9 Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Mudah

Gigi dengan warna coklat tentu kurang bagus dari segi penampilan, demikian pula secara kesehatan. Gigi berwarna coklat bisa terjadi karena banyak faktor. Jadi, bukan hanya wajah yang putih dan bersih saja, namun Gigi juga harus sehat. Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan putih, perlu Anda ketahui penyebab gigi berwarna kuning atau coklat.

Penyebab gigi berwarna coklat



  • Cara yang tidak benar saat menggosok gigi atau kurang rajin menggosok gigi.
  • Minum teh dan kopi dalam porsi tidak wajar. Kecanduan minum teh maupun kopi dapat mengakibatkan gigi berwarna kuning atau coklat.
  • Kecanduan merokok juga menjadi pemicu penyebab gigi berwarna kuning, hal ini dikarenakan nikotin yang terkandung pada sebatang rokok.
  • Terlalu sering menggunakan obat tetes mata juga dapat menyebabkan gigi berwarna kuning
  • Mengkonsumsi minuman penambah energi maupun suplemen dalam komposisi tidak seimbang juga menjadi penyebab gigi berwarna kuning.
  • Penggunaan obat–obatan pemutih gigi yang tidak sesuai juga merupakan satu faktor pemicu gigi menjadi kuning.

Kini anda tahu penyebab gigi berwarna kuning. Dengan begitu, sudah seharusnya anda hindari kebiasaan buruk yang telah disebutkan. Sekarang saatnya tips untuk memutihkan gigi secara alami.

gigi sehat alami

9 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan mudah


Untuk memutihkan gigi yang terlanjur berwarna kuning, simak cara alami dan tradisional berikut:

1. Menggosok Gigi  menggunakan Siwak

Siwak adalah dahan dari sebuah pohon tertentu yang bisa digunakan untuk menggosok gigi. Siwak mengandung bahan – bahan pembersih kotoran di mulut dan Gigi. Dengan menggosok gigi menggunakan siwak, maka Gigi menjadi bersih dan kuat. Siwak juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Memarkan ujung batang siwak untuk menggosok Gigi anda.

2. Menggosok Gigi menggunakan Arang

Cara ini terdengar aneh bagi anda yang hidup di jaman serba canggih ini. Kenyataannya, memutihkan Gigi dengan menggunakan arang telah dikenal sejak jaman nenek moyang. Gunakan secara hati – hati arang untuk menggosok Gigi. Pemakaian berlebih bisa merusak lapisan pelindung Gigi.


3. Merawat Gigi Menggunakan Kulit Jeruk

Jangan buang kulit Jeruk setelah makan buahnya. Kulit Jeruk pada bagian dalam dapat dimanfaatkan untuk memutihkan Gigi anda dengan cara menggosokkannya seperti layaknya anda menyikat Gigi. Hal ini tidak berlaku bagi anda yang punya Gigi sensitif, Vitamin C yang terkandung oleh Kulit Jeruk menyebabkan Gigi terasa nyeri.

4. Mengkonsumsi Buah Strawberi

Selain rasanya yang enak, Buah Strawberi berkhasiat memutihkan Gigi anda. Tidak perlu cara khusus dalam menggunakannya, cukup makan Buah Strawberi. Demikian pula wortel, apel, dan seledri juga sangat bermanfaat sebagai asupan untuk memutihkan Gigi dari dalam tubuh.

5. Memutihkan Gigi dengan Daun Salam

Jemurlah daun salam dan kulit jeruk hingga kering. Tumbuk keduanya hingga benar – benar halus. Tuangkan air dan aduk hingga terbentuk sebuah pasta Gigi alami. Gosoklah Gigi menggunakan pasta alami yang telah anda buat tadi. Ini adalah pasta Gigi yang alami dan berkhasiat memutihkan Gigi.

6. Menggunakan Lemon dan Garam

Bahan alami untuk membuat pasta Gigi berikutnya adalah Garam dan Lemon. Buatlah Jus Lemon yang telah ditaburi dengan sedikit garam. Namun jangan melakukannya terlalu sering, karena lapisan pelindung Gigi bisa rusak oleh Garam.

7. Baking Soda Untuk memutihkan Gigi

Baking soda dapat melenyapkan noda pada Gigi. Jangan sering melakukannya, cukup setiap bulan saja. Untuk penggunaanya, cukup dengan mengoleskan pada Gigi lalu membiarkannya selama 10 menit. Kemudian gosok gigi anda menggunakan sikat Gigi hingga bersih

8. Biji buah Pinang untuk memutihkan Gigi

Bakar biji buah Pinang sampai hangus, lalu tumbuk hingga lembut. Gosokkan serbuk tadi pada Gigi Anda menggunakan kain katun. Selain bermanfaat untuk memutihkan Gigi, hal ini bisa menguatkan Gigi anda.

9. Mengkonsumsi Keju dan Yoghurt

Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalsium membuat Gigi Anda Kuat dan Putih. Anda bisa mendapatkan Gigi yang putih dengan rajin mengkonsumsi susu, keju maupun Yoghurt.

Demikian beberapa cara alami untuk memutihkan dan menguatkan Gigi. Tentunya, Rajin menggosok Gigi merupakan syarat utama untuk mencapai hasil maksimal. Menyikat Gigi yang benar adalah dengan rutin melakukannya. Jika anda malas melakukannya, bayangkan saja Gigi yang keropos atau Gigi yang berwarna kuning. Anda tentu tidak suka dengan Gigi yang berlubang, bukan? Menyikat Gigi sebaiknya dilakukan dengan lembut, dan tidak tergesa–gesa. Pilihlah pasta Gigi yang sudah memenuhi syarat kesehatan. Hindari pemakaian pasta Gigi yang berbahan deterjen, karena berbahaya bagi Gigi anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Cara Alami Memutihkan Gigi Dengan Mudah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.