Tidur dengan Lampu Menyala, Sangat Berbahaya!

Salah satu aktivitas yang menyenangkan adalah tidur. Ketika tidur, tubuh dan fikiran kita ikut beristirahat. Tidur dengan kualitas serta kuantitas jelek akan menyebabkan beberapa masalah seperti kurangnya konsentrasi, mudah marah, lesu dan sebagainya. Tidur malam dengan durasi yang cukup, menyebabkan tubuh dan fikiran segar pada esok harinya.

Bagaimana cara tidur yang baik untuk kesehatan? Sebagian orang menyalakan lampu ketika tidur malam, sebagian lagi memadamkannya. Perlu anda ketahui, tidur dengan lampu menyala dapat menyebabkan zat melatonin dalam tubuh menurun. Hormon macam apa itu?


Tidur dengan Lampu Menyala, sangat Berbahaya Bagi Tubuh


Peran melatonin dalam tubuh sangat besar, termasuk mencegah serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Produksi hormon melatonin dapat terhambat, jika anda menyalakan lampu ketika tidur malam. Tidur dengan lampu menyala juga dapat memicu resiko kanker, gangguan metabolisme, kardiovaskular, dan diabetes.


tidur di malam hari

photo credits: onsugar.com


Peran Hormon Melatonin Bagi Tubuh


Hormon Melatonin sangat berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh anda. Jika anda tidur dengan cahaya lampu yang terang, produksi hormon ini akan terhambat. Nah, keadaan inilah yang rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan. Sel kanker pada tubuh tidak terhambat, saat melatonin hilang. Meski tidak hilang sama sekali, kekurangan melatonin sangatlah membahayakan tubuh anda.


Terlebih bagi wanita, sangat tidak dianjurkan untuk tidur dengan cahaya yang terang dari sebuah lampu di malam hari. Tidur dengan lampu terang dapat meningkatkan resiko kanker pyudara, kanker prostat, dan kanker usus besar. Jadi, mulai sekarang para ibu dan gadis hendaknya memadamkan lampunya saat malam. Jika alasan anda adalah rasa takut berada di tempat yang gelap, fikirkan resikonya jika tubuh memproduksi melatonin dalam jumlah yang minim.

Pernah terjadi sebuah kasus kematian di london akibat kanker. Disinyalir penyebabnya adalah kadar melatonin yang sangat minim karena kebiasaan menyalakan lampu ketika tidur malam hari. Sedangkan pada kasus lain, seorang yang buta memiliki resiko yang sangat rendah terhadap serangan kanker. [Anda perlu membaca: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan]

Penyakit kardiovaskular, gangguan metabolisme tubuh dan penyakit diabetes yang dapat mengancam jiwa anda, dapat terjadi jika kebiasaan yang salah saat tidur malam secara terus menerus.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, anda perlu menghindari stres, makanan yang tinggi kadar gula, makanan yang banyak mengandung kafein seperti cokelat, dan minuman kopi. Jangan gunakan obat tidur, lebih baik kelola depresi anda secara benar. Jadikan tempat tidur anda senyaman mungkin. Jangan gunakan kamar tidur sebagai tempat kerja. Hal ini kadang menyulitkan anda untuk tidur dengan nyenyak.

Jadi, sebaiknya matikan lampu anda saat hendak pergi ke kasur. Selain baik untuk kesehatan, menghemat pemakaian listrik juga. Bukankah begitu, sobat?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Tidur dengan Lampu Menyala, Sangat Berbahaya!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.