Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami

Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami


Hipertensi merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah. Ini disebabkan oleh lemak dan zat lain yang menumpuk di pembuluh darah. Jika penyempitan pembuluh darah ini berlangsung dalam waktu lama dapat memicu tekanan darah tinggi.

Pengukuran tekanan darah seseorang dilakukan dengan tensimeter. Dengan alat tersebut diketahui tekanan darah sistolik (otot jantung berkontraksi) dan diastolik (jantung beristirahat). Hipertensi dapat memicu penyakit lainnya, seperti jantung koroner atau gagal ginjal. Hipertensi bisa disebabkan oleh faktor genetik, umur, depresi, obesitas, malas berolahraga, atau banyak asupan garam. Penderita asma yang sedang mengalami hipertensi hendaklah bijak memilih obat yang benar. Jangan beranggapan bahwa tekanan darah yang meningkat disebabkan asma yan anda derita. Artikel sebelumnya membahas tentang cara mengobati Asma secara alami.


Tips Menurunkan Hipertensi Secara Alami
Photo: imageban.ru / healthpostbox.com

Makanan dan minuman penurun Hipertensi

Penderita hipertensi hendaknya memperhatikan makanan yang baik untuknya. Makanan yang kaya akan serat sangat dianjurkan bagi penderita hipertensi. Buah-buahan seperti apel, jeruk, dan pisang sangat menolong penderita hipertensi. Memasukkan sayuran hijau ke dalam menu harian anda, sangat membantu menurunkan tekanan darah. Berikut beberapa makanan penurun Tekanan Darah Tinggi:

1. Tomat

Tomat banyak mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, dan magnesium. Nutrisi tersebut sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah.

2. Sayuran hijau

Bayam, daun ketumbar, dan seledri memiliki efektifitas yang baik untuk menurunkan tekanan darah anda. Mereka kaya akan kalium, yang bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah anda.


3. Gandum

Gandum murni sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah seseorang. Pilih roti yang berbahan gandum murni sebagai sarapan pagi.

4. Susu tanpa lemak

Pilihlah susu skim (bebas lemak) yang banyak mengandung vitamin D dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk menurunkan tekanan darah.

5. Bawang putih dan bawang merah

Pembekuan dan penebalan darah dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang. Manfaat bawang juga termasuk memperlancar penyumbatan di jantung.

6. Buah-buahan

Mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan sangat bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah.

Selain itu anda bisa mengkonsumsi alpukat, biji bunga matahari, sayuran berwarna gelap, dan minyak zaitun. Makanan tersebut baik untuk tekanan darah anda. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan, dengan minum air sebanyak 8 gelas per hari.


Tips menurunkan hipertensi secara alami


1. Kurangi asupan garam

Kelebihan garam dapat memicu hipertensi. Hindari garam serta makanan dengan kandungan sodium tinggi. Kurangi makan daging, saus, maupun keju.

2. Perbanyak konsumsi buah yang mengandung kalium

Melon, labu, pare, lidah buaya, seledri sangat baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Buah-buahan dan sayuran tersebut mengandung potassium dengan kadar tinggi. Anda juga perlu memperbanyak makanan yang kaya omega-3.

3. Minum Jus seledri

Jus seledri kaya akan mineral, kalium, dan antioksidan. Senyawa yang terdapat dalam seledri bermanfaat untuk melebarkan otot dinding arteri, sehingga peredaran darah menjadi lancar. Seledri juga mengandung senyawa yang menurunkan hormone depresi yang memicu pengerutan pembuluh darah. Anda dapat minum jus seledri ketika tekanan darah tinggi, saat tekanan darah normal anda harus berhenti melakukannya.


Jus seledri penurun hipertensi
Photo: littleleopardbook.com

Jika langkah-langkah di atas tidak efektif menurunkan tekanan darah anda dalam 2 minggu, itu berarti ada faktor lain yang harus ditangani. Konsultasikan pada ahli spesialis untuk mengobati hipertensi anda.


Tips menghindari Hipertensi


1. Hindari merokok dan minuman keras.
2. Kurangi makanan yang terlalu asin.
3. Jangan malas berolahraga.
4. Hindari depresi dan tenangkan diri anda. [Baca: 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres]
5. Penuhi asupan buah – buahan dan sayuran.
6. Pilihlah makanan dalam menu harian secara bijak.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

2 komentar

Anonymous
March 20, 2015 at 1:43 PM delete

maaf saya mau bertanya apakah lebih baik mengkonsumsi obat darah tinggi yang berbahan kimia atau yang alami? terimakasih

Reply
avatar
April 24, 2015 at 9:10 AM delete

Obat-obatan berbahan kimia biasanya berdampak dalam jangka panjang. Bahan alami lebih aman, namun harus rajin dan teratur pakai.

Reply
avatar

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.