Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Daun Kumis Kucing sangat populer di kalangan ahli herbal. Hal ini tidak lepas dari kontribusinya yang sangat baik dalam pengobatan alternatif. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis, dapat diobati oleh penggunaan Kumis Kucing. Ada dua jenis daun kumis kucing yang telah diketahui, ada yang warna bunganya ungu dan yang lain berwarna putih. Daun ini memiliki rasa yang manis dan sedikit pahit.

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan


Daun kumis kucing mengandung beberapa senyawa penting seperti saponin, polifenol, minyak atsiri, sapofonin, myoinositol, kalium, sinensetin, dan zat samak. Telah dilakukan proses analisis terhadap senyawa kimia yang terkandung di dalam Kumis kucing. Hasilnya menunjukkan bahwa daun ini aman dan tanpa efek samping. [Lainnya: Manfaat Binahong Untuk Mengobati Penyakit Ringgan Hingga Berat]


khasiat daun kumis kucing
Photo: htbg.com

Daun kumis kucing kering atau biasa dikenal dengan simplisia dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti rematik dan diuretik. Kumis kucing juga efektif untuk mengobati sembelit, batuk, sakit pinggang, diabetes, asam urat, radang ginjal, batu ginjal, sipilis dan ambuminuria. Glikosida orthosiphonin adalah senyawa penting yang dikandung oleh daun kumis kucing. Senyawa ini efektif untuk melarutkan asam urat, oksalat dan fosfat dari tubuh.


Manfaat daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Berbagai Penyakit


Peluruh Batu Ginjal

Batu ginjal dapat memicu berbagai implikasi seperti sulit kencing, kencing berdarah, dan penyebab gagal ginjal. Daun kumis kucing mengandung kalium dan ortosifonin yang efektif untuk melarutkan fosfat oksalat dan asam urat. Hal ini berarti kumis kucing dapat mencegah serta menghancurkan pengendapan batu ginjal. [Lainnya: Mengobati Gangguan Ginjal Dengan Bahan Alami]

Untuk membuat ramuan peluruh batu ginjal, sediakan 20 lembar daun kumis kucing. Rebus ke dalam 2 gelas air hingga mendidih. Masukkan juga 5 lembar daun keji beling, jika tersedia. Setelah dingin, minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari. Sebagian orang menyarankan agar penderita batu ginjal menghindari makanan pedas, daging kambing dan durian.


Diuretik (Peluruh Air Kemih)

Orthosipon glikosida merupakan senyawa khusus yang ada di dalam daun kumis kucing. Senyawa ini memiliki efektif debagai peluruh air seni dan sedikit anti peradangan.

Untuk membuat ramuan, rebus ¼ genggam daun kumis kucing segar ke dalam segelas air. Biarkan hingga air di dalamnya tersisa ½ gelas. Kemudian airnya disaring, setelah dingin. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing ½ gelas. Anda bisa mengkombinasikan dengan meniran dan akar lang-alang, jika tersedia.

Infeksi saluran kencing / sering kencing

Untuk mengobati infeksi pada saluran kencing, sediakan daun kumis kucing, akar alang-alang dan meniran. Masing-masing sebanyak 30 gram. Cuci ketiga bahan tadi, kemudian dirajang. Rebus ke dalam 3 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa setengah dari semula. Setelah dingin, minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Mengobati Diabetes

Sediakan 15 lembar daun kumis kucing, rebus ke dalam 2 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa segelas saja. Minum selagi hangat sebanyak sekali saja dalam sehari.
[Lainnya: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional]

Mengobati Keputihan

Sediakan beberapa lembar daun kumis kucing, daun beluntas, 10 biji kemukus, dan 1 sdt jintan hitam. Rebus ke dalam air secukupnya hingga mendidih. Minum secara teratur obat alami ini setiap hari, untuk mengobati keputihan.


kumis kucing
Mengobati Sakit Pinggang

Siapkan daun kumis kucing sebanyak 7 lembar dan akar kumis kucing sebanyak 2 potong. Rebus ke dalam segelas air hingga mendidih. Biarkan selama semalaman, Keesokan harinya, minum obat alami ini untuk meredakan sakit pinggang yang anda derita. Lakukan secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

Mengobati Masuk Angin

Sediakan daun kumis kucing secukupnya, kemudian rebus ke dalam 1 gelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa ½ gelas saja. Setelah dingin, minum airnya.

Mengobati Rematik

Sediakan beberapa lembar daun kumis kucing dan daun meniran. Haluskan keduanya hingga lumat. Rebus ke dalam segelas air hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa ¾ gelas. Setelah disaring, minum airnya. [Lainnya: Cara Mengobati Rematik Secara Alami dan Tradisional


Demikian Beberapa manfaat Daun kumis kucing untuk mengobati berbagai penyakit. Apakah anda punya pengalaman terkait daun kumis kucing?

sumber gambar: wellgrowhorti.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Mengobati Berbagai Penyakit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.