10 Cara Mengobati Amandel Secara Tradisional Dan Alami

Obat alami - Radang amandel disebabkan oleh infeksi virus pada kelenjar getah bening, sehingga tonsil mengalami pembengkakan. Infeksi dapat terjadi akibat lemahnya imunitas tubuh. Tentu saja hal ini berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Banyak orang mengatasi penyakit amandel dengan jalan operasi bedah, tapi kali ini kita akan bahas tentang obat amandel tradisional.

Obati penyakit amandel secara alami
Semua orang dapat membayangkan betapa tersiksa dan sakitnya tenggorokan yang menderita peradangan. Hanya bunda saja yang merasa sedih, karena anaknya menderita pembengkakan tonsil.

Seperti anda tahu, bahan alami lebih aman bagi tubuh dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Bagaimana pun, tonsillitis harus diobati baik secara medis maupun tradisional. Tapi, perlu diketahui bahwa metode tradisional hanya bekerja pada radang tonsil yang masih ringan atau pada tahap awal.

Pada balita, bagian dari kelenjar getah bening yang ada di belakang rongga mulut ini berfungsi sebagai penagkal infeksi penyakit. Tapi, setelah anak berusia 6 tahun ke atas, fungsi amandel akan diambil alih oleh organ tubuh lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan ukuran kelenjar yang makin kecil.

Di awal disebutkan tentang penyebab radang amandel selain virus dan bakteri, yaitu gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup yang dimaksud seperti berikut ini:

  • Mengkonsumsi makanan yang tidak higienis.
  • Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.
  • Banyak makan pemanis buatan dan bahan pengawet.
  • Jarang atau sedikit minum air putih.
  • Suka makanan terlalu pedas, dingin, panas, dan terlalu asam.

Apa saja gejala penyakit amandel?

Berikut ini adalah beberapa tanda yang biasanya ditemukan pada pasien tonsillitis:

  • Kelenjar getah bening berubah warnanya menjadi kemerahan.
  • Suara menjadi serak.
  • Sulit bernafas dan menelan makanan.
  • Timbul rasa mual.
  • Kepala terasa pening.
  • Bau nafas tidak sedap.
  • Tubuh mengalami demam.

10 Cara Mengobati Amandel Secara Tradisional Dan Alami


Ada beberapa bahan alami yang efektif untuk mengobati radang amandel pada tahap awal. Berikut ini adalah beberapa cara tradisional untuk mengatasi tonsillitis:

1. Daun benalu


Orang kuno menggunakan daun benalu yang nempel di tanaman jeruk nipis, sebagai obat penyakit amandel. Jika anda ingin mencoba cara tradisional ini, siapkan ½ genggam daun benalu dan adas pulo waras secukupnya. Tumbuk dua bahan ini, lalu rendam ke dalam segelas air panas. Saring dan minum ramuan ini saat hangat.

2. Jeruk nipis

Buah yang kaya kandungan vitamin C ini diyakini mampu mengatasi radang amandel. Kekebalan tubuh pun meningkat dengan asupan vitamin C yang memadai. Cara menggunakan bahan alami ini sebagai obat amandel tidaklah sulit.

Peras 2 jeruk nipis, kemudian campur dengan sedikit air kapur sirih. Silahkan minum airnya, 3 kali dalam sehari.

3. Madu

Anda dapat minum madu murni secara langsung, atau mencampurnya dengan obat herbal lainnya. Gejala amandel akan sembuh dengan cepat, dengan mengkonsumsi minuman sehat ini.

4. Bawang Merah

Peradangan pada organ tubuh dapat diredakan dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur. Hal ini disebabkan oleh sifat anti inflamasi dalam rempah ini. Cara menggunakan bahan tradisional ini mudah saja. Kupas kulitnya, lalu kunyah bawang merah hingga lembut. Telan bawang mentah beserta airnya. Rasanya memang pedas dan sedikit getir, tapi dapat menyembuhkan penyakit amandel dengan cepat.

5. Berkumur dengan air garam

Larutan garam tidak hanya berguna untuk mengatasi gusi bengkak, tapi efektif juga untuk mengobati amandel bengkak. Cara menggunakan, seduh 1 sdt garam dapur dengan air hangat. Berkumurlah dengan larutan ini, untuk mengobati radang amandel yang mengakibatkan sakit tenggorokan.

6. Buah Mengkudu

Salah satu cara tradisional untuk mengobati amandel adalah menggunakan buah noni atau mengkudu. Efek farmakologis dalam buah yang aromanya kurang sedap ini sangatlah beragam, seperti anti virus, anti bakteri, dan, anti peradangan. Manfaat buah pace selengkapnya dapat dibaca pada artikel: 8 Manfaat buah mengkudu yang luar biasa bagi tubuh.

Untuk mengatasi amandel, ambil 2 buah mengkudu matang. Buatlah jus dari buah ini, ambil airnya saja. Campur dengan air hangat dan madu murni, silahkan minum obat alami ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

7. Jahe

Anti inflamasi dalam rimpang jahe cukup bagus untuk menyembuhkan radang tonsil pada stadium awal. Bukan hanya untuk melegakan tenggorokan, tapi rempah ini bekerja dengan baik. Untuk menggunakannya, cukup minum wedang jahe dengan rutin.

8. Kulit Manggis

Penyakit amandel juga dapat diobati dengan ekstrak kulit manggis. Buah manis ini mengandung catechins, yaitu antioksidan alami yang mampu mendongkrak daya tahan tubuh. Manggis juga memiliki sifat anti peradangan, sehingga efektif untuk mengatasi tonsillitis. Lainnya: 22 Manfaat Manggis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Caranya, rebus 15 gram kulit manggis bersama 250 ml air. Tunggu sampai airnya tersisa 125 ml saja, lalu angkat. Campur dengan minyak daun mint, kemudian aduk sampai rata. Silahkan berkumur-kumur dengan larutan ini selama 2-3 hari, atau sampai penyakit sembuh.

9. Perbanyak buah yang kaya vitamin C

Antioksidan dalam buah yang mengandung banyak vitamin C sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, silahkan mengkonsumsi berbagai jenis buah yang diperkaya dengan vitamin ini.

10. Cukupi kebutuhan minum

Air putih membantu untuk membilas racun dan bakteri dalam tubuh. Rekomendasi dari ahli kesehatan, bahwa anda seharusnya minum sebanyak 8 gelas air setiap harinya.


Tips Perawatan Penyakit Amandel


Makanlah makanan lunak

Penderita radang amandel pastinya akan merasakan sakit tenggorokan, jika ia mengkonsumsi makanan keras. Untuk tetap memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, pilih makanan yang terksturnya lunak dan agak cair.

Berhenti untuk mengkonsumsi makanan pedas

Penderita tonsillitis tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi semua jenis makanan yang rasanya pedas, sambal, makanan berlemak, gulai, gorengan, dan sebagainya.

Cukupi waktu istirahat

Sebaiknya penderita lebih banyak waktu untuk tidur dan istirahat, untuk memulihkan daya tahan tubuhnya. Dengan begitu, akan mencegah radang tonsil makin parah.

Nah, itulah 10 cara menyembuhkan amandel secara tradisional. Namun, untuk mengatasi penyakit tonsillitis akut, harus dilakukan dengan tindakan medis. Jadi, silahkan konsultasi dengan herbalis dan dokter spesialis. Pelajari juga: 12 Cara Obati Cacingan Pada Anak Dan Orang Tua

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Cara Mengobati Amandel Secara Tradisional Dan Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.