19 Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Obat Alami - Belimbing Wuluh, mendengar namanya saja kita biasanya langsung mengernyitkan wajah, membayangkan rasanya yang super masam. Benar memang, tentang rasa buah satu ini. Tapi anda mungkin tidak menyangka khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Pengobatan Tradisional
Buah lonjong yang punya nama ilmiah Averrhoa bilimbi ini tidak berguna sebagai bahan campuran rujak saja lho. Lebih dari itu, ada sejumlah manfaat kesehatan yang tersimpan di dalamnya. Hal ini tidak lepas dari berbagai nutrisi yang ada di dalamnya. Apa saja?

Sebagian besar kandungan belimbing wuluh adalah vitamin C. Namun buah ini juga dilengkapi dengan nutrisi lain seperti kalium sitrat, tannin, saponin, asam format, zat sulfur, glukosida, kalsium oksalat, dan peroksida.

Melihat fakta nutrisi yang dikandung belimbing wuluh, tidak heran buah ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari buah, daun, dan bunganya. Bahkan, tanaman ini efektif juga untuk merawat kecantikan kulit.


19 Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Untuk mengobati dan merawat berbagai penyakit, maka ramuan tradisional perlu dibuat. Caranya dengan memadukan buah ini dengan buah lainnya, atau digunakan tanpa campuran bahan alami lainnya. Nah, berikut ini manfaat belimbing wuluh untuk pengobatan dan cara membuat ramuannya:

1. Sebagai obat batuk

Musim penghujan sangat rentan dengan penyakit ringan seperti flu dan batuk. Nah, untuk mengobati batuk dapat menggunakan belimbing wuluh sebagai obat alami.

Sediakan 3 buah belimbing wuluh, adas secukupnya, madu, dan secangkir air. Masak dengan cara ditim sampai matang. Saring dan minum airnya untuk pagi dan malam hari.

Sedangkan untuk mengatasi batuk rejan, caranya mudah. Ambil 10 buah belimbing wuluh, cuci dan remas dengan 2 sdm air garam. Saring airnya dan minum di pagi dan sore hari.

Lainnya: 7 Obat Alami Untuk Mengatasi Semua Jenis Batuk

2. Sebagai obat sakit gigi

Rasa nyeri akibat gigi berlubang tentunya sangat menyiksa. Redakan dengan menerapkan belimbing wuluh yang sudah ditumbuk.

Lebih lengkap: 9 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

3. Mengobati diabetes


Kadar gula darah yang melonjak dapat diturunkan dengan cara alami. Tumbuk atau haluskan 6 buah belimbing wuluh, kemudian rebus bersama segelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum di pagi dan malam hari.

Anda perlu tahu, bahwa belimbing wuluh mengandung senyawa saponin dan flavonoid, yang membantu pankreas untuk meningkatkan produksi insulin, serta membantu untuk memulihkan kerusakan pada sel-sel pankreas.

Begitu juga dengan zat tannin yang ada dalam buah ini efektif dalam mengurangi kadar gula darah yang tinggi. Komplikasi diabetes seperti tulang keropos, dapat dicegah dengan kalsium oksalat yang terkandung dalam belimbing wuluh.

4. Menyembuhkan sariawan

Selain tomat, obat alternatif untuk mengatasi sariawan mulut dapat menggunakan belimbing wuluh. Caranya, iris buahnya dan oleskan pada luka di mulut anda. Cara lainnya dapat dilakukan dengan minum air rebusan buah atau bunganya.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menggunakan belimbing wuluh. Cukup dengan merebus 3 buahnya bersama 2 gelas air, hingga tersisa ½ gelas. Minum setiap hari ramuan tradisional ini hingga sembuh, lakukan sebelum sarapan.

Ramuan herbal untuk hipertensi juga dapat dibuat dengan menambahkan irisan buah ini, yang dicampur dengan 25 gram bubuk biji srigading. Rebus seperti cara pertama, minum airnya saat dingin.

