Cara Alami Mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi tidak sehat yang disebabkan kekurangan hemoglobin, protein yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Penderita anemia mengalami gejala berupa penurunan stamina tubuh, konsentrasi menurun, mudah lelah, selera makan menurun, jantung berdebar, sesak nafas, sering kesemutan, sering pusing terutama ketika bangkit dari duduk, wajah pucat, rentan terhadap infeksi, dan telapak tangan pucat.

Penyebab Anemia


Sel darah merah berfungsi sebagai pengantar zat gizi ke seluruh jaringan tubuh. Zat gizi, khususnya oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam proses biokimia dan fisiologis. Anemia terkadang disebabkan kesalahan pola makan, atau kekurangan zat besi yang merupakan senyawa pembentuk hemoglobin. Penyakit kurang darah ini dapat pula disebabkan oleh sumsum tulang gagal membuat hemoglobin dalam kadar cukup. Penyakit Kurang darah berbeda dengan Tekanan Darah Rendah. Anda dapat membaca artikel tentang Cara Alami Mengobati Tekanan Darah Rendah.


Gejala Kurang Darah
Photo: blogcdn.com


Cara Alami Mengobati Anemia


1. Daun Bawang dan Kuning Telur

Daun bawang mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Demikian pula protein ferroportin yang dikandungnya bermanfaat untuk distribusi zat besi ke seluruh tubuh. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun bawang yang dicampur dengan kuning telur.


2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan zat besi yang membantu dalam proses pembentukan sel darah merah. Perbanyaklah mengkonsumsi bayam, seledri, kembang kol, maupun kubis.

3. Hati Ayam atau Bebek

Wanita lebih berisiko terkena anemia daripada pria. Ini mungkin sebuah alasan nenek anda menyuruh para wanita supaya rajin makan hati ayam. Zat besi yang dikandung olehnya sangat tinggi, sehingga baik untuk proses pembentukan hemoglobin.

4. Perbanyak konsumsi Tomat

Tomat mengandung zat besi sebanyak 3,39 mg per cangkir. Jadi, mengkonsumsi tomat dapat membantu mengobati anemia anda.

5. Banyak makan Buah-buahan

Penyerapan zat besi oleh tubuh akan lebih mudah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Pembentukan sel darah merah pun berjalan lancar. Anda bisa memakan buah anggur, semangka, atau apel untuk mengatasi anemia.

6. Kacang Almond dan Kacang Merah

Kacang almond dan kacang merah banyak mengandung zat besi, sehingga cocok dikonsumsi penderita anemia.

7. Mengkonsumsi Tiram

Tiram juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Jika anda pecinta makanan laut, tentu anda menyukainya.


Cara Mengobati Anemia secara Alami
Photo: infirmus.es

Tips Mengobati Anemia / Penyakit Kurang Darah

- Perbanyak asupan Vitamin C, sehingga penyerapan zat besi lebih baik. Asam karbonat memegang peranan penting dalam hal ini. Jeruk, mangga, atau tomat bisa menjadi pilihan bagi anda.

- Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti ikan, daging, dan ayam. Untuk masalah anemia, ini lebih baik daripada jenis buah-buahan atau sayuran.

- Lakukan Olahraga teratur dan atur waktu istirahat anda. Sebaiknya tidur dilakukan selama 6 hingga 8 jam setiap hari.

- Mengkonsumsi  suplemen zat besi yang telah dikombinasikan dengan Vitamin C dan sorbitol.


Kacang Ijo Mengatasi Anemia
Photo: atasteofkoko.com


Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Anemia atau Kurang Darah


1. Cuci hingga bersih 60 gr daun bayam, kemudian rebus ke dalam air. Tambahkan sebutir kuning telur. Minum ramuan tradisional tersebut.

2. Siapkan 100 gr kacang ijo, 10 butir angco, dan 30 gr kismis. Rebus ke dalam air hingga mendidih dan berbentuk bubur. Anda bisa menyantap bubur tersebut selagi hangat.

3. Siapkan 30 gr daun kacang panjang, 30 gr daun bayam, dan 25 gr lempuyang. Haluskan ke dalam blender berisi 100 cc air, semua bahan tadi. Setelah disaring, minum airnya.

4. Sediakan 30 buah buni matang, 20 buah murbei, dan 20 gr kunyit. Haluskan ke dalam 100 cc air menggunakan blender. Anda bisa menambah madu saat meminumnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Alami Mengobati Anemia
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.