24 Cara Hebat Untuk Meningkatkan IQ Anda

Seberapa tinggi IQ yang anda miliki? Seberapa cepat anda mampu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dalam berbagai situasi? Seseorang dengan IQ tinggi punya kemampuan berfikir lebih baik daripada orang biasa. Bukan hanya dalam hal hitung-menghitung maupun ilmu logika lainnya, tapi kecerdasan dalam banyak hal.

24 Cara Hebat Untuk Meningkatkan IQ Anda
Setiap orang yang memiliki otak cemerlang tidak akan kehabisan ide di setiap momen. Mereka selalu punya solusi untuk memecahkan masalah serumit apapun. Tapi sayangnya tidak semua orang dilahirkan dengan otak genius.

Jangan iri dengan teman anda yang tergolong cerdas, mungkin saja kemampuannya disebabkan oleh faktor genetik. Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan, dan itulah alasan kenapa anda harus membaca artikel ini sampai selesai.


24 Cara Hebat Untuk Meningkatkan IQ Anda


Jangan putus asa jika anda merasa tidak memiliki otak cerdas, ikuti tips untuk meningkatkan IQ anda seperti di bawah ini:

1. Rasa ingin tahu

Rasa penasaran terhadap ilmu pengetahuan mendorong keinginan untuk belajar dan berfikir, sehingga kemampuan otak terus diasah. Para penemu dan ilmuwan pada umumnya punya rasa ingin tahu yang tinggi.

2. Asah kemampuan menganalisa

Belajarlah dari kesalahan dan kegagalan yang pernah anda alami. Pelajari apa saja penyebab kegagalan rencana anda, kemudian perbaiki. Dengan sering melakukan analisa akan menajamkan otak anda, sehingga IQ pun meningkat.

3. Latih intuisi anda

Dengan mengasah intuisi anda, maka kewaspadaan dan alam bawah sadar anda akan mampu mengumpulkan informasi yang ada di sekitar anda.

4. Rajin membaca

Bacalah buku yang dapat menambah wawasan anda. Tulisan yang anda baca akan membuat otak bekerja untuk mencerna isi bacaan, kemudian menghubungkan dengan memori yang tersimpan. Hal ini sangat berguna untuk mengasah otak anda.

5. Lakukan evaluasi

Metode belajar yang efektif pada orang lain belum tentu cocok diterapkan pada anda. Dari kegagalan cara belajar yang anda lakukan di masa silam, lakukan evaluasi untuk mendapatkan metode belajar yang cocok bagi anda.

6. Melatih gelombang otak alpha

Gelombang alpha timbul dari otak saat anda dalam keadaan santai tapi fokus. Situasi ini sangat bagus untuk belajar suatu hal yang bermanfaat. Simak juga: Bahaya Membentak Anak Bagi Otak Mereka

7. Belajar menghitung

Cintai pelajaran matematika yang selalu menggunakan pola berfikir yang jelas. Otak anda akan belajar menyelesaikan soal dimulai dari aspek diketahui, ditanya, kemudian jawab.

8. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan


Antioksidan berguna untuk melindungi sel dari kerusakan. Bukan hanya sel kulit, tapi juga sel otak. Sumber antioksidan alami dapat ditemukan pada kismis, bayam, strawberry, dan lainnya.

9. Fokus pada satu hal

Otak akan merasakan kelelahan jika anda memaksanya untuk memikirkan banyak hal dalam satu waktu. Belum lagi kepenatan akan timbul jika masalah tidak mendapatkan solusi. Jadi, konsentrasi saja pada satu persoalan hingga teratasi kemudian beralih ke hal lainnya.

10. Isi waktu luang

Jangan sia-siakan waktu luang saat anda mengantri atau berdiri menunggu kendaraan umum di halte bus. Ambil teka-teka silang, isi waktu anda dengannya.

11. Tidur yang cukup

Ketika anda tidur, ada hormon dalam tubuh yang bekerja untuk memulihkan kondisi kesehatan termasuk regenerasi sel-sel otak. Racun dalam tubuh pun akan dinetralisir saat anda tertidur.

12. Belajar sebanyak mungkin

Akan terbentuk aliran arus baru dalam saraf otak, saat anda belajar tentang hal-hal baru. Makin cerdas seseorang, makin banyak pula aliran arus tersebut.

13. Membuat jurnal

Buatlah diary kecil yang berisi pengalaman anda dalam memecahkan sebuah masalah. Tuangkan semua ide yang ada dalam benak anda ke dalam sebuah tulisan. Mengasah kemampuan menulis dapat meningkatkan IQ anda secara signifikan.

