11 Tanda Penuaan Dini pada Wajah dan Tubuh

Tanda penuaan dini sangat penting untuk diketahui, supaya wajah tetap awet muda. Penuaan memang sesuatu yang pasti berlaku bagi semua orang. Namun, tanda-tanda penuaan dapat muncul pada sebagian orang muda. Nah, jika seperti ini masalahnya maka anda harus mengetahui faktor penyebab dan cara mengatasinya.

11 Tanda Penuaan Dini pada Wajah dan Tubuh
Seiring perubahan usia, tubuh umumnya mengalami penuaan. Kondisi normal ini terjadi akibat penurunan fungsi dan kinerja organ dalam tubuh kita. Namun, ada sebagian orang yang terlihat lebih tua dari umur aslinya.

Sebagian lainnya justru terlihat awet muda, padahal usianya layak dianggap sebagai lansia. Nah, mengapa hal ini dapat terjadi? Seperti apa tanda-tanda penuaan dini?

Penuaan tidak dapat ditolak, tetapi munculnya dapat diperlambat. Tentu anda pernah berfikir, kenapa orang jaman dahulu lebih awet muda daripada orang modern? Ya. Hal ini erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan. Di jaman ini, tentu anda akan memilih berkendara dengan mobil untuk berbelanja di supermarket daripada berjalan kaki.

Berbeda dengan masyarakat kuno yang lebih suka untuk berjalan kaki, dalam setiap aktivitas mereka. Mereka lebih aktif bergerak daripada kita.


11 Tanda Penuaan Dini pada Wajah dan Tubuh


Berikut ini adalah tanda-tanda penuaan dini pada wajah dan tubuh yang seharusnya dicegah:

1. Kulit yang nampak keriput

Kolagen berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Kekurangan kolagen pada kulit akan menyebabkan keriput. Keriput merupakan tanda penuaan yang mudah dilihat. Jika keriput nampak di ujung mata, maka seseorang telah mengalami penuaan. Beberapa faktor penyebab munculnya keriput seperti radiasi UV, radikal bebas, dan polusi.

2. Flek hitam


Bercak-bercak hitam merupakan tanda yang spesifik bagi seseorang yang mengalami penuaan dini. Flek hitam umumnya muncul pada kulit wajah. Pemicunya adalah polusi udara dan radiasi matahari secara langsung.

3. Perubahan pigmen kulit

Penuaan dini sering ditandai dengan perubahan warna pada kulit. Jika warna kulit anda berubah menjadi kusam, pucat, dan menghitam, mungkin anda mengalami penuaan dini.

4. Kulit menjadi kering

Radikal bebas, polusi dan kotoran dapat menyebabkan kulit hilang kelenturan. Kondisi ini akan membuat kulit nampak kering dan kasar. Jika pelembab justru membuat kulit anda menjadi kering dan tidak kenyal, maka anda telah mengalami gejala awal penuaan dini.

5. Kantung mata

Munculnya lingkaran hitam pada sekeliling mata disebabkan kekurangan tidur. Tidur yang cukup, akan memberikan waktu bagi tubuh kita untuk mengembalikan stamina, penyegaran otak, dan regenerasi bagi kulit.

6. Pori-pori semakin besar

Pori-pori kulit yang membesar juga merupakan salah satu tanda penuaan dini. Regenerasi kulit akan mengganti sel kulit mati dengan sel-sel muda. Kulit-kulit mati dapat menumpuk dan menyebabkan pori-pori kulit anda semakin besar. Baca juga: 10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori di Wajah.

7. Penumpukan lemak

Penuaan dini dapat menimbulkan gangguan pada proses metabolisme dalam tubuh seseorang, termasuk metabolisme lemak. Akibatnya adalah lemak menumpuk di mana-mana, terutama di bagian lengan dan samping perut.

8. Kerutan di ujung alis

Ketika anda sedang berfikir dan mengerutkan dahi, kemudian timbul kerutan di antara kedua alis dan dahi, maka ini telah cukup sebagai tanda penuaan dini pada wajah anda.

9. Bibir kering

Wanita muda tentu mendambakan bibir yang merah merona. Kekurangan kolagen juga dapat membuat bibir menjadi pucat, kering dan tidak merona. Kondisi ini juga menjadi tanda awal dari penuaan dini.

10. Munculnya garis tawa

Ketika seseorang tertawa maka terjadi peregangan otot secara alami. Munculnya garis-garis di sekitar mata saat tertawa sering disebut garis tawa. Garis ini makin jelas jika seseorang sedang mengernyitkan mata. Garis tawa adalah salah satu tanda penuaan dini, jika muncul pada seseorang yang usianya masih muda.

11. Berkurangnya kinerja otak

Tanda-tanda penuaan dini juga terjadi pada kinerja otak. Jika anda sering lupa padahal usia masih muda, maka anda telah mengalami penuaan dini. Kurangi atau hindari konsumsi junk food, makanan berpengawet, dan gaya hidup tidak sehat.

Nah, itulah 11 tanda penuaan dini pada wajah dan tubuh. Jika anda tidak ingin terlihat lebih tua dari usia aslinya, maka hindari semua faktor penyebab yang telah dibahas di atas. Simak juga 6 Rahasia Kecantikan Kulit dengan Ampas Teh. Semoga artikel ini membantu anda, sehingga anda terlihat awet muda dan tetap sehat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Tanda Penuaan Dini pada Wajah dan Tubuh
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.