21 Manfaat Durian Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan

Manfaat durian sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan, menjadikan buah lezat satu ini layak dinobatkan sebagai raja buah. Fakta ini tidak dapat dipungkiri, karena nutrisi gizi yang terkandung dalam buah durian sangatlah variatif. Di balik duri yang tajam, king of fruit menyimpan sejumlah khasiat untuk mengatasi penyakit ringan maupun berat.

21 Manfaat Durian Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Sungguh Menakjubkan
Nama latin dari buah musiman ini adalah Durio zibethinus. Bukan hanya lezat dan nikmat di lidah, tapi durian juga diperkaya dengan sederet nutrisi penting. Buahnya yang dilindungi oleh banyak duri ternyata mengandung vitamin B, C, asam folat, protein, omega-3, omega-6, karbohidrat, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, lemak tak jenuh, thiamin, dan banyak lagi.

Pohon durian tidak dapat tumbuh secara sembarangan. Idealnya, tanaman ini tumbuh baik di pegunungan yang memiliki curah hujan tinggi dengan suhu dingin sekitar 20-30°C. Meski begitu, buahnya dijual secara bebas di swalayan, supermarket, pasar, dan pinggir jalan.

Buah durian sering diolah menjadi kudapan sehat seperti dodol, es krim buah, dan olahan lainnya. Jadi, bagi anda yang kurang menyukai cara makan buahnya secara langsung, silahkan konsumsi durian dalam bentuk olahan.


21 Manfaat Durian Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan


Di balik aromanya yang harum, berikut ini adalah manfaat buah durian untuk tubuh kita:

1. Menurunkan risiko stroke

The New England Journal of Medicine pernah mengadakan penelitian, yang menyimpulkan bahwa risiko stroke dapat dikurangi dengan menambahkan buah durian ke menu harian.

2. Mengatasi depresi

Penelitian terhadap para penderita depresi ringan menunjukkan bahwa pasien yang mengkonsumsi durian secara rutin, kondisinya makin baik. Hal ini disebabkan adanya tryptophan dalam buah durian, di mana zat ini akan yang dikonversi menjadi serotin.

Serotonin berguna untuk memperbaiki suasana hati (mood), serta meningkatkan kualitas tidur. Triptopan juga efektif untuk pengobatan terhadap epilepsi.

3. Baik untuk kesehatan tiroid


Zat tembaga dalam durian turut berperan dalam melindungi kelenjar tiroid.

4. Mencegah iritasi pada usus besar

Durian mampu menetralkan keasaman dalam lambung, sehingga menekan risiko iritasi pada saluran pencernaan. Tekstur buahnya yang lembut membuat durian aman dikonsumsi penderita iritasi usus.

Penelitian oleh "American Journal of Gastroenterology" menyimpulkan bahwa protein nabati lebih aman untuk mencegah risiko sindrom iritasi usus besar,

5. Mengatasi haid tidak teratur

Vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga mencegah siklus haid tidak lancar maupun PMS. Selengkapnya: 8 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Tradisional

6. Melancarkan pencernaan

Buah durian mengandung banyak serat, yang berguna untuk melancarkan sistem cerna. Kekurangan serat dapat memicu risiko sembelit (konstipasi).

7. Mengobati anemia

Durian kaya akan zat besi yang berperan dalam produksi haemoglobin, sehingga kurang darah pada penderita anemia dapat diatasi dengan konsumsi buah ini dalam porsi yang tepat. Produksi sel darah merah juga dapat meningkat, disebabkan vitamin B9 dan asam folat dalam buah berduri ini.

8. Mengatasi nafsu makan berkurang

Suruh anda anda makan buah durian, saat ia mengalami penurunan nafsu makan. Vitamin B1 dalam buah ini efektif dalam memulihkan selera makan pada seseorang.

9. Menguatkan tulang dan gigi

Buah durian dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi. Nutrisi gizi tersebut termasuk kalsium, vitamin B1, dan vitamin B2.

10. Mengatasi migrain

Bukan hanya lezat di lidah, buah durian juga mengandung vitamin B2 dan riboflavin yang efektif untuk mengobati migrain.

11. Mencegah tekanan darah tinggi

Kalium berlimpah dalam buah durian mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh seseorang. Mineral ini juga penting untuk menjaga denyut jantung tetap normal, sehingga hipertensi dan stroke dapat dicegah.

12. Mengurangi risiko kanker

Studi oleh Ohio State University menunjukkan bahwa zat fitonutrien dalam durian, efektif dalam melawan penyebab kanker. Fakta ini juga didukung oleh penelitian dari Department of Pharmacology and Toxicology di New York.

13. Meningkatkan konsentrasi otak

Kalium tidak hanya dibutuhkan untuk mengontrol denyut jantung, tapi juga efektif dalam meningkatkan fokus dan konsentrasi saat belajar. Fakta kesehatan ini berdasarkan penelitian ilmiah terhadap 200 siswa Twickenham School.

14. Mengobati insomnia

Saat mata terpejam tapi sulit tidur, cobalah untuk menyantap buah durian. Pasalnya, triptophan dalam buah ini dapat menenangkan fikiran anda. Pelajari juga: 13 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

15. Sumber energi bagi tubuh

Salah satu solusi untuk mengatasi kelelahan dan lemas adalah dengan mengkonsumsi buah durian, Pasalnya, buah beraroma harum ini diperkaya dengan thiamin yang membantu proses metabolisme karbohidrat, sehingga dikonversi menjadi energi bagi otot dan saraf.

16. Membantu untuk berhenti merokok

Nutrisi penting dalam durian ternyata mampu mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh nikotin. Nutrisi yang dimaksud seperti vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium. Cara lain, silahkan baca: Cara Berhenti Merokok dengan cepat

17. Mengobati nyeri lambung dan mual (Morning Sickness)

Buah durian memiliki sifat antacid alami yang berguna untuk mengurangi nyeri lambung dan rasa mual.

18. Mencegah infeksi pada luka

Anda dapat menerapkan buah durian pada kulit yang digigit oleh nyamuk, untuk mencegah bengkak dan infeksi.


Manfaat Buah Durian Untuk Kecantikan Wanita


19. Mencegah penuaan dini

Buah durian sarat dengan vitamin C yang bersifat antioksidan, yang mampu menangkal dampak radikal bebas. Sehingga timbulnya kerutan di kulit anda dapat ditunda.

20. Baik dikonsumsi oleh pelaku diet

Penelitian oleh The Institute of Psychology di Austria, menunjukkan bahwa durian mampu mengganti cemilan yang biasanya disantap oleh seseorang yang menderita stres. Hal ini tidak lepas dari karbohidrat dan serat dalam buah ini.

21. Membuat anda awet muda

Buah durian mengandung senyawa tertentu yang meningkatkan proses regenerasi sel, sehingga kulit lebih cerah dan elastis.


Efek samping buah durian bagi tubuh


Bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah durian, apalagi dalam porsi berlebih. Raja buah ini mengandung kadar glukosa yang tinggi, sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Nah, itulah 21 manfaat buah durian yang menakjubkan bagi kesehatan. Silahkan menikmati makanan sehat ini dalam bentuk olahan apa saja, asalkan tetap proporsional dan tidak berlebihan. Mungkin anda belum tahu tentang: 10 Manfaat Carica Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

21 Manfaat Durian Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.