Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari Ketika Perut Kosong

Kebiasaan minum air setelah bangun tidur di pagi hari, telah dilakukan oleh banyak orang sejak lama. Kebiasaan ini sangat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan kulit. Air memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita. Sekitar 60%, komposisi tubuh kita terdiri dari cairan. Semua organ penting pada tubuh kita memiliki kandungan air di atas 50%. Sangat beralasan bahwa faktor terpenting yang menunjang kesehatan tubuh secara umum adalah air.

Hampir semua masalah kesehatan dapat diatasi dengan minum air mineral secara cukup. Semua organ tubuh memerlukan asupan air dalam kadar yang cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Waktu yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan ini adalah pagi hari, setelah bangun tidur. Tidur selama semalaman membuat kita kehilangan banyak cairan tubuh, sehingga proses pemulihan sangat diperlukan. Simak artikel sebelumnya tentang minuman pereda stres.



foto: bollyberg.com

Manfaat minum air putih di pagi hari untuk kesehatan


1. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Artinya, kemampuan tubuh dalam menyerap makanan lebih cepat. Kondisi yang baik ini sangat terkait dengan kesehatan pencernaan anda. Hal ini juga berarti mencegah kegemukan.


2. Menyehatkan Ginjal

Dengan mencukupi kebutuhan asupan air di pagi hari dapat menyebabkan kerja ginjal menjadi ringan, sehingga menjaga kesehatan organ penting tersebut.

3. Menyehatkan Usus

Salah satu organ penting yang terdapat pada sistem pencernaan tubuh adalah usus besar. Jika anda sering minum air ketika perut kosong, akan menyebabkan usus menjadi bersih dan murni. Kondisi ini akan memudahkan bagi usus untuk melakukan penyerapan makanan.

4. Menjaga Keseimbangan Sistem Getah Bening

Jika sistem ini bekerja secara optimal, akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi yang bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit.

5. Meningkatkan energi tubuh

Kebiasaan minum air saat perut kosong sangat bermanfaat untuk stimulasi pembentukan sel darah merah, serta pembentukan sel otot. Jika anda mengalami anemia dan tubuh lemas, minum air saat perut kosong dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan anda.

6. Menjaga Keseimbangan Sistem Limpa

Minum air di pagi hari, akan membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal ini baik untuk mununjang fungsi tubuh sehingga lebih optimal, menjaga keseimbangan cairan tubuh, serta mencegah berbagai infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang baik, mampu melawan infeksi penyakit.

7. Mencegah Sembelit

Dengan memenuhi asupan cairan akan meningkatkan sistem pencernaan, sehingga pengeluaran kotoran lebih mudah. Anda yang memiiki masalah dengan berat badan, sebaiknya mulai melakukan kebiasaan minum air secara teratur di pagi hari. Jangan minum air sambil berdiri.

8. Mencegah kulit kusam dan jerawat

Minum air di pagi hari mampu membantu meluruhkan racun di dalam tubuh. Waktu yang paling efektif adalah ketika perut kosong. Salah satu efek buruk dari racun ini dapat menyebabkan kulit kusam. Jika darah anda bersih dari toksin, akan membuat wajah semakin cantik dan bercahaya. Proses detoksifikasi yang baik, akan membersihkan lemak di kulit dan jerawat. [Simak: Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami]



sumber foto: onsugar.com

Air minum yang baik untuk kesehatan


Tidak semua jenis air, baik untuk kesehatan anda. Air yang telah tercemar oleh polutan justru akan merugikan kesehatan kita. Air kotor dapat menyebabkan diare ataupun penyakit lainnya. Tugas kita adalah memilih air yang tidak terkontaminasi oleh racun. Lebih baik lagi jika air yang anda minum adalah air heksagonal.

Beberapa jenis air minum

Saat ini ada beberapa jenis air yang biasa digunakan sebagai air minum, seperti air tanah, PAM, Air kemasan, air mineral, dan air heksagonal.

Air tanah boleh dikonsumsi, kecuali untuk wilayah perkotaan yang umumnya telah terkontaminasi oleh bakteri E-coli, zat besi, mangan, serta kadar asam yang terlalu tinggi. Untuk air yang berasal dari PAM bisa dikonsumsi, asalkan berasal dari sumber yang baik. Air mineral biasanya berasal dari pegunungan, dengan kadar mineral tertentu. Air heksagonal memiliki struktur molekul paling sempurna. Air ini lebih mudah diserap oleh tubuh dan cepat dalam menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh, serta baik untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Air heksagonal mampu mencegah penuaan dini dan meningkatkan stamina. Air ini dapat diperoleh di beberapa tempat seperti sumur zam-zam Mekah, atau di pegunungan Alpen di Swiss.

Kadar Air yang seharusnya diminum

Setiap orang memiliki kebutuhan air dalam jumlah yang berbeda. Sekitar 2 liter air dibuang oleh tubuh kita melalui kulit, usus, paru-paru dan ginjal. Asupan cairan yang cukup, diperlukan oleh tubuh untuk menghindari dehidrasi. Anda harus minum air dalam jumlah yang tepat. Kondisi tiap orang yang berbeda menyebabkan kebutuhan pun berbeda. Simak artikel tentang bahaya minum air terlalu banyak. Untuk lebih jelas, anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai hal ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari Ketika Perut Kosong
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.