Cara Tepat Mengatasi Lelah dan Ngantuk

Penyebab Lelah dan Cara Mengatasinya - Saat tubuh merasa lelah padahal tidak ada keluhan terhadap penyakit tertentu, mungkin anda kurang berolahraga. Di tengah rutinitas yang sangat padat, letih dan lelah kadang mudah kita alami. Sedikit tambahan waktu untuk berolahraga dapat mengurangi kelelahan.

Aktivitas dapat terganggu karena tubuh dan fikiran kita lelah. Bagi anda yang bekerja di kantor, pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik saat tubuh dan pikiran lelah. Bagi pelajar dan mahasiswa, pelajaran dan kuliah jadi terganggu.


lelah
photo: newbodychiro.com

Penyebab Lelah dan Solusinya

Tidak perlu dijelaskan lagi, efek yang ditimbulkan oleh lelah yang kita derita. Semua pekerjaan menjadi kacau, hilang konsentrasi, dan dapat memicu kondisi buruk lainnya. Berikut beberapa tips ampuh mengatasi Lelah yang seharusnya anda ketahui:

Waktu Tidur

Kualitas dan kuantitas tidur sangat menentukan kesehatan seseorang. Lakukan tidur selama 7 hingga 8 jam tiap malam. Jauhkan semua gadget dari sisi anda ketika tidur. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur.

Anemia

Anemia dapat menyerang wanita ketika menstruasi. Tubuh memerlukan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Jika jaringan tubuh kekurangan oksigen, rasa lelah mudah menyerang. Penuhi asupan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, hati, bayam, hati, dll. Anda juga dapat minum suplemen yang kaya akan zat besi. [Tips lainnya: Cara Alami Mengobati Anemia ]

Depresi

Stres dapat memicu banyak gangguan kesehatan. Sakit kepala, kelelahan, dan hilangnya selera makan dapat timbul secara tiba-tiba akibat stres. Jangan terlalu paksakan diri anda. Jalani hidup tanpa tekanan. [Lainnya: 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres ]

Tubuh Kekurangan Energi


Lakukan diet seimbang untuk menjaga kadar gula dalam darah. Jika anda sedang mengikuti program diet dengan mengurangi porsi makan, jangan tinggalkan sarapan. Penuhi jumlah protein dan karbohidrat dalam menu sarapan anda.

Minum Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Namun, porsi yang terlalu banyak dapat memacu denyut jantung, meningkatkan tekanan darah, dan menyebabkan kelelahan. Kurangi minum kopi, coklat, atau cemilan yang mengandung kafein. Lakukan secara bertahap untuk menghindari efek kelelahan secara tiba-tiba.

Kekurangan Cairan Tubuh

Kelelahan dapat dipicu oleh dehidrasi. Bahkan, bagi anda yang bekerja di atas kursi pun perlu mengkonsumsi air secara cukup. Pastikan warna air yang keluar saat buang air, berwarna jernih. Minumlah 2 gelas air setiap 1 jam. Ini membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah kelelahan.

Diabetes

Meskipun penderita diabetes memiliki kadar gula tinggi, tapi gula dalam darah tersebut tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh sehingga tidak bisa diubah menjadi tenaga. Waspadalah ketika anda mengalami lelah tanpa sebab yang pasti. Olahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah serangan berbagai penyakit. [Lainnya: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional]

Serangan Jantung

Jika anda merasa lelah akibat melakukan pekerjaan ringan, waspadalah. Hal itu bisa disebabkan karena jantung tidak bekerja dengan semestinya. Segera konsultasi ke dokter. Ubah gaya hidup anda dengan pola hidup sehat, lakukan pengobatan yang tepat.

Alergi Makanan

Alergi terhadap beberapa jenis makanan dapat memicu kelelahan dan ngantuk. Selidiki makanan yang menyebabkan alergi. Periksa ke dokter agar dilakukan tes alergi.

Untuk hidup sehat dan bugar, anda harus memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Penuhi kebutuhan tubuh akan protein, karbohidrat, vitamon, mineral, dan serat. Olahraga secara teratur perlu dilakukan untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat. Jangan siksa diri anda dengan hal-hal yang membuat pikiran tidak tenang.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Tepat Mengatasi Lelah dan Ngantuk
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.