangan kulit.

9. Pembersih Riasan Wajah (Make-up)

Manfaat minyak jojoba yang lain adalah sebagai pembersih bekas riasan pada wajah yang masih melekat. Basahi kapas dengan minyak jojoba dan gosokkan secara lembut pada riasan yang nempel di wajah. Minyak jojoba mampu menghapus semua bekas make-up seperti maskara, eye shadow, lipstik, dan lainnya. Minyak jojoba juga mampu menguatkan bulu mata Anda. Usapkan tisu basah pada wajah, setelahnya.


Manfaat Minyak Jojoba Untuk Rambut


10. Mencegah Rambut Bercabang


rambut
Minyak jojoba dapat memberikan kelembaban alami pada folikel rambut. Terapkan minyak ini pada rambut, sebelum keramas. Cara ini bertujuan untuk mencegah hilangnya minyak alami pada rambut. Minyak jojoba akan membentuk lapisan lilin yang tipis pada setiap helai rambut, sehingga melindunginya dari kekeringan.

Minyak jojoba juga bisa membersihkan sisa produk rambut yang menumpuk pada kulit kepala, seperti hairspray atau mousse.

11. Mengatasi Rambut Kusut

Minyak jojoba memiliki struktur yang mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh kita. Cukup dengan mengoleskan minyak ini pada rambut dan kulit kepala, untuk mengatasi rambut kusut yang sulit diatur. Minyak jojoba dapat berfungsi sebagai conditioner rambut.

12. Untuk Menghilangkan Ketombe

Ketombe disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala. Beberapa produk sampo berbahan zinc dan selenium dibuat untuk mengobati ketombe. Perlu diketahui bahwa minyak jojoba mengandung kedua mineral ini. Sehingga efektif dalam melawan ketombe. Bukan hanya itu, minyak jojoba juga memiliki sifat antijamur yang bermanfaat untuk mencegah infeksi jamur. Karena ketombe terkadang dipersulit dengan adanya jamur.

Itulah Manfaat Minyak Jojoba Bagi Kecantikan Wajah dan Rambut. Cantik tidak selalu menggunakan produk kecantikan berbahan kimia. Salah satunya telah kita bahas bersama.

foto via riahhair.co.uk, duduosum.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Minyak Jojoba Bagi Kecantikan Wanita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.