29 Khasiat Tapak Dara Bagi Kesehatan Dan Cara Meramunya

Mungkin anda mengenal tapak dara hanyalah sebagai tanaman liar yang tumbuh tanpa banyak orang yang peduli dengannya. Sebagian orang memeliharanya sebagai bunga hias, yang ditaruh di pot-pot kecil. Namun berbeda dengan para ahli herbal, dimana mereka tahu khasiat tapak dara sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Khasiat Tapak Dara Merah
Manfaat kesehatan dari bunga yang punya nama ilmiah Catharanthus roseus L ini, berasal dari berbagai senyawa kimia yang terdapat di dalamnya. Tapak dara terbukti secara empiris sebagai obat untuk mengatasi penyakit malaria, diabetes, kanker yang sering diderita kaum wanita, dan banyak lagi.

Bunga yang berasal dari Madagaskar ini mempunyai ciri-ciri yang khas, yaitu kelopak bunganya yang kecil dengan mahkota mirip terompet. Warnanya pun bervariasi, ada yang putih, kuning, dan merah muda. Sekilas sangat mirip dengan bunga kamboja. Saat anda melihat tapak dara, tidak sulit untuk mengenalinya.

Lantas, apa saja kandungan bunga yang cantik dan mungil satu ini? Berikut ini adalah senyawa kimia yang terkandung di dalam bunga tapak dara:

Ajmalicine, Akuammine, Catharanthine, Leurosine, Viblastine, Lochnerine, Vindoline, Vindolinine, Reserpine, vinleurosin, Vinrosidin, Vinblastine, Vincristine, Vincamine, Norharman, Serpentine, dan Tetrahydroalstonine


29 Khasiat Tapak Dara Bagi Kesehatan Dan Cara Meramunya


Di balik kecantikan bunga mungil ini tersimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut ini khasiat tapak dara untuk pengobatan berbagai jenis penyakit dan cara menggunakannya:

1. Sebagai obat penurun demam

Sifat antipiretik dalam daun tapak dara mampu menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi, sehingga mencegah kejang-kejang. Cara membuat ramuan herbal sangat mudah. Rebus 3 potong akar dan  20 gram daun tapak dara bersama 4 gelas air. Biarkan airnya susut setengahnya, tunggu hingga dingin dan minum di pagi dan petang hari.

Lainnya: Mengobati Demam Berdarah Secara Tradisional

2. Mengobati batu ginjal

Seperti anda tahu, keji beling berkhasiat untuk mengatasi batu ginjal. Tapi, bahan alami ini lebih efektif sebagai penghancur batu ginjal ketika diramu dengan bahan lainnya.

Sediakan 15 gram daun tempuyung, 30 gram daun kejibeling, dan 10 gram daun tapak dara. Rebus semuanya bersama 600 ml air, sampai airnya susut 300 ml. Minum obat alami ini 2 kali dalam sehari.

Baca lainnya: 6 Jenis makanan ini berbahaya bagi ginjal anda

3. Melancarkan kencing

Sifat diuretic juga terkandung dalam daun tapak dara, sehingga berkemih menjadi lancar. Cukup dengan minum rebusan daunnya sekali dalam sehari, untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Mengobati panas dalam

Gejala panas dalam termasuk sariawan mulut dan bibir pecah-pecah dapat diobati dengan minum air rebusan daun tapak dara.

Baca lainnya: Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

5. Sebagai obat luka bakar

Kulit yang terkena benda panas dapat berakibat melepuh. Untuk mencegah lepuh pada kulit, anda dapat menggunakan obat alami. Rendam ½ genggam beras dan 5 helai daun tapak dara, ke dalam air selama beberapa saat. Tumbuk hingga lembut, terapkan pada kulit yang bermasalah sebagai obat luar.

6. Mengobati muntaber

Untuk mencegah BAB dan muntah terus-terusan, anda dapat minum air rebusan daun tapak dara.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi


Banyak orang bingung mencari obat hipertensi. Padahal, anda dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Untuk mengontrol tekanan darah, sediakan 15 gram daun krisan dan 20 gram tapak dara. Rebus keduanya bersama 750 ml air, sampai airnya tinggal 350 ml saja. Minum ramuan tradisional ini setiap hari.

8. Mengatasi sulit tidur

Banyak faktor penyebab insomnia. Meskipun begitu, ada solusinya kok. Salah satu cara alami untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan tapak dara. Rebusan airnya dapat diminum penderita, sebelum berangkat tidur malam.

9. Mencegah kanker rahim

Antioksidan dalam tapak dara mampu mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam rahim. Cara menggunakannya, siapkan 30 gram rumput lidah ular dan 15 gram bunga tapak dara. Rebus dengan 600 ml air, sampai tersisa 1/3 bagian. Minum airnya dengan rutin setiap hari.

10. Mengatasi kanker darah (leukemia)

Salah satu penyakit berbahaya dan mematikan termasuk leukemia. Sel kanker dalam darah ini dapat diobati dengan ramuan tradisional. Caranya, rebus 25 gram daun atau bunga tapak dara dengan seliter air hingga tersisa ½ liter saja. Saring dan mnum airnya di pagi dan malam hari.

11. Mengobati kanker pyudara

Kanker yang sering diderita oleh kaum wanita ini dapat diobati dengan bahan alami. Rebus 6 hingga 15 gram herba tapak dara bersama 400 ml air, sampai airnya menyusut separuhnya. Setelah disaring, minum airnya 3 kali dalam sehari.

12. Melancarkan BAB

Tidak hanya untuk melancarkan buang air kecil saja, merasa susah BAB bisa juga kamu obati dengan meminum air rebusan atau seduhan daun tapak dara. Akan lebih baik jika kamu mengkonsumsinya setiap hari pada malam hari menjelang tidur.