Bagi penderita hipertensi yang urinnya mengandung kristal oksalat, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat tradisional ini. Penderita yang memiliki komplikasi dengan maag, juga tidak dianjurkan minum rebusan buah ini.

6. Meredakan Pegal Linu

Badan anda terasa capek dan linu? Obati dengan daun belimbing wuluh. Tumbuk daunnya bersama 10 biji cengkih dan 15 butir lada. Campur semua bahan, tambahkan cuka. Balurkan pada area tubuh yang terasa pegal – pegal.

7. Mengobati gusi berdarah

Dengan mengonsumsi manisan belimbing wuluh setiap hari, masalah gusi berdarah dapat diatasi.

8. Mengobati penyakit Gondongan

Lumatkan daun belimbing wuluh dan bawang putih secukupnya (sekitar 3 siung). Kompreskan pada leher penderita.

9. Obat Rematik

Nyeri akibat rematik dapat diredakan menggunakan cara tradisional. Tumbuk segenggam daun belimbing wuluh, campur dengan sedikit kapur sirih. Balurkan pada kaki atau bagian tubuh yang terasa nyeri.

Anda juga bisa menambahkan tumbukan biji cengkeh, merica, dan cuka secukupnya. Oleskan pada area tubuh yang menderita sakit.


Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan


Tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, buah masam ini ternyata juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit anda. Berikut ini beberapa manfaatnya:

10. Memerahkan bibir

Senyawa flavonoid dan vitamin C dalam belimbing wuluh, mampu menutrisi pigmen merah pada bibir anda. Sehingga masalah bibir hitam dapat diatasi. Vitamin C di dalamnya juga berguna untuk mencegah kekeringan pada bibir, serta meregenerasi sel – sel mati.

Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup oleskan irisan buah ini pada bibir anda, 2 kali dalam sehari.

Lebih detail: 11 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

11. Menghilangkan Jerawat

Zat asam dan antioksidan dalam belimbing wuluh berguna sebagai anti septik dan menyamarkan jerawat, hingga melenyapkannya. Terapkan parutan buah ini pada wajah anda, untuk mengatasi jerawat secara alami. Lakukan perawatan di pagi dan malam hari.

12. Mencerahkan kulit

Dengan menggunakan belimbing wuluh sebagai lulur dan dikonsumsi secara langsung, dapat mencerahkan warna kulit anda. Hal ini tidak lepas dari nutrisi penting dalam buah ini, seperti vitamin C, A, B1, kalsium, zat besi, dan fosfor.

Untuk membuat lulur, terlebih dulu anda harus menghaluskan belimbing wuluh menggunakan blender. Campur dengan air hangat.

Setelah mandi, baluri tubuh anda dengan jus belimbing wuluh tadi. Biarkan selama 15 menit, sebelum anda mandi hingga bersih.

13. Mengobati Panu

Penyakit kulit ini membuat malu bagi penderitanya. Faktor penyebabnya adalah jamur Candida Albicans. Belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur, yang berkhasiat untuk mengatasi panu secara berangsur – angsur.

Cara membuat obat herbal untuk merawat penyakit kulit ini sangat mudah. Tumbuk belimbing wuluh dan kapur sirih, kemudian aplikasikan pada panu di kulit. Bilas kulit anda, setelah ramuan kering.

14. Menurunkan berat badan

Belimbing wuluh kaya akan vitamin C dan serat, yang cocok dikonsumsi oleh pelaku diet untuk mengurangi berat badan. Vitamin C ini sangat berguna untuk menstimulasi metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran lemak di dalam tubuh berjalan secara optimal.

Manfaat Belimbing Wuluh Lainnya (no 15 - 19)

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Peluruh urine (diuretik)
  • Melawan radikal bebas
  • Anti penuaan dini
  • Membuat wajah cantik berseri

Simak juga: 27 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan

Nah, itulah 19 khasiat dan manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tidak ada salahnya untuk menanam pohonnya di pekarangan rumah. Selain anda dapat menikmati keindahan tanaman ini, buahnya dapat digunakan sebagai obat alami bukan? Berikan komentar anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

19 Khasiat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.