Manfaat Cengkeh Untuk Kecantikan Kulit, Rambut dan Kesehatan

Di kalangan ahli herbal, manfaat cengkeh sangat terkenal. Selain untuk mengobati sakit gigi, banyak penyakit dapat diobati dengan menggunakan cengkeh. Rempah alami ini memiliki efektifitas yang tidak kalah dibandingkan dengan kunyit maupun temulawak.

Manfaat Cengkeh Untuk mengobati Berbagai Penyakit



cengkeh

photo credits: roadahead.com.au

Obat alami untuk Sakit Gigi

Minyak cengkeh telah dikenal sebagai obat alami bagi sakit gigi sejak lama. Manfaat minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi terutama bertujuan untuk  meredakan rasa nyeri. Hal ini disebabkan minyak cengkeh bersifat analgesik. Cara menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, tidaklah sulit. Cukup dengan membasahi kapas dengan minyak cengkeh, kemudian dioleskan pada gigi yang berlubang. Kandungan antibiotik pada minyak cengkeh mampu membunuh bakteri yang bersarang di lubang gigi. Anda dapat melakukannya dengan cara lain. Ambil 10 biji cengkeh, kemudian disangrai dan digiling hingga halus. Masukkan ke dalam gigi yang berlubang, kemudian tutupi dengan kapas. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari. [Simak: Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami]

Mengurangi Radang pada penderita Rematik

Minyak cengkeh yang asli mengandung flavanoid, zat aktif yang bersifat anti inflamasi. Penerapan minyak cengkeh pada penderita rematik, dapat mencegah dan mengurangi peradangan. Kehangatan minyak cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran yang mengobati berbagai gangguan pada sistem pernafasan. [Baca: Cara Mengobati Rematik Secara Alami]

Meredakan Mual dan Muntah

Aroma minyak cengkeh sangat efektif untuk meredakan mual dan muntah. Oleh karena itu, sediakan selalu di rumah anda.


Memperlancar sistem pencernaan

Cengkeh mengandung zat yang mampu membuat lapisan pada saluran pencernaan menjadi kendur. Hal ini juga dapat meringankan diare, muntah, sakit perut dan gas usus. Namun, hati-hati terhadap zat kuat yang dapat menyebabkan lambung mengalami iritasi.

Mengobati Pilek

Untuk mengobati pilek, anda dapat membuat obat alami terbuat dari minyak cengkeh yang telah dicampur dengan madu. Minum obat alami ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menghangatkan tubuh anda. Oleskan juga pada hidung, untuk meringankan pilek.

Memberikan rasa hangat pada tubuh

Dengan mengoleskan minyak cengkeh pada tubuh, mampu membuatnya menjadi hangat. Hal ini bermanfaat terutama di musim dingin.

Mengobati Sinusitis

Cengkeh dipercaya dapat mengobati sinusitis. Caranya dengan meletakkan bubuk cengkeh ke dalam hidung.

Mencegah serangan Jantung dan Stroke

Cengkeh mengandung eugenol yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah, sehingga serangan jantung dan stroke dapat dicegah.

Mengobati batuk

Gatal pada tenggorokan yang disebabkan oleh batuk, dapat diatasi dengan menguyah cengkeh. Meski terasa pahit dan getir, kandungan kimia pada cengkeh mampu menjadi ekspektoran alami yang dapat mengencerkan dahak.

Mencegah Infeksi pada saluran pernafasan

Berbagai zat penting dan antioksidan pada cengkeh dapat mematikan bakteri penyebab infeksi pada saluran pernafasan.

Manfaat Cengkeh Untuk Kecantikan Kulit


Mengobati Jerawat

Untuk mengobati jerawat di wajah, cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh. Minyak cengkeh bersifat anti mikroba, yang dapat mematikan bakteri.

Menghapus noda dan bekas luka di kulit

Bagi anda yang memiliki bekas luka, noda atau goresan di kulit, minyak cengkeh dapat digunakan untuk menghilangkannya. Kulit menjadi lembut dengan penerapan minyak ini.

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Rambut



rambut sehat

photo credits: wikimedia.org

Sebagai Kondisioner

Manfaat minyak cengkeh bagi rambut adalah sebagai kondisioner yang dapat memberi kelembaban pada rambut kering, menjadikan rambut hitam dan menyehatkannya.

Mencegah Kerontokan Rambut
Kerontokan pada rambut dapat menyebabkan kebotakan. Untuk mengatasinya, oleskan minyak cengkeh pada kulit kepala selama 15 menit sebelum dibilas.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Cengkeh Untuk Kecantikan Kulit, Rambut dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.