13. Mengobati malaria

Penyakit berbahaya yang ditularkan oleh nyamuk anopheles ini dapat menyebabkan kematian. Untuk mencegah malaria, minum air yang diperoleh dari rebusan daun atau seduhan daun tapak dara kering.

14. Mencegah tumor

Air rebusan daun tapak dara dapat digunakan untuk melawan sel tumor jinak dan ganas yang tumbuh dalam tubuh seseorang. Minum airnya secara rutin, untuk mencegah tumbuhnya sel-sel tidak sehat.

15. Mencegah stres

Daun tapak dara yang dikonsumsi sebelum tidur malam, bukan hanya mengatasi insomnia. Efek penenang di dalamnya mampu membuat fikiran seseorang menjadi tenang, sehingga mengurangi gejala stres.

16. Menurunkan kadar gula darah

Diabetes mellitus dapat diobati secara tradisional, dengan minum rebusan daun salam maupun daun ceria. Kadar gula dalam darah juga dapat dinormalkan dengan konsumsi rebusan daun tapak dara.

Cara membuat ramuan: Rebus 40 gram herba daun tapak dara dan adas pulowaras, bersama 750 ml air. Biarkan sampai tertinggal 250 ml air, tunggu hingga dingin. Saring, kemudian minum ramuan tradisional ini dengan rutin.


29 Khasiat Tapak Dara Bagi Kesehatan Dan Cara Meramunya

17. Sebagai obat gondongan

Minum air rebusan daun tapak dara secara teratur. Lakukan setiap hari dengan rutin, hingga penyakit sembuh.

18. Mengatasi kurang darah (anemia)

Ada beberapa jenis makanan penambah darah, yang baik dikonsumsi penderita anemia. Untuk mengobati kurang darah, cobalah ramuan tradisional ini.

Siapkan 15 gram bayam merah, 4 kuntum bunga tapak dara (warna putih), dan 5 butir angco. Rebus tiga bahan ini dalam 3 gelas air, sampai airnya berkurang 2 gelas. Saring dan minum obat alami ini, untuk mengobati anemia.

19. Sebagai obat sakit tenggorokan

Radang tenggorokan mengakibatkan penderita sulit untuk menelan makanan. Untuk mengobati peradangan tersebut, gunakan obat alami. Minum air rebusan tapak dara yang dicampur dengan jeruk nipis dan madu murni.

20. Mengatasi tangan gemetaran

Banyak orang tua menderita gemetar, ketika tangannya digerakkan untuk mengangkat gelas dan sebagainya. Ada obat alami untuk mengatasi kondisi tersebut. Seduh 7 lembar daun tapak dara bersama segelas air panas. Saring dan tunggu airnya menjadi hangat, minum dengan segera. Lakukan pengobatan ini dengan rutin setiap hari.

21. Mengobati bengkak, borok, dan bisul

Tumbuk segenggam daun tapak dara, balurkan pada area tubuh yang bermasalah.

22. Melancarkan aliran darah

Penyakit jantung dan stroke dapat dipicu oleh tidak lancarnya sirkulasi darah. Air rebusan daun tapak dara juga berguna untuk membantu dalam melancarkan peredaran darah.

23. Mengobati hepatitis

Peradangan pada hati dapat terjadi sebagai akibat pola hidup yang buruk. Obat alami untuk penyakit ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi air rebusan daun tapak dara. Minum airnya setidaknya sekali dalam sehari.

24. Membersihkan racun tubuh

Pola makan buruk dapat menyebabkan toksin menumpuk dalam tubuh. Untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, minumlah air seduhan daun tapak dara secara teratur.

25. Mengobati batuk

Air rebusan daun tapak dara juga dapat diminum, untuk mengatasi batuk kering atau berdahak.

26. Sebagai obat Asma dan Bronkhitis

Gangguan sistem penafasan ini membuat penderita merasa sangat tidak nyaman, terutama ketika tidur malam. Untuk mengurangi gejala asma, konsumsi ramuan tradisional.

Cara buatnya, rebus sepotong akar tapak dara bersama 5 gelas air bersih. Biarkan airnya mendidih beberapa saat, angkat dan saring. Minum di pagi dan petang.

27. Radang perut atau disentri

Penyakit ini desebabkan oleh infeksi bakteri yang biasanya terbawa bersama makanan yang tercemar. Untuk mengatasi pendarahan, buatlah obat disentri dari bahan alami. Rebus 30 gram daun tapak dara berwarna merah, bersama 750 ml air. Biarkan mendidih dan tambahkan gula kelapa ke dalamnya. Setelah airnya dingin, minum 2 kali sehari.

28. Mencegah kanker

Siapkan 50 gram daun pepaya yang masih segar, 15 gram tanaman tapak dara, 30 gram bayam merah, dan 30 gram rumput mutiara. Rebus bersama 700 ml air, sampai airnya tinggal 300 ml saja. Tambahkan madu murni, minum untuk 3 kali dalam sehari.

29. Mengatasi haid tidak teratur

Cuci akar tapak dara secukupnya, kemudian rebus ke dalam 5 gelas air. Saat airnya tertinggal 2 gelas, angkat. Minum airnya setelah dingin dan disaring, 2 kali sehari.

Nah, itulah 29 khasiat tapak dara untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan cara membuat ramuan dengannya. Konsultasi dengan herbalis dan dokter, untuk mengetahui efek samping ramuan tapak dara yang akan digunakan sebagai obat. Semoga bermanfaat. Simak juga: 27 Khasiat Krokot Sebagai Obat Tradisional dan Kecantikan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

29 Khasiat Tapak Dara Bagi Kesehatan Dan Cara Meramunya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.