16 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Obat alami - Pisang adalah buah super yang paling populer, menjadi favorit banyak orang, murah, dan mudah didapatkan. Pisang bukan hanya enak dimakan sebagai pencuci mulut, lebih dari itu buah kuning ini kaya manfaat kesehatan secara keseluruhan. Buah ini mudah untuk anda temukan di berbagai tempat seperti pasar tradisional, toko buah, pusat perbelanjaan, bahkan di kebun sendiri. Anda pun dapat berkreasi untuk membuatnya sebagai kue atau masakan dengan pisang sebagai bahan dasar.


sumber gambar: erasedisease.com

Nutrisi buah Pisang

Jauh di luar perkiraan kita, pisang ternyata telah memberi kontribusi besar dalam dunia kecantikan ataupun kesehatan. Hal ini terkait nutrisi yang terkandung di dalamnya. Buah kuning ini mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, asam folat, riboflavin, dan niacin. Di dalam buah pisang juga terdapat berbagai mineral penting seperti kalium, magnesium, zat besi dan mangan. Selain itu, buah ini juga dilengkapi dengan karbohidrat, kalori, protein, dan serat. Jadi, tidak aneh jika pisang memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah asma, menekan risiko kanker, serta menjaga kesehatan jantung.


16 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Berbagai manfaat kesehatan dapat diperoleh dengan memasukkan pisang ke dalam menu diet anda. Asupan harian yang disarankan adalah sekitar 4,7 gram. Berikut beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang jarang anda ketahui:

1. Mendukung fungsi jantung


Buah pisang sangat baik untuk dimakan sebagai menu sarapan. Hal ini terkait kalium dan serat yang ada di dalamnya. Buah ini mengandung vitamin C dan flavonoid yang mampu mencegah oksidasi lemak. Kalium berfungsi sebagai tonik yang menunjang kesehatan jantung, serta menjaga detak jantung. Tubuh yang sangat kekurangan kalium dapat berakibat kekacauan irama jantung. Serat pektin bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

2. Mencegah dan mengobati Anemia

Buah pisang kaya akan zat besi yang sangat diperlukan dalam pembentukan hemoglobin. Dengan konsumsi dua buah pisang per hari telah memenuhi asupan zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Kekurangan sel darah merah di dalam tubuh akan menyebabkan anemia.

3. Membantu mengobati Diabetes

Bagi penderita penyakit diabetes tipe 1, sebaiknya menjalani diet tinggi serat. Pisang merupakan pilihan yang tepat dalam hal ini. Buah pisang kaya akan serat yang membantu meningkatkan hormon insulin dan lipid. Rekomendasi ahli herbal untuk pasien diabetes adalah dengan konsumsi pisang goroho, yang berasal dari Gorontalo. Untuk menurunkan kadar gula darah, ambil pisang goroho untuk dikukus. Kemudian dicampur dengan kelapa yang telah diparut. Makanan ini baik bagi penderita diabetes.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Potasium yang terdapat di dalam buah pisang merupakan mineral penting yang bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah, juga aliran oksigen ke otak. Sedangkan kalium di dalamnya berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Intinya, kedua mineral ini mampu menurunkan risiko stroke pemicu serangan jantung.

5. Mendukung sistem pencernaan di usus

Serat di dalam buah pisang bermanfaat untuk mencegah konstipasi. Buah pisang merupakan obat pencahar alami. Mencampurnya denagn segelas susu, dapat memperkecil risiko penyakit usus seperti kanker usus besar. Manfaat pisang juga dapat mencegah inflamasi terkait vitamin C yang terkandung di dalamnya.

6. Mendukung kesehatan tulang

Salah satu mineral yang terdapat pada pisang adalah mangan. Mineral ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

7. Mengobati penyakit maag

Buah pisang mampu mengatasi maag disebabkan oleh zat yang berfungsi sebagai penangkal asam dalam lambung.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang ada di dalam buah pisang, dapat larut di dalam lemak. Senyawa di dalam buah ini berperan untuk menjaga membran sekitar mata, serta membantu penerusan cahaya ke kornea. Konsumsi secara teratur dapat mencegah kebutaan, serta mempertajam daya penglihatan.

Asupan vitamin A harian yang sebaiknya dipenuhi oleh wanita adalah 700 mikro gram, sedang pada pria sekitar 900 mikro gram. Di dalam pisang terkandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.

9. Mencegah risiko penyakit Asma

Hasil penelitian di Inggris menunjukkan bahwa anak-anak yang makan sebuah pisang secara teratur setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit asma hingga 34%.

10. Meringankan gejala Diare

Seseorang yang menderita diare akan banyak kehilangan cairan elektrolit, sehingga merasa lesu, letih dan lemah. Pisang meredakan gejala ini disebabkan kalium di dalamnya.

11. Meningkatkan suasana hati

Jika suasana hati anda sedang kacau dan stres, konsumsi buah pisang dapat membuat mood stabil. Sarapan dengan pisang dan sereal, dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja otak.

12. Meredakan nyeri haid
Perbanyak konsumsi buah ini jika anda sering merasa nyeri ketika menstruasi. Efeknya akan mengurangi rasa sakit yang biasa anda derita.

13. Meningkatkan energi dan kekebalan tubuh

Karbohidrat yang ada dalam pisang dapat meningkatkan energi untuk tubuh. Cukup dengan 2 buah pisang perhari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan energi untuk menjalani aktivitas anda.


foto: forwallpaper.com


Manfaat pisang untuk kecantikan


14. Mengontrol berat badan

Konsumsi buah ini akan menyebabkan penurunan berat badan. Buah pisang termasuk rendah kalori, sehingga aman untuk diet anda.

15. Mengobati jerawat

Jusa buah pisang mampu mengobati jerawat. Caranya dengan mengoleskan ke wajah anda sebagai masker, biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

16. Mengatasi kulit kasar dan kering

Caranya dengan mencampurkan sedikit madu ke dalam jus buah pisang. Terapkan pada wajah anda sebagai masker, bilas setelah beberapa menit menempel di wajah anda.

Mulai sekarang, sediakan buah kuning yang berbentuk melengkung ini di rumah anda. Buah super yang mudah didapatkan, namun memiliki segudang manfaat kesehatan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.