11 Jenis Makanan Ini Meningkatkan Daya Ingat

Tidak beda dengan tubuh, otak juga memerlukan asupan nutrisi yang baik. Beberapa jenis makanan dapat meningkatkan daya ingat otak, serta meningkatkan kecerdasan otak. Fungsi otak akan bekerja baik, jika didukung oleh makanan dan minuman yang dapat menstimulasi pertumbuhan sel-sel otak. Mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk otak, sangat membantu peningkatan daya ingat dan konsentrasi. Artikel sebelumnya tentang Cara Mempertajam Daya Ingat Otak yang Mudah Dilakukan.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat



cerdas

photo credits: all4women.co.za

1. Kacang-kacangan

Alasan untuk menyukai kacang-kacangan adalah bahwa mereka mengandung lemak yang baiik dan Vitamin E sebagai antioksidan yang melindungi membran sel saraf. Vitamin ini membantu otak dalam rangka pemakaian glukosa sebagai sumber energi. Selain untuk menjaga jantung, vitamin sangat berperan untuk meningkatkan daya ingat otak. Kacang memiliki manfaat untuk menambah energi berfikir. Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam kacang, sangat penting untuk pertumbuhan serta fungsi otak.

2. Beberapa Jenis Ikan

Omega-3 yang dikandung oleh ikan sangat bermanfaat untuk jantung, mencegah depresi, serta meningkatkan daya ingat otak. Asam lemak ini juga meningkatkan fungsi sel otak. Anda dapat mengkonsumsi salmon, halibut, tuna, ikan teri, atau sarden untuk mendapatkan omega-3. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak dapat mempertajam fikiran seseorang. Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki asam lemak paling kaya.


makanan
photo: talkclimatechange.com

3. Berry


Semakin pekat warnanya, nutrisi yang dikandung oleh buah ini makin banyak. Buah-buahan jenis ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi, terutama vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa selain untuk mencegah kanker, berry dapat meningkatkan daya ingat. Berry mengandung quercetin yang dapat membantu fungsi sel otak. Bijinya kaya akan omega-3. Fitokimia yang disebut sebagai antosianin pada buah berry dapat mencegah penurunan daya ingat, khususnya yang berkaitan dengan Alzheimer.

4. Susu Olahan

Susu, yoghurt, mentega, dan keju memiliki kalsium dalam kadar tinggi. Asam amino tirosina yang dikandung oleh yoghurt berperan dalam meningkatkan memori. Vitamin B dan protein sangat diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak. Kedua nutrisi penting ini dapat ditemukan dalam susu olahan. Mereka juga merupakan sumber energi yang baik untuk otak.

5. Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau banyak mengandung nutrisi penting seperti mineral dan vitamin. Selain menjaga kesehatan tubuh, antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan untum membuat sel-sel otak sehat dan kuat. Efek positifnya dalam jangka panjang adalah menguatkan daya ingat otak. Tambahkan ke menu harian anda, sayuran seperti bayam, brokoli, atau selada. Tomat, labu, wortel, dan ubi jalar juga kaya akan nutrisi dan antioksidan. Vitamin K yang terdapat di dalam brokoli sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otak dalam berfikir, serta fungsi kognitif.

6. Gandum Murni Maupun Olahan

Gandum murni mengandung serat yang berperan dalam pelepasan glukosa pada tubuh. Vitamin B yang dikandungnya menjaga kesehatan sistem saraf. Gandum olahan mengandung vitamin B6 dan B12 yang membantu mempertajam daya ingat otak. Begitu juga vitamin B, vitamin E, seng dan potassium berperan untuk mendukung fungsi otak.

7. Kuaci / Biji Labu

Kuaci mengandung zinc yang juga memelihara kecerdasan otak.

8. Cokelat

Hal ini terkait dengan hormon endorfin, zat yang menstimulasi daya ingat otak. Makan cokelat dalam kadar sedikit dapat meningkatkan memori otak. Jangan berlebihan, untuk menghindari kegemukan.

9. Kuning Telur

Kolin merupakan zat yang dikandung pada kuning telur. Zat ini sangat membantu perkembangan memori otak.

Minuman yang dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak


10. Madu dan Air

Sudah tidak diragukan lagi tentang nutrisi yang dikandung oleh madu. Demikian pula air, sangat diperlukan untuk mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan otak melepaskan hormon kortisol. Pelepasan ini dapat menyebabkan bagian otak yang digunakan untuk menyimpan informasi mengalami penyusutan.

11. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel otak. Teh hijau kaya akan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan memori otak dan menghambat penuaan otak.


Demikian beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak. Hindari makanan siap saji dan berbahan pengawet.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Jenis Makanan Ini Meningkatkan Daya Ingat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.