Cara Mempertajam Daya Ingat Otak yang Mudah Dilakukan

Daya ingat yang baik sangat terkait dengan kesehatan seseorang dan usia. Umumnya, di usia lanjut seseorang mengalami penurunan daya ingat. Meski ada juga seseorang yang sudah tua, tapi memiliki daya ingat yang masih sangat baik. Apa Rahasia di balik ketajaman daya ingat seseorang?

Daya ingat seseorang sangat diperlukan dalam berbagai situasi. Untuk mengingat berbagai peristiwa penting dalam hidup kita, rencana yang belum terselesaikan, ulang tahun, dan agenda yang akan kita hadiri sangat memerlukan daya ingat. Ironisnya, daya ingat seseorang bisa mengalami penurunan pada usia muda. Jadi, tidak hanya orang tua yang mengalami pikun. Para remaja pun banyak pula yang telah kehilangan ketajaman daya ingat. Lantas, bagaimana cara untuk menajamkan daya ingat? Simak beberapa tips untuk mempertajam daya ingat yang mudah dilakukan berikut ini.


Cara Mempertajam daya ingat otak yang mudah dilakukan


Lakukan Senam Otak

Tidak jauh beda dengan otot tubuh, otak pun perlu latihan agar tetap sehat. Bagaimana cara melakukan senam otak? Ketika anda punya waktu luang, lakukan senam otak dengan cara memberi beberapa tebakan untuk diri sendiri dan anda harus menjawabnya. Sebagai contoh, sebutkan sepuluh nama jalan yang ada di kota anda, 10 nama teman kecil anda, dan sebagainya. Lakukan cara ini setiap hari, di waktu luang anda.


memori otak
foto: neelscorner.com

Penuhi kebutuhan Cairan Tubuh

Asupan cairan yang cukup sangat diperlukan agar semua fungsi organ tubuh dapat berjalan baik, termasuk otak. Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, termasuk berat badan, rutinitas yang dilakukan, dll. Simak juga: Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Sangat Berbahaya

Hindari Depresi

Stres dapat menyebabkan konsentrasi menurun, serta melemahkan kerja otak. Untuk mengatasinya, anda dapat melakukan aktivitas ringan yang mengalihkan ketegangan fikiran anda. Ketahui: 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres

Lakukan Permainan Asah Otak


Cara paling mudah untuk mengasah otak adalah dengan mengisi jawaban teka-teki silang, atau memainkan game yang ada di ponsel anda. Ambillah waktu anda beberapa menit untuk melakukannya setiap hari.

Istirahat yang cukup

Seharian bergelut dengan pekerjaan, tentu sangat memeras otak anda. Istirahat secara cukup sangat diperlukan tubuh untuk membuat fikiran segar dan fungsi tubuh kembali membaik. Kualitas tidur perlu diperhatikan supaya regenerasi sel-sel tubuh berjalan dengan baik, termasuk sel otak.

Makanan yang baik untuk Otak

Nutrisi yang baik sangat diperlukan untuk mempertajam daya ingat otak. Makanan yang baik untuk kesehatan otak antara lain minyak ikan, buah bit, blueberry, dan bawang merah. Perbanyak juga makan sayuran hijau, seperti bayam. Demikian juga makanan yang banyak mengandung asam folat seperti pisang, brokoli dan kacang polong sangat baik untuk otak. Untuk jenis makanan ikan, anda dapat mengkonsumsi tuna dan salmon. Selengkapnya dapat dibaca: 11 Jenis Makanan dan Minuman Yang Dapat Meningkatkan Memori Otak

Memutar kembali Memori Otak

Mengingat kembali kenangan di masa lalu bersama teman kecil, bermanfaat untuk mempertajam daya ingat anda. Hal ini juga melatih ingatan dalam jangka panjang.

Berpikir ringan untuk sesaat

Saat mencoba mengingat suatu hal, terkadang anda sulit menemukannya. Jangan peras ingatan anda! Cobalah untuk sedikit tenang. Fikirkan segala sesuatu yang ringan seperti nama-nama sahabat anda, idola anda, atau nama buah. Dengan cara ini memudahkan anda untuk memulihkan ingatan yang terlupakan.

Tuangkan ingatan melalui gambar

Ketika ingin membuat daftar belanja, kadang anda mengalami kesulitan. Bayangkan anda berada di supermarket sambil berjalan untuk memilih barang. Fikirkan barang yang hendak anda ambil, kemudian catat di kertas.

Olahraga Secara teratur

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Peredaran darah yang lancar akan menyebabkan suplay oksigen ke otak tercukupi. Hal ini sangat penting untuk mempertajam daya ingat otak.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Mempertajam Daya Ingat Otak yang Mudah Dilakukan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.