16 Makanan dan Minuman Pereda Stres

Stres kadang dialami oleh seseorang. Sebenarnya hal ini wajar, namun jika berlarut-larut dapat membahayakan kesehatan mental. Berbagai permasalahan dalam kehidupan seseorang dapat memicu terjadinya depresi. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mengatasi stres. Menceritakan masalah anda kepada teman dekat, konsultasi ke psikiater, dan memohon kepada Tuhan agar hati menjadi tentram.

Pada artikel berikut membahas tentang Makanan pereda stres. Simak penjelasan di bawah ini, supaya anda tahu makanan / minuman apa yang hendaknya dikonsumsi saat stres datang. Baca artikel sebelumnya, Tubuh Segar dan Nyaman dengan Terapi Pijat Bambu.


16 Makanan dan Minuman Pereda Stres



Makanan dan Minuman Pereda Stres

Photo: steroidjunkies.com

1. Buah Kenari

Buah ini berperan dalam menurunkan tingkat stres terkait fungsinya untuk menurunkan tekanan darah.

2. Madu

Madu kaya vitamin dan antioksidan. Madu sangat membantu regenerasi sel, melawan depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti peradangan dan antibiotik. Rasa manis madu memberikan efek ketenangan. Nutrisi pada madu sebagai pendorong energi.

3. Kismis atau Buah lain yang dikeringkan

Kismis, almon, aprikot, dan kacang hazelnut merupakan makanan kaya selenium, magnesium dan vitamin B yang berperan meredakan stres. Mereka juga efektif digunakan sebagai relaksasi otot.

Vitamin E dan B2 yang dikandung almon dapat melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Demikian juga kismis yang kaya nutrisi dan serat.


4. Ubi

Kebutuhan akan karbohidrat maupun gula meningkat saat stres. Karbohidrat, betakaroten, gula, vitamin, dan serat yang dikandung ubi membantu tubuh memprosesnya secara pelan.

5. Salmon

Salmon kaya Omega-3 yang melindungi tubuh dari serangan jantung. Omega-3 pada salmon juga menjaga kestabilan adrenalin dan hormon kortisol.

6. Jeruk

Vitamin C pada sebuah jeruk juga efektif mengurangi stres. Ini juga mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal, tanpa tekanan.

7. Pisang

Stres bisa membaik dengan mengkonsumsi pisang. Ini dikarenakan pisang kaya vitamin A, B, dan C. Demikian pula mineral yang dikandung buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat stres.

8. Alpukat

Cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah yaitu dengan asupan kalium yang cukup. Ini bisa anda temukan pada alpukat.

9. Segelas susu

Trytophan yang dikandung susu diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati nyaman. Demikian pula, susu kaya mineral.

10. Teh hitam

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa minum teh hitam sebanyak 4 kali setiap hari dalam jangka waktu 6 minggu, dapat menurunkan hormon penyebab stres.

11. Cokelat panas

Suhu tubuh menjadi hangat merupakan satu pertanda bahwa kita merasa nyaman. Minuman cokelat panas dapat meningkatkan suhu badan. Otak akan merespon bahwa kita sedang nyaman.

12. Teh hijau

Kandungan theanine pada teh hijau berperan membantu otak dalam memerintah tubuh supaya rileks, dengan cara membuat gelombang beta dan mendorong gelombang alpha sehingga mengurangi reaksi ketegangan.

13. Daging Kalkun

L-tryptophan adalah asam amino yang bisa anda temukan pada daging kalkun. Ini bersifat menenangkan, memicu serotonin sehingga otak merasa nyaman.

14. Bayam

Jika tubuh kekurangan magnesium dapat mengakibatkan kelelahan dan migrain. Secangkir jus bayam memenuhi kebutuhan magnesium sebanyak 40%. Ini berarti, bayam juga baik untuk menurunkan stres.

15. Minum air dingin

Minumlah air dingin, kemudian pergi ke luar ruangan untuk mendapat udara segar. Ini akan menstimulasi endorphin sehingga meredam stres.

16. Sayuran Berwarna Hijau

Saat stres, anda perlu konsumsi banyak sayuran hijau seperti brokoli dan sejenisnya. Ini berfungsi sebgai vitamin pembangkit.

Demikian makanan yang perlu dikonsumsi saat stres. Jaga fikiran dan tubuh anda, terutama saat cuaca kurang bagus dan suasana membuat penat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Makanan dan Minuman Pereda Stres
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.