12 Manfaat Anggur Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat Anggur untuk Kesehatan telah dikenal oleh banyak orang sejak lama. Buah yang punya rasa manis dan asam ini kaya akan resveratol dan polifenol yang sangat membantu dalam metabolisme tubuh. Buah anggur juga banyak mengandung nutrisi dan antioksidan mampu melawan radikal bebas. Buah yang layak untuk dimasukkan dalam menu harian anda.

Nilai Gizi Anggur

Meski tiap jenis anggur memiliki nilai gizi yag berbeda, secara umum nutrisi yang dikandung oleh buah anggur hampir sama seperti kalsium, zat besi, mangan, asam galat, asam fosfat, glukosida, dan beberapa jenis vitamin.

Buah Anggur merah mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C , thiamin, vitamin E, vitamin K, asam pantotenat, folat, beta karoten dan alpha karoten. Selain itu, buah ini juga kaya mineral penting seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, seng, selenium dan mangan.


cantik

ilustrasi buah anggur: gnet.org


Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan Kulit


1. Mencerahkan wajah kusam

Anggur dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membuat wajah bercahaya. Caranya cukup dengan mengupas kulitnya, kemudian anggur diremas dan dicampur dengan 3 tetes madu. Anda bisa menerapkannya ke wajah sebagai masker. Jangan lupa untuk membilasnya, setelah selesai. Lakukan cara ini secara teratur untuk mengatasi wajah kusam.
[Simak: Ramuan Alami Untuk Kulit Wajah Putih Berseri]

2. Melindungi tubuh dari serangan Kanker Kulit

Anggur mengandung zat resveratrol yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet yang dapat memicu kanker kulit.

3. Sebagai Pelembab alami bagi kulit wajah

Caranya dengan mengiris anggur menjadi dua bagian. Oleskan bagian dalam buah anggur pada wajah anda, biarkan selama 20 menit. Lakukan cara ini di pagi hari dan sebelum tidur malam.

4. Menunda Penuaan

Antioksidan banyak terdapat pada buah anggur, terutama pada biji dan kulitnya. Zat ini sangat berguna untuk mencegah penuaan dini.


khasiat buah anggur

ilustrasi: glamourhub.com


Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan


5. Mencegah penyakit Jantung Koroner

Anggur merah mengandung senyawa fenol, antioksidan kuat yang mampu mencegah penyakit jantung koroner. Anggur merah dan anggur hitam mengandung resveratrol yang punya kemampuan untuk menurunkan resiko jantung koroner. Saponin yang terdapat di dalamnya juga menghambat penyerapan kolesterol oleh tubuh. Jadi, manfaat ini terkait sistem peredaran darah yang lancar.


6. Mencegah katarak

Buah anggur juga mengandung flavonoid yang mampu menjaga kesehatan mata dari beberapa kerusakan pada mata oleh radikal bebas seperti katarak.

7. Mengobati Insomnia

Buah anggur memang kaya akan manfaat, termasuk untuk mengatasi gangguan tidur. Anggur mengandung melatonin yang berperan untuk mengelola jam biologis tidur. Jika anda terserang insomnia, perbanyaklah untuk makan buah anggur.

8. Mengobati Hipertensi

Mineral yang terdapat pada anggur seperti kalium dan melatonin sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Serat yang dikandung oleh buah ini akan meluruhkan lemak pada pembuluh darah. [Penting: Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami]

9. Melawan Migrain

Untuk mengobati migrain kronis, anda dapat minum jus anggur secara rutin. Buatlah jus anggur tanpa menambahkan air, minum setiap pagi.

10. Mengobati Sembelit

Anggur mengandung asam organik dan selulosa yang sangat membantu untuk mengobati sembelit.

11. Mencegah Penyakit Diabetes

Buah anggur mempunyai indeks glikemik yang sangat rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Fitonutrien yang terdapat pada buah ini sangat berperan untuk mengatur kadar gula di dalam darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin.

12. Mencegah Kanker

Anggur memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan kuat yang punya kemampuan untuk mencegah peradangan kronis, pemicu pertumbuhan sel kanker. Kemampuan untuk mencegah kanker juga terkait fakta bahwa anggur kaya akan senyawa petrostilbene, resveratrol, acutimissin A dan asam elagik.

Demikian Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan dan Kesehatan. Buah yang punya rasa manis dan asam, sekaligus kaya akan manfaat kesehatan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Anggur Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.