10 Bahaya Nonton Tv Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Berapa lama waktu yang anda habiskan untuk menonton acara di televisi? Banyak orang tidak menyadari bahwa kebanyakan nonton tv merupakan cara hidup yang tidak sehat. Duduk terlalu lama di depan kaca televisi dapat membahayakan kesehatan fisik dan mental. Beberapa alasan seseorang nonton tv adalah untuk memperoleh informasi penting, mencari hiburan, atau karena tidak punya aktivitas. Kenyataannya, duduk dalam waktu lama di depan tv dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seberapa buruk efek duduk di depan tv terlalu lama?

televisi
ilustrasi foto: theatlantic.com

Bahaya Menonton televisi terlalu lama bagi kesehatan anda


Menonton acara tv tentu sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Hal ini wajar, selama tidak dilakukan secara berlebihan. Ada baiknya anda mengisi waktu luang dengan aktivitas lain. Berikut beberapa Resiko yang dapat dialami akibat duduk di depan tv dalam durasi yang lama:

1. Resiko serangan Jantung meningkat

Menonton televisi bisa memicu serangan jantung, jika dilakukan dengan duduk terlalu lama (lebih dari 4 jam tiap hari). Hal ini disebabkan gerakan tubuh sangat pasif, kurang gerakan. Sebuah penelitian di Australia menyimpulkan bahwa resiko serangan jantung meningkat sebesar 18% ketika seseorang menonton televisi selama 1 jam. Ini diuji terhadap 8.800 orang yang tidak punya riwayat penyakit jantung. [Lainnya: Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami]

2. Kualitas Tidur Berkurang

Hormon Melatonin bekerja pada tubuh untuk mengatur ritme alami tubuh. Memaksakan mata untuk melihat monitor kaca televisi dapat menurunkan kadar hormon tersebut. Kualitas tidur berkurang jika anda terjaga dalam waktu lama. Level hormon melatonin yang menurun juga ada kaitannya dengan pubertas dini pada anak wanita.

3. Meningkatkan Resiko Diabetes
   
Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa resiko diabetes naik sebesar 14% ketika seseorang nonton televisi selama 2 jam tiap hari. {lainnya: Cara Mengobati Diabetes Secara Alami]

4. Resiko mengalami Kenaikan Berat Badan (obesitas)


Nonton tv dalam durasi lama menyebabkan sedikit pergerakan otot tubuh. Otot tubuh yang pasif dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan metabolisme, juga resiko obesitas meningkat. Kegemukan sangat berpotensi untuk memicu berbagai penyakit lain yang berbahaya.

5. Resiko Asma meningkat

Hal mengejutkan adalah adanya kaitan antara aktivitas nonton tv dengan Asma. Sebuah penelitian di Inggris mengungkap bahwa resiko Asma meningkat sebesar 2 kali lipat ketika seorang anak nonton tv selama lebih dari 2 jam per hari. Penelitian ini melibatkan 3000 anak.

6. Menurunkan Kesehatan Mata

Pandangan mata yang terlalu fokus ke sebuah obyek dalam waktu lama sangat buruk bagi kesehatan mata. Apalagi mata jarang berkedip, menyebabkan organ mata menjadi tegang. Hindari menonton tv di ruangan gelap, terlebih dalam durasi lama. [Lainnya: 10 Tips Cara Merawat Mata yang Benar]

7. Gangguan Konsentrasi dan Perhatian

Kebiasaan menonton tv terlalu lama dapat menurunkan konsentrasi anak. Ini juga erat kaitannya dengan sifat impulsif yang kurang sesuai dengan usia anak. Fakta ini berdasarkan penelitian yang diadakan di Washington.

8. Menurunkan kesehatan Mental

Menonton televisi untuk durasi lama sangat tidak dianjurkan bagi anak. Hal ini terkait dengan intelektual anak. Jangan biarkan anak anda nonton televisi lebih dari 2 jam tiap hari.

9. Memicu perilaku agresif

Hal ini terkait dengan acara televisi yang ditonton. Damping anak anda, ketika sedang nonton tv. Anak cenderung menunjukkan sikap agresif ketika mereka terlalu banyak nonton acara tv yang di luar toleransi usia mereka. Pilihlah acara tv yang layak untuk ditonton anak. Beri pengarahan pada mereka.

10. Fobia Sosial

Efek buruk lain menonton tv terlalu lama adalah kekurangan waktu bersama keluarga atau teman. Interaksi sosial sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang, terutama fikiran. Menyendiri di depan tv terlalu lama dapat menyebabkan fobia sosial.

Jadi, apa nonton tv merupakan aktivitas yang buruk? Masalahnya pada durasi dan acara yang ditonton. Anda harus bersikap proporsional dalam hal ini. Mengisi waktu luang dengan olahraga adalah lebih baik. Anda juga bisa melakukan aktivitas positif lainnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Bahaya Nonton Tv Terlalu Lama Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.