9 Manfaat Lidah Buaya Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan

Lidah buaya sangat populer di kalangan ahli herbal sebagai obat alternatif untuk berbagai penyakit. Sedangkan di dunia kosmetik, lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan dari sebuah produk kosmetik. Lidah buaya mengandung lebih dari 70 jenis zat penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Di dalam lidah buaya terkandung sekitar 200 senyawa yang terlalu panjang untuk disebutkan di sini.

Beberapa senyawa biologis yang aktif terdapat di dalam lidah buaya seperti antrakuinon, mannans asetat, polymannans, lektin, asam amino, lemak, karbohidrat, air, mineral, vitamin dan enzim. Lidah buaya juga mengandung zat yang termasuk obat seperti antiseptik, antibiotik, anti bakteri, anti virus, anti kanker, anti jamur, anti peradangan, anti infeksi, anti inflamasi dan banyak lagi.

Semua senyawa yang telah disebutkan tersebut termasuk:

- Enzim yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem pencernaan
- Hampir semua jenis vitamin, kecuali vitamin D
- Mineral yang dibutuhkan oleh fungsi enzim
- Saponin yang efektif sebagai anti mikroba
- 20 jenis asam amino


lidah-buaya
photo credits: aloeverahq.com

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan yang Menakjubkan


1. Peluruh Racun

Jus lidah buaya sangat efektif untuk meluruhkan racun, serta vitamin dan mineral di dalamnya sangat membantu melawan depresi.


2. Mengobati Diabetes

Untuk mengobati diabetes secara alami, mengkonsumsi ½ sdm jus lidah buaya selama 4 bulan telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 45%. [Simak: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional]

3. Mengobati Luka

Gel yang ada di dalam lidah buaya bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat luka. Masalah eksternal seperti luka bakar, jerawat, serta luka akibat gigitan serangga dapat diobati dengan penerapan lidah buaya.

4. Mengobati gangguan mulut dan gusi

Lidah buaya berperan dalam kesehatan mulut dan gusi, khususnya untuk perbaikan gusi yang buruk.

5. Mengobati Gangguan Pencernaan

Lidah buaya dengan beragam kandungannya, bermanfaat untuk mengatasi iritasi pada usus dan asam lambung. Lidah buaya juga efektif untuk menenangkan esofagus, serta mengobati refluks asam.

6. Sebagai Obat Pencahar Alami

Getah yang dikeluarkan oleh Lidah Buaya mengandung antrakuinon glycosidesaloin, berfungsi sebagai obat pencahar yang kuat.

7. Membantu sistem kekebalan tubuh

Lidah buaya kaya akan antioksidan yang melawan radikal bebas. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem immunitas tubuh. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta mencegah penyakit degeneratif.


Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan


Lidah buaya merupakan bahan alami yang banyak digunakan di dunia kosmetik sebagai lotion, krim dan sabun. Peran lidah buaya dalam kosmetik adalah meningkatkan kadar oksigen pada sebuah produk kosmetik. Hal ini sangat membantu memperkuat jaringan kulit, sehingga kulit tidak kendur. Begitu juga untuk mencegah penuaan dini.

8. Sebagai bahan kecantikan kulit

Bahan aktif yang dikandung oleh lidah buaya, banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat, peremajaan kulit, pelembab kulit, menghilangkan bekas luka, serta detoksifikasi kulit.

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat lidah buaya untuk menurunkan berat badan, sudah dikenal banyak orang sejak lama. Bagi anda yang baru mengetahuinya, mulailah untuk sering mengkonsumsi jus lidah buaya agar tubuh langsing.


Manfaat Lidah Buaya untuk rambut


Semua orang mungkin telah mengetahui bahwa lidah buaya sangat efektif digunakan dalam perawaran rambut. Lidah buaya bermanfaat untuk melawan ketombe, mengurangi gatal pada kulit kepala, serta meningkatkan kesuburan rambut. Penggunaan Lidah Buaya untuk merawat rambut, cukup mudah. Dengan memotong buahnya, untuk mengambil getah yang biasa disebut sebagai eksudat. Kemudian menerapkannya pada rambut dan kulit kepala selama beberapa menit, sebelum dibilas. Dengan menerapkan lidah buaya ke rambut secara teratur, menjadikan rambut tebal, kuat, serta berkilau.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Manfaat Lidah Buaya Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.