16 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Obat alami - Buah jeruk sangat mudah ditemukan di berbagai tempat, tidak tergantung pada musim tertentu. Manfaat kesehatan dari buah ini tidak diragukan lagi, disebabkan vitamin dan mineral yang bervariasi di dalamnya. Banyak penyakit ringan dan berat dapat dicegah dengan konsumsi buahnya secara rutin. Di dunia kecantikan, jeruk juga berkhasiat untuk merawat kulit dan rambut.

16 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Juga Kecantikan
Rasa manis yang khas dan aroma buahnya yang harum, dapat dibayangkan kapan pun. Hal ini menunjukkan bahwa jeruk memang sangat akrab dengan kita. Meski begitu, banyak orang belum mengetahui manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Fakta nutrisi buah jeruk

Banyak orang mengetahui bahwa buah jeruk kaya akan vitamin C. Tapi tahukah anda, bahwa buah super ini juga mengandung vitamin B1, B2, niacin, dan betakaroten?

Ciri khas buah jeruk adalah aromanya yang harum. Aroma ini berasal dari senyawa terpenoid dan flavonoid yang dikandungnya. Buah jeruk juga diperkaya dengan nutrisi lain seperti protein, fruktosa, polyfenol, kalium, limonoida, zat fosfor, karbohidrat, zat besi, zat gula, kalsium, flavonoida, karetonoid, dan serat.


16 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Juga Kecantikan


Jika anda bertanya tentang manfaat jeruk untuk tubuh kita, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mengobati sariawan

Tidak diragukan lagi bahwa jeruk efektif sebagai obat alami untuk mengatasi sariawan mulut. Sebagaimana anda tahu, penyakit ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C. Selengkapnya: Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dalam buah jeruk berperan dalam pembentukan sel darah putih, yang merupakan salah satu elemen dari sistem imunitas. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang tidak diragukan lagi efektivitasnya dalam memerangi radikal bebas. Asupan vitamin C berkecukupan akan membuat tubuh lebih bugar dan berenergi sepanjang hari. Lebih lengkap: 11 Makanan yang menguatkan Daya Tahan Tubuh

3. Mengatasi infeksi virus maupun bakteri

Sebuah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa polifenol yang terdapat di dalam buah jeruk ternyata efektif untuk memerangi infeksi virus dalam tubuh kita.

4. Mencegah kanker

Jeruk mengandung limonoid, yaitu zat penting yang efektif dalam mencegah risiko kanker kulit, usus besar, paru-paru, dan lambung. Penelitian di Jepang menyimpulkan bahwa karotenoid yang berasal dari jeruk mandarin mampu mencegah kanker hati. Pelajari juga: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan

5. Sehat bagi jantung


Detak jantung tidak beraturan atau dalam istilah medis disebut kardiak aritmia, dapat diobati dengan rutin mengkonsumsi buah jeruk setiap hari. Hal ini disebabkan adanya kalium yang berlimpah di dalamnya. Selain itu, kalium juga banyak ditemukan dalam buah pisang.

6. Mengurangi kadar kolesterol buruk

Tahukah anda bahwa buah jeruk ternyata efektif sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi? Buah manis ini kaya serat, yang berguna untuk mengikat kolesterol buruk. Buah jeruk juga dilengkapi dengan pectin dan hesperidin, yang berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

7. Mengurangi stres

Ekstrak jeruk dapat dibuat sebagai pewangi ruangan. Aroma yang segar dapat membuat fikiran lebih rileks dan memperbaiki suasana hati.

8. Mencegah batu ginjal

Seseorang yang mengkonsumsi jus jeruk secara teratur, akan memiliki risiko batu ginjal lebih rendah. Namun berlebihan dalam minum jus buah ini dapat memicu risiko gigi berlubang.

9. Menjaga tekanan darah tetap normal

Tekanan darah akan menjadi stabil dengan asupan mineral dalam buah jeruk, seperti magnesium, kalium, dan hesperidin. Ditambah lagi adanya flavonoid di dalamnya juga berguna untuk menormalkan tekanan darah.


khasiat jeruk untuk kecantikan kulit
10. Mencegah sembelit

Pencernaan akan lebih lancar dengan makan buah jeruk setiap hari. Serat dalam buahnya mampu mencegah masalah sembelit dan susah mengeluarkan kotoran.

11. Baik untuk otak

Buah jeruk diperkaya dengan asam folat, sebagaimana alpukat. Nutrisi ini dibutuhkan untuk mendukung kinerja otak, juga baik bagi perkembangan otak di usia dini.

12. Baik untuk kesehatan mata

Karotenoid dalam buah jeruk akan dikonversi menjadi vitamin A. Pastinya anda sudah tahu bahwa vitamin A sangat berguna untuk menjaga kesehatan retina.

13. Mengatasi otot kaku dan radang sendi

Seseorang yang menderita patah tulang dan dalam masa penyembuhan, baik untuk mengkonsumsi buah jeruk. Konsumsi buah ini sangat membantu penderita yang sedang menjalani pengobatan fisioterapi, sehingga dapat pulih lebih cepat. Demikian pula masalah otot kaku dapat diatasi dengan rutin minum jus jeruk.

14. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Buah jeruk mengandung gula alami yang disebut fruktosa, yang punya indeks glikemik rendah. Kebutuhan harian akan gula dapat tercukupi dengan makan buahnya, tanpa takut terjadi kenaikan kadar gula darah.


Manfaat Buah Jeruk Untuk Kecantikan


15. Mencegah penuaan dini

Betakaroten dalam buah jeruk bersifat antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari berbagai kerusakan. Bukan hanya sel kulit, tapi juga seluruh jaringan tubuh.

16. Menurunkan berat badan

Buah jeruk mengandung serat berlimpah, yang dapat menyebabkan kenyang lebih lama. Makan berlebih dapat dicegah dengan makan buah ini. Karbohidrat di dalamnya tidak memicu naiknya berat badan anda. Menarik untuk dipelajari: Ramuan Tradisional Untuk Melangsingkan Perut Buncit

Nah, itulah 16 manfaat buah jeruk bagi kesehatan juga kecantikan. Silahkan menyantapnya secara langsung, bersama pudding, atau diminum sebagai jus segar.  Tapi hindari konsumsi berlebihan, terutama bagi anda penderita maag.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Juga Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.