7 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Sangat populer istilah kecil-kecil Cabe Rawit. Kenapa ada istilah seperti itu? Ini terkait dengan manfaat cabe rawit yang luar biasa. Di balik bentuknya yang mungil, Cabai rawit mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Khasiat Cabai rawit mungkin di luar dugaan kita. Jika anda suka rasa pedas, sangat cocok membaca artikel ini. Jika anda kurang suka rasa pedas, berusahalah untuk sedikit mencintainya. Percayalah, pedas itu nikmat! Hidup terasa hambar tanpa rasa pedas, masam, dan manis. Ini dikarenakan hidup banyak rasa! Terdengar seperti iklan, namun seperti itu kenyataannya. Maksud saya di sini agar anda mendapatkan manfaat dari Cabe rawit yang sayang jika dilewatkan.

banyak khasiat cabe rawit
sumber foto: obatpertanian.com

Baiklah, kita mulai dari Nutrisi yang dikandung oleh Cabe Rawit


Jangan terkejut jika Cabe rawit ternyata mengandung Vitamin C, betakaroten, provitamin A. Lebih mencengangkan lagi, ternyata nutrisi tersebut lebih banyak dibandingkan dengan buah lain. Semangka, mangga, jeruk, dan nanas pun kalah oleh Cabe Rawit dalam hal nutrisi tersebut.

Cabe rawit juga mengandung mineral, terutama fosfor dan kalsium. Bahkan kandungannya melebihi mineral pada ikan segar. Meski dalam hal vitamin C, cabai hijau mengungguli cabe rawit.

Belum habis tentang nutrisi yang dikandung oleh Cabe rawit. Mungkin anda pernah bertanya, kenapa Cabe rawit mempunyai rasa pedas luar biasa? Biji Cabai rawit mengandung zat yang biasa disebut capsaicin. Zat inilah yang menyebabkan rasa pedas pada cabe rawit. Capsaicin mempunyai sifat stomakik, yang dalam istilah medis mempunyai arti 'Memacu enzim pencernaan'.  Jadi, capsaicin bisa mengakibatkan selera makan naik. Satu lagi yang dikandung oleh cabe rawit yaitu endorphin yang menambah rasa nikmat pada makanan.


7 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa



Manfaat Cabai Rawit Sungguh Luar Biasa
sumber foto: inspira.tv

1. Cabe Rawit sebagai obat alami untuk melawan kanker

Penelitian oleh ilmuwan di Inggris menemukan fakta bahwa Capsaicin yang dikandung oleh cabe rawit mampu menghilangkan sel kanker, bahkan tanpa merusak sel sehat. Ini jika dikonsumsi secara teratur dan rutin.

2. Cabe Rawit mengurangi kolesterol pada makanan

Apakah Anda suka makan gorengan disertai cabe rawit sebagai lalapan? Selain Kemangi, Cabe juga dapat dimakan sebagai lalapan. Ternyata cabe rawit juga dapat mengurangi kolesterol pada makanan berminyak tersebut. Cabe rawit juga dapat membakar kalori pada tubuh. 25% kalori yang terdapat pada tubuh anda dapat dibakar oleh cabe rawit.

3. Cabe Rawit dapat menghambat Penuaan Dini

Kandungan cabe rawit berupa vitamin C dan betakaroten dapat mencegah penuaan dini. Ini artinya bahwa anda harus suka makan cabe rawit agar awet muda dan cantik.


Manfaat Cabai Untuk Kesehatan Sungguh Luar Biasa


4. Cabe Rawit dapat mencegah Stroke

Stroke adalah penyakit berat yang ditakuti oleh semua orang. Stroke disebabkan oleh beberapa faktor. Temukan ramuan alami untuk mengobati stroke di blog ini. Salah satu obat alami untuk mencegah stroke adalah menggunakan cabe rawit. Selain mencegah stroke, cabe rawit juga mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah.

5. Jantung sehat dengan konsumsi Cabe Rawit

Penyumbatan pada aliran darah bisa menyebabkan penyakit Jantung. Cabe rawit bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, sehingga penyakit Jantung bisa dicegah.

6. Cabe Rawit berkhasiat untuk mengobati Kejang Otot dan Nyeri Sendi

Selain meningkatkan selera makan, Capcaisin pada Cabai Rawit dapat meredakan Kejang Otot dan penyakit pada persendian tubuh. Rematik bisa dikurangi dengan konsumsi Cabe Rawit. [Baca: Ramuan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat ]

7. Cabe Rawit dapat menjaga Kebugaran Tubuh

Banyak zat-zat penting dikandung oleh Cabai Rawit. Vitamin C sebagai antioksidan sangat berperan untuk menjaga Kebugaran Tubuh anda. Cabe Rawit melindungi tubuh anda dari serangan beberapa penyakit.

Nah, itulah manfaat Cabe Rawit untuk kesehtan tubuh kita. Semoga menambah motivasi bagi anda yang kurang suka dengan makanan pedas. Tapi, jangan berlebihan juga dalam mengkonsumsinya

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Manfaat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

3 komentar

November 27, 2014 at 5:22 PM delete

cabe selain pedas juga mengandung vitamin c yang sangat amat baik untuk gusi dan gigi bagi yang mengkonsumsi nya, jika anda kekurangan vitamin c akan terkena sariawan namun banyak yang tidak mau mengkonsumsi cabai disaat mulut atau bibir anda sedang sariawan karena rasa nya sedikit perih namun itu cara yang efektif untuk menyembuhkannya. makasih

Reply
avatar
May 1, 2015 at 11:24 PM delete

Terima kasih atas tambahannya.

Reply
avatar
May 29, 2016 at 2:49 PM delete

Cabe rawit memperlancar metabolisme. Oleh karena itu aku selalu makan dutemani sambel buatanku sendiri, baik dirumah maupun diluar kota. Perut jadi lega

Reply
avatar

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.