Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Buah kiwi termasuk ke dalam jajaran buah-buahan terbaik, buah dengan kepadatan nutrisi terbaik. Banyak orang menyukai buah kiwi disebabkan warna hijau yang mewah, serta rasanya yang lezat. Jika anda telah mengenal jeruk sebagai buah yang kaya vitamin C, maka buah kiwi mengandung vitamin C yang lebih banyak. Bagi anda sedang menjalani diet sehat, buah kiwi cocok anda konsumsi sebagai sarapan. Buah kiwi tinggi magnesium, yang mempunyai kemampuan untuk mengubah makanan menjadi energi. Sekilas, bentuk buah kiwi mirip dengan sawo.

Nutrisi yang terdapat pada Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk meningkatkan stamina tubuh. Buah kiwi mengandung gizi lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lain, serta rendah kalori sehingga baik untuk diet sehat. Buah kiwi mampu menghasilkan fitonutrien dalam tubuh, yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan polifenol. Di dalam tubuh, polifenol berfungsi untuk menjaga pencernaan dan melawan radikal bebas. Buah kiwi juga kaya akan elektrolit, sehingga mampu mencegah penyakit ginjal.


buah kiwi

ilustrasi foto: getridwiki.com

Selain vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit serta menjaga stamina tubuh. Nutrisi lain yang dikandung oleh buah kiwi adalah flavonoid, zat yang mampu mencegah kanker dan serangan jantung. Tidak berhenti di situ, buah kiwi juga kaya akan kalium dan asam lemak omega 3. Selain itu, buah kiwi juga kaya akan mineral seperti magnesium, tembaga dan mangan. Mineral tersebut baik untuk memperkuat tulang, serta baik untuk kesehatan otak.


Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan


1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan makan 3 buah kiwi dalam sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung, serta mencegah pembekuan darah. Bahkan, hal ini lebih baik daripada aspirin yang dapat menimbulkan efek samping seperti peradangan usus. Jadi, buah kiwi sangat aman untk kesehatan tubuh. Selain itu, buah kiwi mampu menurunkan kadar lemak dalam darah.

2. Mencegah Kanker

Hasil penelitian di Inggris menyebutkan bahwa makan buah kiwi emas tiap hari akan memperbaiki DNA anda, sehingga mencegah kerusakan genetik penyebab kanker.

3. Menyehatkan sistem Pencernaan

Buah kiwi hijau mengandung enzim actinidin yang mampu memecah protein, mirip dengan fungsi enzim bromelain pada nanas atau papain dalam pepaya. Buah kiwi juga kaya serat, sehingga baik untuk pencernaan. Vitamin C yang dikandung olehnya, mampu mengobati kembung dan mendukung bakteri yang menguntungkan tubuh.


khasiat buah kiwi

photo credits: 1zoom.me

4. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Buah Kiwi mengandung banyak kalium yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dengan melawan efek natrium.

5. Aman Untuk Penderita Diabetes

Buah kiwi rendah kandungan glikemik, sehingga tidak terlalu meningkatkan kadar gula di dalam darah anda.


6. Mencegah Degenerasi makula

Degenerasi makula merupakan penyebab kerusakan penglihatan pada orang tua. Makan kiwi secara teratur mencegah degenerasi makula. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh buah kiwi tinggi kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan bahan alami pada mata manusia.

7. Mengontrol kadar keasaman tubuh

Buah kiwi termasuk buah yang paling basa. Keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi tubuh, mencegah pilek, serta mencegah osteoporosis.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah kiwi mengandung vitamin C dengan jumlah tinggi dan antioksidan lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Membantu mengobati Asma

Hasil penelitian di Italia menunjukkan bahwa anak-anak yang makan 7 porsi buah kiwi selama seminggu mengalami penurunan gejala sesak nafas, batuk dan asma.

10. Baik untuk janin

Buah kiwi kaya asam folat yang sangat diperlukan di masa kehamilan. Asam folat berperan dalam perkembangan otak janin, kognitif serta mencegah cacat pada syaraf bayi.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan Alami

Buah kiwi mengandung kalium yang lebih banyak dibandingkan pisang. Vitamin C yang terdapat padanya lebih banyak dibandingkan jeruk. Selain itu, buah kiwi juga kaya vitamin E, α-Linolenic acid atau asam lemak esensial. Semua itu merupakan mineral dan vitamin penting untuk perawatan kulit.

- Memperkecil pori-pori kulit di wajah

Untuk membuat pori-pori kulit menjadi rapat, cukup dengan menerapkan pasta buah kiwi. Rasa seperti dicubit, disebabkan asam organik telah bekerja di wajah anda. Pakailah masker kiwi selama 15 menit, sebelum anda mencucinya.

- Merawat kulit kering

Sediakan 1 sdm jus kiwi, 1 sdm minyak zaitun dan kuning telur ayam. Aduk semua bahan secara merata, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit, menudian bersihkan wajah anda.

- Menjadikan Wajah lebih cantik

Sediakan buah kiwi, 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm air jeruk nipis, 1 sdm minyak almond, 2 sdm yoghurt dan secangkir jus wortel. Campur buah kiwi yang telah dihaluskan bersama bahan lainnya. Aduk secara merata, kemudian oleskan ke wajah anda. Biarkan hingga kering, sebelum anda membilasnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kecantikan dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.