6 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Ginjal Anda

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh kita yang punya fungsi sangat menentukan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kenapa bisa begitu? Tentu saja, karena fungsi organ tubuh ini terkait dengan sistem metabolisme tubuh. Lebih dari 70 persen bagian tubuh terdiri dari darah, dimana derajat keasamannya diatur oleh ginjal.


Makanan kurang menyehatkan ginjal
Fungsi ginjal termasuk untuk menyaring racun dalam darah, serta menetralisir pH darah dalam tubuh. Inilah alasan kenapa penggunaan obat-obatan kimia berlebih akan membuat ginjal lelah sebab bekerja terlalu berat.

Bukan hanya obatan-obatan saja yang dapat memperberat kerja ginjal, tapi juga makanan yang bersifat asam. Untuk itulah, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja makanan yang membahayakan ginjal dan sebaliknya.


6 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Ginjal Anda


Ada beberapa jenis makanan yang mampu membersihkan darah, hati, dan membersihkan racun dalam tubuh. Tapi ada juga makanan tertentu yang justru mengganggu kinerja ginjal dan hati, bahkan sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Nah, berikut ini 6 jenis makanan yang sangat berbahaya bagi jantung:

1. Pemanis buatan

Pemanis berbahan kimia seperti aspartame maupun sakarin, sangat bersifat racun bagi tubuh. Hati-hati dengan minuman berbahan pemanis buatan, dimana bahan di dalamnya dapat menurunkan fungsi ginjal.

2. Protein Hewani

Mungkin anda akan terkejut jika tahu bahwa daging, susu, dan produk hewani lainnya tidak selalu baik untuk kesehatan tubuh. Kok bisa? Ya, pasalnya makanan dan minuman tersebut mengandung protein hewani, yang mampu menaikkan keasaman darah.


Dengan naiknya kadar asam dalam darah, maka kalsium akan diambil untuk menetralisir keasaman ini. Hal ini bertujuan untuk mencegah kelebihan protein dalam ginjal. Bagaimana pun, asupan protein berlebih sangat berbahaya bagi ginjal.

Studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School menemukan bahwa minum susu berlebih tidaklah mencegah tulang keropos, justru dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Menu harian yang kaya daging rentan dengan risiko penyakit asam urat. Daging merupakan sumber protein hewani yang dapat memberatkan kinerja ginjal, jika dikonsumsi secara berlebih.

3. Makanan asin

Garam meja mengandung setidaknya 40 persen natrium, yang akan membahayakan ginjal saat dikonsumsi secara berlebih. Bagi anda penyuka makanan asin, sebaiknya kurangi porsinya. Elemen tunggal natrium dalam garam, dapat memicu risiko serangan jantung.

Ginjal akan bekerja keras untuk menyeimbangkan kadar garam dalam darah, sehingga anda dituntut untuk minum banyak air untuk menjaga komposisi cairan tetap seimbang.

4. Kafein

Konsumsi makanan atau minuman berkafein secara berlebih dalam jangka panjang, dapat memicu risiko gagal ginjal. Dalam jangka pendek saja, dapat memicu risiko batu ginjal , jika dikonsumsi saat perut masih kosong.

Penelitian terhadap seseorang yang minum kafein setelah perut kosong lebih dari sepuluh jam, menunjukkan bahwa risiko pembentukan batu ginjal mengalami peningkatan. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi kafein mulai sekarang!

5. GMO (Genetically Modified Organisms)

Penambahan materi tertentu pada produk makanan, terkadang dapat memunculkan dua efek yang saling bertolak belakang. Bagi pencinta kuliner sih sangat menyenangkan. Untuk anda yang suka ngemil, waspadalah dengan produk makanan GMO.

Cemilan seperti canola, jagung, maupun kedelai yang dimodifikasi secara genetik ternyata dapat membahayakan kesehatan ginjal.

Makanan hasil modifikasi genetik ini, ternyata dapat menimbulkan toksisitas hepatorenal. Penyebabnya adalah pestisida termasuk herbisida atau insektisida, yang dapat berdampak mutagenik. Pastinya racun tersebut sangat berbahaya bagi hati dan ginjal.

6. Minuman bersoda

Minuman soda mengandung asam fosfat yang dapat melarutkan kalsium, sehingga merapuhkan tulang anda. Bukan hanya itu, bahan kimia dalam minuman ini dapat menyebabkan naiknya risiko penyakit ginjal kronis. Pelajari: Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Anda

Jika anda ingin punya tulang yang kuat dan ginjal yang sehat, sebaiknya kurangi mengkonsumsi minuman berkafein, pemanis buatan, dan asam fosfat. Akan lebih sehat, jika anda minum air suling yang dicampur dengan sedikit jus lemon.

Nah, itulah 6 jenis makanan dan minuman yang membahayakan fungsi ginjal dan hati, Mengingat kedua organ penting tersebut berfungsi untuk detoksifikasi, maka rawatlah dengan baik-baik.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

6 Jenis Makanan Yang Berbahaya Bagi Ginjal Anda
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.