Catharine M. Cox, pernah meneliti kebiasaan 300 orang genius termasuk Isaac Newton, Thomas Jefferson dan Albert Einstein. Catharine menemukan bahwa mereka ternyata punya kebiasaan menulis jurnal. Bahkan, Thomas Edison membuat 3 juta halaman yang berisi pemikiran pribadi sepanjang hayatnya.

14. Berfikir kreatif

Jangan selalu mengikuti pola fikir orang lain yang belum tentu benar. Ajak otak anda untuk berfikir lebih kreatif sehingga kemampuannya terus meningkat.

15. Gunakan Analogi

Orang cerdas memandang persoalan yang rumit menurut orang biasa, sebagai persoalan yang sangat mudah. Untuk menyederhanakan sebuah masalah, gunakan analogi. Dengan analogi yang baik, otak akan mempunyai gambaran yang jelas tentang situasi yang sedang terjadi.

16. Latihan pernafasan

Tarik nafas dalam-dalam sehingga oksigen masuk dalam jumlah banyak. Kekurangan oksigen pada darah dapat menurunkan kinerja otak. Olahraga pernafasan dapat dilatih setiap hari melalui bimbingan dari seorang ahli.

17. Cukupi kebutuhan gizi harian

Bukan hanya tubuh yang membutuhkan asupan gizi, otak pun memerlukan suplai nutrisi yang sehat. Perbanyak makanan yang mengandung omega-3, vitamin, dan mineral. Penuhi nutrisi yang dibutuhkan otak anda.

18. Melatih kecerdasan emosional

Dengan mengasah kecerdasan emosi akan meningkatkan IQ anda secara signifikan. Bahkan anda tidak akan menduga adanya potensi tersembunyi di dalam diri anda yang terpendam.

19. Berfikir positif

Fikiran yang tidak jernih dan selalu buruk sangka akan menghambat produksi neuron di otak. Dengan fikiran yang jernih akan memudahkan untuk meningkatkan IQ anda.

20. Mainkan puzzle

Permainan ini dapat melatih kecepatan berfikir, memori, dan pengolahan informasi. Anda dapat memperolehnya di toko mainan atau dengan bermain di ponsel android, cari saja di Google Play Store.

21. Olahraga teratur

Tubuh yang aktif bergerak akan menyebabkan distribusi oksigen berjalan dengan baik. Dampak positifnya adalah proses neurogenesis akan berlangsung lebih optimal, sehingga produksi sel-sel otak yang baru pun meningkat. Sehingga memungkinkan untuk peningkatan IQ anda.

22. Berlatih membaca cepat

Salah satu teknik belajar yang efektif adalah Photo Reading, dimana informasi tertulis akan diproses oleh otak dengan cepat. Metode ini menggunakan fikiran sadar dan bawah sadar saat seseorang membaca. Jika anda terbiasa dengan cara ini, maka kecerdasan otak akan meningkat terus-menerus.

23. Kurangi makanan manis

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat ataupun gula akan menyebabkan tubuh cepat lelah dan malas. Tentu saja otak akan sulit untuk berfikir jerih disebabkan rasa malas.

24. Visualisasikan sesuatu dengan angka

Untuk membantu ingatan anda, gunakan sistem objek angka. Analogikan sebuah benda dengan angka yang memiliki rima sama, begitu juga sebaliknya.

Misalnya ketika anda harus menghafalkan angka 17210, anda dapat menyimpan ke dalam memori sebagai kalimat “satukan tujuan kita berdua agar sempurna”.

Contoh lain dapat menggunakan jembatan keledai. Ketika anda harus menghafalkan sederet kata misalnya “bayam, susu, olive oil, wanita cantik, kursi, topi lucu, mata”, maka anda dapat merangkainya menjadi sebuah kalimat “Popeye memakai topi lucu sedang makan bayam supaya tulangnya kuat, kemudian minum susu. Saat ia duduk di kursi, matanya melihat wanita cantik bernama olive”.

Nah, itulah 24 cara efektif untuk meningkatkan IQ Anda. Jangan bosan untuk mengasah kecerdasan anda setiap hari dengan berlatih dan belajar. Banyak ilmuwan yang semasa kecil gurunya tidak menduga kelak anak tersebut menjadi seorang ilmuwan. Pelajari juga: 11 Jenis Makanan Yang Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

24 Cara Hebat Untuk Meningkatkan IQ Anda
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.