10 Manfaat Carica Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat buah carica belum diketahui banyak orang. Wajar saja, mengingat tanaman carica hanya tumbuh di pegunungan yang sangat tinggi, pada suhu sangat dingin. Buah yang sekilas mirip dengan pepaya ini punya segudang manfaat kesehatan, disebabkan beragam vitamin yang hadir di dalamnya.

10 Manfaat Carica Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Tidak seperti di luar negeri, buah carica di Indonesia sulit ditemukan. Anda dapat menemukannya di dataran tinggi Dieng, dan sebagian tempat di Bali. Mungkin anda pernah melihatnya di supermarket?

Selain bentuknya menyerupai pepaya, ciri-ciri buah carica yang paling khas adalah rasanya yang segar dan agak masam. Aromanya harum, dan pohonnya berukuran kecil dan pendek.

Buah matang akan mengalami perubahan bentuk, sehingga agak lonjong atau oval. Daging buahnya keras dan bergetah, dengan banyak biji yang dilapisi oleh sarkotesta putih dan berair.

Gunakan sarung tangan saat anda akan mengupas buah ini, karena getahnya mungkin berakibat iritasi dan gatal pada kulit. Dan pastikan anda mencucinya dengan air yang mengalir, hingga benar-benar bersih.

Nutrisi gizi dalam buah carica terbilang cukup lengkap. Berbagai vitamin penting yang terdapat di dalamnya termasuk vitamin A, C, dan B Kompleks. Nutrisi lainnya seperti kalsium, papain, dan serat.


10 Manfaat Carica Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Buah langka ini dapat diolah menjadi selai, dodol, keripik, manisan, ataupun sirup. Di balik rasanya yang manis masam, berikut ini adalah manfaat kesehatan dari buah carica:

1. Meningkatkan energi tubuh

Berbagai mineral penting dan vitamin dalam carica terutama vitamin B kompleks, sangat baik untuk mendongkrak metabolisme dalam tubuh. Sehingga pembentukan energi bagi tubuh lebih mudah.

2. Menyehatkan mata


Buah carica dapat dikonsumsi sebagai pengganti wortel untuk mendapatkan asupan vitamin A harian anda. Bahkan, dengan rutin makan buahnya dapat mencegah dan mengobati penyakit rabun senja.

3. Sebagai obat penyakit kulit

Di Amerika, buah pepaya gunung ini sudah digunakan sebagai obat penyakit kulit. Tetapi di Indonesia, teknologi medis mungkin belum memadai. Sehingga carica sering diekspor ke luar negeri, terutama ke Amerika.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang berlimpah di dalamnya berguna untuk meningkatkan imunitas, sehingga tubuh lebih kebal dari serangan penyakit ringan. Ketahui: 11 Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

5. Mencegah kanker pada wanita

Keunggulan buah carica yang jarang ditemukan pada buah lain adalah adanya agrinin, zat yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada wanita.

6. Menyegarkan tubuh

Olahan carica seperti manisan banyak diminati banyak orang karena rasanya yang nikmat. Rasa masam yang identik dengan kandungan vitamin C, membuat tubuh anda lebih segar setelah mengkonsumsi buah pepaya gunung.


Manisan Carica
7. Mencegah tulang keropos

Kalsium dalam carica dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Asupan kalsium digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan masa tulang, terutama pada usia lanjut. Pepaya gunung dapat mencegah osteoporosis, jika dikonsumsi secara rutin.

8. Baik untuk pencernaan

Pepaya gunung tergolong buah yang tinggi serat, sehingga efektif untuk melancarkan sistem cerna. Penyerapan protein pun menjadi lebih optimal. Enzim papain dalam buahnya akan membuat pH dalam usus menjadi seimbang. Efeknya, bakteri jahat tak mampu berkembang dalam usus.

9. Menurunkan kolesterol buruk

Serat dan vitamin B kompleks dalam buah carica bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kadar kolesterol buruk yang terlalu tinggi dapat memicu penyakit jantung.


Manfaat Buah Carica Untuk Kecantikan Kulit


10. Menunda tanda-tanda penuaan

Buah carica kaya akan berbagai jenis antioksidan, yang berasal dari vitamin A, C, dan E. Antioksidan alami ini mampu menangkal efek paparan UV dan radikal bebas, sehingga timbulnya kerutan di kulit dapat dicegah. Lebih lengkap: 11 Tanda Penuaan Dini pada Wajah dan Tubuh

Nutrisi dalam buahnya akan membentuk kolagen, yang berguna untuk membuat kulit lebih mulus dan kenyal. Tidak heran jika sering digunakan sebagai bahan kosmetik dan skin care.

Nah, itulah 10 manfaat buah carica untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak salah jika anda ingin berkunjung ke Dieng, untuk mencicipi manisan carica. Atau silahkan mencoba menanam pohonnya di daerah anda, mungkin saja dapat tumbuh. Semoga makin sehat dengan pola makan yang seimbang.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Carica Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.