7 Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Alami

Masalah kutu rambut sangat mengganggu. Rasa gatal di kulit kepala memaksa seseorang harus menggaruk kepalanya. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala terluka, atau mengalami iritasi. Parahnya lagi, disertai dengan hadirnya ketombe yang mengganggu. Untuk membasmi kutu rambut secara alami, terlebih dahulu perlu diketahui bahwa beberapa benda yang sering anda gunakan sehari-hari dapat menjadi media penghantar kutu ke rambut anda seperti handuk, topi, bantal, sisir, dsb. Nah, jaga kebersihan benda-benda tersebut.

Kutu rambut adakah sejenis parasit penghisap darah. Induk betina kutu tersebut bisa bertelur sebanyak 6 butir tiap hari, dan menetas dalam 8 hari. Beberapa bahan alami dapat anda gunakan untuk membasmi kutu rambut. Bawang merah, jeruk nipis, minyak kelapa dapat menjadi pilihan untuk mengatasi kutu rambut. Nah, jika sebelumnya kita bahas tentang Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok, kali ini tentang kutu rambut.



sumber foto: hellogiggles.com

Cara hidup kutu rambut

Kutu rambut merupakan serangga dengan warna coklat terang. Telurnya berwarna abu-abu. Kutu biasa membuat lubang di kulit kepala. Mereka tidak biasa terbang maupun melompat. Jadi, penularan terjadi saat kedua kepala berada pada jarak yang sangat dekat. Perlu diketahui bahwa kutu rambut beradaptasi dengan kondisi hangat. Makanya kebanyakan kita yang hidup di Negara tropis sangat rentan terkena kutu rambut.


Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Alami


1. Menggunakan bawang merah

Haluskan bawang merah, balurkan pada kepala anda. Pijat secara lembut kepala anda. Biarkan selama 1 jam, sebelum anda membilasnya hingga bersih.

2. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Campur 4 sdm Minyak Kayu Putih dengan air perasan jeruk nipis. Balurkan pada kulit kepala secara merata. Biarkan selama 2 jam sebelum anda keramas.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa menghilangkan kutu rambut. Balurkan pada kulit kepala, kemudian bungkus rambut anda dengan plastic. Biarkan selama 6 jam, sebelum keramas.

4. Cuka putih

Membasmi telur kutu rambut dapat anda lakukan dengan mudah dengan cuka putih. Cuka putih juga efektif untuk mencegah telur kutu menetas. Oleskan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 2 jam, sebelum anda membilasnya.

5. Sisir Khusus

Sisir tradisional yang biasa disebut sisir serit, dapat anda gunakan untuk menjatuhkan kutu rambut. Anda bisa membelinya di pasar tradisional.

6. Kacang Almond

Haluskan 10 butir kacang almond yang telah direndam terlebih dulu. Campur dengan 4 sdm lemon, kemudian aduk hingga terbentuk pasta. Oleskan ke rambut dan kulit kepala anda untuk mengusir kutu rambut.

7. Minyak Zaitun

Balurkan minyak zaitun ke kepala anda secara merata. Biarkan selama setengah jam, sebelum anda membilasnya.


Tips mencegah datangnya kutu rambut


Hindari tidur bersama orang yang terkena kutu rambut
Hindari pertukaran benda dengan orang yang terkena kutu rambut. Seperti topi, sisir, handuk, dsb.

Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala


Alat untuk Menghilangkan Kutu Rambut


Ada lagi alternatif yang dapat anda gunakan untuk membasmi kutu rambut, yaitu alat pengering rambut khusus. Terapkan alat tersebut pada rambut selama 30 menit, setel pada kondisi hangat (tidak terlalu panas). Cara ini dilakukan untuk membasmi kutu rambut yang tidak rontok oleh sisir serit. Jika anda melakukan dengan rutin, kutu dan telurnya pun punah. Dari hasil pengalaman, dalam 30 menit penggunaan alat ini dapat mematikan 80% kutu, dan 98% telurnya. Tidak ada efek samping dari penggunaan alat ini.

Demikian Tips membasmi kutu rambut secara alami dan tradisional. Silahkan gunakan cara yang paling mudah. Perlu diingat bahwa mencegah lebih mudah daripada mengobati.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Cara Membasmi Kutu Rambut Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.