14 Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Tradisional

Bunga kenanga merupakan bunga cantik yang sering digunakan dalam dunia kecantikan. Sebaga bahan pembuatan parfum, bunga kenanga tidak kalah dibandingkan bunga lain seperti mawar, rosella, ataupun melati. Ketika masih muda warnanya hijau, dan berubah menjadi kuning ketika telah tua.

Kenanga (Canangium odoratum) merupakan bunga dengan bau yang khas. Bunga kenanga banyak ditemukan di pinggir jalan, sebagai peneduh atau tanaman hias. Bunga kenanga memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak. Tanaman ini sering digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti malaria, sesak nafas, bronkitis, dan jamu untuk ibu setelah persalinan.


bunga kenanga
foto: iloveaceh.tumblr.com


14 Manfaat bunga kenanga sebagai obat tradisional


1. Obat sakit kepala

Cara tradisional ini dapat meredakan sakit kepala. Caranya dengan merebus 15gr irisan jahe dan 15gr bunga kenanga,  ke dalam 400cc air hingga berkurang setengahnya. Minum ramuan alami ini selagi hangat.

2. Mengobati Keputihan

Untuk mengatasi keputihan secara alami, sediakan bunga kenanga dan kulit delima kering masing-masing sebanyak 30gr. Rebus ke dalam 600cc air hingga volume air tersisa separuhnya. Minum ramuan ini ketika dingin, sebanyak 2 kali dalam sehari masing-masing sebanyak 150cc air. Artikel lainnya: 11 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami

3. Obat stres alami

Untuk meredakan gelisah, rebus 30gr kim cim dan 15gr bunga kenanga bersama 600cc air sampai airnya menyusut setengah bagian. Minum airnya selagi hangat, kim sim dapat dimakan. Penting: 12 Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Cepat!

4. Mengobati rematik secara alami

Untuk mengatasi encok, sediakan 15gr kuncup bunga kenanga, 20gr daun ketapang, 30gr daun srikaya, 10 butir merica, dan 20gr jahe. Semua bahan ditumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih dan air secukupnya kemudian aduk hingga rata. Balurkan ke area tubuh yang terasa nyeri. Lakukan perawatan ini setiap hari sebanyak 2 kali.

5. Jamu Setelah persalinan


Bunga Kenanga telah lama dikenal oleh orang kuno untuk memulihkan stamina wanita, setelah melahirkan bayi. Seperti dimaklumi bahwa keberadaan bidan maupun dokter ketika itu masih sangat jarang, bahkan belum ada.

Untuk membuat ramuan pemulih stamina bagi ibu, sediakan bunga kenanga muda, pegatsih, kayu rapet, kunci pepet, jongrahab, kunyit, jakeling, dan jalawe. Tumbuk semua bahan hingga halus, kemudian seduh bersama air panas. Minum ramuan ini selagi hangat. Ramuan herbal ini bersifat alami dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

6. Obat alami bagi penyakit Malaria

Salah satu manfaat bunga kenanga untuk kesehatan adalah mengobati malaria secara alami. Caranya tidaklah sulit, cukup dengan menjemur bunga kenanga sebanyak 3 kuntum. Seduh bersama segelas air panas, kemudian gelas ditutup dengan rapat. Biarkan airnya dingin, kemudian saring dan airnya diminum. Lakukan cara ini secara teratur sampai malria sembuh.

7. Meredakan sesak nafas

Untuk mengobati sesak nafas akibat alergi ataupun asma, dapat digunakan ramuan alami menggunakan bunga kenanga. Ambil setengah genggam bunga kenanga untuk direbus ke dalam segelas air, tambahkan 1 ½ sdm gula pasir. Biarkan menyusut sampai  tersisa hanya ½ gelas air. Minum airnya setiap selesai sarapan dan makan malam.

8. Meredakan batuk

Batuk kering tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, demikian pula batuk berdahak. Bahkan masa penyembuhan penyakit ini terkadang sangat lama, hingga sekitar 1 bulan. Salah satu obat herbal untuk penyakit batuk adalah bunga kenanga. Cukup dengan minum sari bunga kenanga yang diperoleh dengan merebusnya terlebih dahulu.

9. Mengobati penyakit Bronkhitis

Obat herbal untuk bronkhitis dapat dibuat dengan mudah. Rebus dua kuntum bunga kenanga bersama segelas air hingga airnya berkurang setengah gelas. Minum ramuan ini, setiap pagi dan sore hari.

10. Mengobati penyakit kudis

Menghilangkan kudis dapat dilakukan menggunakan daun salam. Obat alternatif lainnya adalah bunga kenanga. Tumbuk 50gr bunga kenanga, setelah dicuci sebelumnya. Tuangkan 20cc minyak kelapa, kemudian panaskan selama beberapa saat. Tunggu hingga agak dingin, oleskan campuran ini ke area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam sehari hingga penyakit sembuh.

11. Mengobati demam akibat nifas

Ambil bunga kenanga dan turi merah (masing-masing 5 kuntum), 10gr kunyit, 10gr kencur, 25gr buah asam, dan 10gr temu hitam. Tumbuk semua bahan, campur dengan garam dan air secukupnya. Gosokkan pada area punggung, dan sebagai tapal di perut. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali sehari.

12. Mengobati hepatitis dengan alami

Siapkan 3gr bunga kenanga, 15gr bangle, dan 20gr temu lawak. Rebus bersama 600cc air sampai berkurang setengahnya, biarkan dingin kemudian minum ramuan ini secara teratur.

13. Menetralkan racun karena gigitan serangga

Untuk mengobati sengatan kalajengking atau ular, sediakan 3 kuntum bunga kenanga, 9 kuntum bunga melati, dan sekuntum bunga mawar. Remas semua bahan bersama 1 sdt minyak kelapa, kemudian tempelkan pada luka selama beberapa menit.

14. Menghilangkan bau badan

Rebus 15gr bunga kenanga bersama gula batu ke dalam 600cc air, sampai tersisa separuhnya. Minum airnya selagi hangat. Perlu dipelajari tentang 10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami!

Itulah 14 Manfaat Bunga Kenanga sebagai ramuan herbal, untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Anda dapat menanam bunga ini di pekarangan rumah. Harum, indah dan memiliki segudang manfaat kesehatan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.