14 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Jus jambu biji merah pastinya disukai oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja manfaat buah jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan. Padahal, di balik rasanya yang manis, tersimpan berbagai nutrisi gizi yang berkhasiat untuk mencegah beberapa jenis penyakit. Di samping itu, raja buah ini juga dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit.

14 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Manfaat jambu biji merah berasal dari sejumlah nutrisi penting di dalamnya, terutama vitamin C yang berlimpah. Buah yang banyak terdapat di Asia ini, juga dilengkapi dengan vitamin A, B6 (piridoksin), E, K, kalium, folat, likopen, lutein, magnesium, mangan, tembaga, Niasin, asam pantotenat, cryptoxanthin, dan flavonoida.

Dibandingkan buah nanas, jambu biji lebih unggul sebanyak 30 kalori. Protein dalam jambu biji, 3 kali lipat lebih tinggi daripada nanas. Buah manis ini lebih kaya serat, 4 kali lipat dibandingkan buah nanas. Tidak heran, jika buah dengan biji keras ini sarat akan manfaat kesehatan.


14 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Fakta menakjubkan yang menjadi kabar gembira bagi anda yang menyukai jus jambu biji, karena jus buah ini mampu mencegah berbagai penyakit seperti di bawah ini:

1. Mengobati diare

Jambu biji mengandung senyawa astringents yang mampu melawan mikroba dan mengurangi lendir berlebih dalam usus. Senyawa ini bersifat disenfektan, yang efektif dalam melawan bakteri. Jambu biji juga diperkaya dengan vitamin-C, kalium, dan karotenoid, yang baik untuk pencernaan. Nutrisi dalam buah ini membantu dalam mengobati gastroenteritis.

2. Mengatasi batuk dan demam


Vitamin C dalam jambu biji merupakan antioksidan alami, yang mampu melawan virus dan infeksi dingin (demam). Cukup dengan minum jus buahnya atau air rebusan daunnya, dapat mengurangi lendir saat anda menderita pilek dan demam.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bukan hanya pisang yang mengandung kalium, tapi jambu biji juga kaya akan kalium. Mineral penting ini berguna untuk menstabilkan denyut jantung dan meregulasi tekanan darah. Dengan rutin minum jus buah ini, maka penebalan darah dapat dicegah, sehingga fluiditas darah terkontrol.

4. Mencegah sembelit

Jambu biji merah banyak mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Serat sangat membantu untuk pergerakan usus yang sehat. Buah ini juga berkhasiat sebagai obat pencahar. Ada sekitar 72 penyakit yang dipicu oleh sembelit. Jadi, perbanyak asupan serat dengan mengkonsumsi buah-buahan termasuk pepaya.

5. Mencegah kolesterol tinggi

Jambu bji kaya akan serat, yang berguna untuk mengikat lemak dalam makanan. Zat penting di dalam buah ini efektif dalam mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL).

6. Mengobati anemia

Manfaat jambu biji merah untuk ibu hamil, dapat mencegah dan mengatasi anemia yang sering terjadi saat kehamilan. Hal ini disebabkan zat besi dalam buah ini digunakan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah.

7. Mencegah penyakit jantung

Tekanan darah yang stabil akan membuat kerja jantung lebih ringan. Keadaan ini dapat dibantu dengan rutin minum jus jambu biji.

8. Baik untuk penglihatan

Betakaroten dalam jambu biji merah akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh kita. Vitamin ini berguna untuk mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi macula, katarak, dan penyakit mata lainnya.

Vitamin A juga dapat anda peroleh dari buah lainnya seperti wortel, ubi jalar, dan lainnya. Asupan vitamin A yang memadai, akan mencegah degradasi penglihatan.

9. Mengatasi Diabetes

Selain buah mengkudu, makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah jambu biji. Serat di dalamnya mengontrol konversi karbohidrat dalam makanan menjadi gula, sehingga kadar insulin berkurang. Minum jus buahnya secara teratur dapat mencegah diabetes tipe-2. Lebih lengkap: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional

10. Mengatasi kelelahan otot dan otak

Jambu biji merah mengandung magnesium yang berlimpah, yang berguna untuk mengendurkan otot-otot saraf. Vitamin B3 dan B6 dalam buah ini berperan dalam melancarkan sirkulasi darah, sehingga fungsi otak dapat berjalan dengan baik.

Dengan minum segelas jus jambu biji, dapat mengembalikan energi yang hilang setelah aktivitas berat.

11. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid

Zat tembaga yang terdapat dalam buah jambu biji digunakan untuk menjaga metabolisme tiroid, sehingga produksi hormon dapat dikontrol.


Manfaat Jambu Biji Untuk Kecantikan Kulit


Berikut ini adalah manfaat kecantikan yang diperoleh dengan minum jus jambu biji maupun rebusan daunnya:

12. Mengencangkan kulit yang kendur


Jus jambu merah menyehatkan tubuh
Jambu biji kaya akan vitamin A, B, dan C. Semua vitamin tersebut dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap cantik. Potasium dalam buah ini merupakan antioksidan alami, yang berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh kita. Dengan rutin minum jus buah super ini, maka kulit anda lebih kencang, serta terhindar dari keriput, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

13. Membuat kulit lebih bersinar

Betakaroten dan vitamin C dalam buah ini mampu menangkal dampak buruk akibat radikal bebas, yang dapat merusak kulit anda. Jambu biji banyak digunakan sebagai bahan lotion untuk mengatasi kulit kering, jerawat, kulit berminyak, dan masalah kulit lainnya.

Dengan minum jus buahnya secara teratur, maka kulit wajah anda akan terlihat lebih cerah dan lembut. Ketahui juga: 15 Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya

14. Baik untuk program diet

Dengan minum jus jambu biji sebelum makan siang, akan membuat perut kenyang hingga malam hari. Serat dalam buah ini mampu mengikat lemak dalam makanan. Protein dan mineral di dalamnya mampu mengenyangkan perut, tanpa adanya karbohidrat maupun kolesterol.

Nah, itulah 14 manfaat jambu biji merah untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Buah manis ini sangat baik dikonsumsi saat matang di pohon. Jika anda mendapatkannya dari toko buah, pastikan mencucinya sampai bersih dengan air mengalir.

Selain dapat dimakan sebagai buah segar atau diminum sebagai jus buah, anda dapat menikmatinya bersama salad, selai, manisan, dan olahan lainnya. Pastinya, buah ini merupakan makanan sehat yang kaya nutrisi gizi. Semoga makin sehat. Mungkin berguna bagi anda: 9 Ramuan Alami Penurun Berat Badan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.