15 Kebiasaan Baik Namun Membahayakan Kesehatan

Banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dianggap biasa, ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan, parahnya ada beberapa kebiasaan yang justru dianggap menyehatkan tubuh. Cara hidup sehat harus menghindari kebiasaan buruk ini:

15 Kebiasaan ini sering dianggap baik, namun membahayakan kesehatan


1. Mengucek kelopak mata

Mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan kornea, saraf, dan retina. Sebaiknya anda menghentikan tindakan ini, ketika bangun tidur.


mata

foto: visioneyeinstitute.com

2. Melewatkan sarapan

Dengan alasan diet untuk menjaga berat badan ataupun tidak punya waktu, banyak orang melewatkan sarapan. Kebiasaan ini dapat meningkatkan resiko diabetes dan obesitas.

3. Sering Memakai sandal jepit

Sandal jepit dapat meyebabkan peredaran darah di kaki menjadi kurang lancar dan rasa sakit di kaki. Apalagi jika sandal jepit tidak pernah dicuci selama lebih dari 4 hari mampu menimbulkan bakteri staphylococcus aureus yang berbayah untuk kesehatan.

4. Memencet jerawat

Kebiasaan ini sering dilakukan oleh para remaja. Kelamaan untuk menunggu jerawat matang, maka jari tangan tidak sabar untuk memecahkannya. Memecah jerawat secara paksa dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan, jerawat makin parah. Sebaiknya anda menunggu sampai jerawat menjadi kering, kemudian dibersihkan dengan tisu bersih.
Pengobatan terhadap jerawat dapat dibaca pada artikel: Cara menghilangkan jerawat secara alami.

5. Sering berganti produk kosmetik

Sebagian wanita merasa bosan menggunakan satu jenis kosmetik, apalagi jika tidak segera tampak hasilnya. Dengan mencoba berbagai kosmetik dapat menyebabkan kulit sensitif, merah dan meradang.


6. Menggunakan toilet duduk

Sepertinya lebih nyaman, namun toilet duduk sangat buruk untuk kesehatan pencernaan. Dengan menggunakan toilet jongkok akan memudahkan pengeluaran kotoran dari tubuh, disebabkan anatomi bagian bawah tubuh pada posisi lurus. Toilet duduk menyebabkan posisi usus melengkung sehingga kotoran sulit dikeluarkan. Inilah penyebab sembelit, wasir, dan gangguan pencernaan lain.

7. Menggunakan pembersih tangan

Hand sanitizer adalah produk berbentuk gel yang digunakan untuk membersihkan tangan. Produk ini menggunakan bahan triclosan yang dapat memicu ketahanan bakteri dan virus terhadap antibiotik.

8. Menyikat gigi setelah makan

Sebagian orang menganggap dengan melakukan tindakan ini, dapat mencegah gigi keropos. Bahkan sebaliknya, ada zat asam yang melekat di gigi setelah anda makan. Jika anda menyikat gigi setelah makan, zat asam ini akan merusak lapisan email gigi.

9. Menyetir dengan jendela terbuka

Paru-paru akan bekerja lebih berat disebabkan polutan yang berasal dari asap kendaraan.

10. Menggunakan ikat pinggang terlalu ketat

Menggunakan ikat pinggang yang terlalu ketat dapat menekan intra abdomen, serta memicu peningkatan asam lambung.

11. Selalu minum air kemasan

Tidak ada kandungan fluoride pada air kemasan, bahkan mampu menyebabkan kerusakan gigi. Air kran yang disaring lebih menyehatkan, karena masih mengandung fluoride.

12. Minum air dari pipa berkarat

Zat timbal yang terdapat pada pipa berkarat dapat merugikan kesehatan, terutama untuk anak-anak. Dalam jumlah banyak, zat ini dapat merusak otak.

13. Duduk dengan posisi kaki menyilang

Posisi duduk seperti itu akan meningkatkan tekanan darah sebesar 7 persen., terutama pada persendiaan panggul. Hal ini menyebabkan darah menumpuk di kaki, sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

14. Menahan kentut

Semua orang tentu setuju, bahwa kentut di depan banyak orang adalah sangat tidak sopan. Faktanya, menahan kentut sangat tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Dengan menahan kentut menyebabkan gas yang bersifat racun tidak keluar dari dalam tubuh. Gas ini akan memperbesar tekanan dalam usus besar sehingga menimbulkan divertikula, kantung yang dapat memicu nyeri perut, sembelit, ataupun diare. Lebih parah lagi jika kantung ini meledak dapat berpotensi menimbulkan nyeri, demam, hingga penyakit usus.

15. Makan sambil berdiri atau berjalan

Cara makan yang salah seperti ini dapat mengacaukan sistem metabolisme tubuh, serta memperburuk sistem pencernaan.

Demikian 15 kebiasaan yang terlihat baik, namun sangat buruk untuk kesehatan. Kita harus memperhatikan kebiasaan yang sering dianggap biasa, namun faktanya menyimpan bahaya bagi kesehatan tubuh. Semoga membuat kita semakin sadar mengenai pentingnya cara hidup sehat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Kebiasaan Baik Namun Membahayakan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.