12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Kantung mata atau sering disebut mata panda, dapat muncul akibat beberapa kebiasaan buruk termasuk begadang sepanjang malam. Bagi wanita, kantung mata sangat tidak diinginkan karena merusak penampilan dan kecantikan wajah. Cara menghilangkan kantung mata secara alami, dapat dilakukan dengan menggunakan sejumlah bahan alami yang tersedia di sekitar kita.

12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami
Munculnya mata panda akan membuat wajah nampak kusam dan lebih tua. Kantung mata juga menjadi salah satu tanda penuaan di wajah, yang sering membuat kesal bagi sebagian wanita. Mungkin anda termasuk salah satu dari mereka?

Penyebab kantung mata

Masalah ini disebabkan oleh aliran darah di sekitar mata yang kurang lancar, sehingga terjadi pembengkakan dan lingkaran hitam di sekitar mata. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata panda seperti kelelahan, kurang tidur akibat begadang tiap malam, menangis terlalu lama, faktor genetik, tidur berlebihan, pigmentasi kulit yang tidak normal, kulit kendur akibat penuaan, paparan sinar UV, defisiensi zat besi, dan alergi.


12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami


Jika kantung mata disebabkan oleh kebiasaan buruk, maka hentikan kebiasaan tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan kantung mata:

1. Gunakan teh celup

Zat tanin yang terdapat di dalam teh hijau, dapat menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh hijau juga berguna untuk membuat  kulit menjadi lebih kencang.

Caranya, rendam kantung teh ke dalam air hangat selama beberapa menit. Terapkan pada mata selama 15 menit, kemudian cuci wajah anda dengan air bersih. Lakukan perawatan ini, setiap pagi dan malam hari.

2. Gunakan es batu

Untuk mengurangi bengkak akibat mata panda, atasi dengan es batu. Masukkan beberapa potong es batu ke dalam kain bersih, kemudian kompres mata anda dengannya. Cara ini juga efektif untuk menyegarkan mata anda yang terlihat kusam.

3. Kentang

Kentang ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Kentang berguna untuk membuat Ph kulit menjadi lebih basa, meremajakan kulit, dan mengembalikan kekenyalan kulit sehingga dapat mengatasi mata panda.

Caranya tidak sulit, bungkus parutan kentang dengan kain tipis lalu terapkan pada mata anda selama ½ jam. Cuci wajah anda, setelah perawatan.

4. Masker mentimun


Masukkan irisan mentimun segar ke dalam lemari es hingga menjadi dingin, aplikasikan pada mata anda. Pejamkan mata anda selama 10 menit dengan masker mentimun di atasnya. Cara alami ini berguna untuk mengencangkan kulit di sekitar mata, melancarkan sirkulasi darah, menunda penuaan, dan mengatasi keriput.

5. Putih Telur

Putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan kantung mata. Oleskan putih telur pada area mata secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian basuh wajah anda dengan air bersih.

6. Jeruk nipis

Selain efektif untuk memutihkan kulit, jeruk nipis ternyata juga mampu mengatasi kantung mata.  Caranya, tempelkan irisan jeruk nipis pada kedua mata dengan terpejam tentunya. Setelah 1o menit, bilas wajah anda.

7. Wortel

Wortel juga efektif untuk mengatasi mata panda. Caranya, parut wortel segar kemudian terapkan pada kedua mata anda, Biarkan selama 20 menit, kemudian cuci wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini, dua kali dalam sehari.

8. Tomat

Masker tomat juga dapat mengobati kantung mata, selain kemampuannya untuk memutihkan kulit. Cukup dengan menerapkan irisan tomat pada sekitar mata selama beberapa menit, kemudian bilas wajah setelah perawatan.

9. Lidah Buaya

Selain untuk menyuburkan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk menghilangkan kantung mata secara alami. Oleskan gel lidah buaya pada kulit mata secara merata. Tunggu hingga gel mengering, kemudian cuci wajah anda sampai bersih.

10. Bengkoang

Vitamin B1 dan C yang melimpah dalam bengkoang diyakini mampu untuk memutihkan wajah, menyegarkan mata, dan melenyapkan lingkaran hitam di area mata. Caranya menerapkan parutan bengkoang pada sekitar mata yang bengkak dan menghitam. Biarkan selama 15 menit, sebelum membilas wajah. Lakukan perawatan ini dengan rutin sampai kantung mata menghilang.

11. Gunakan Sendok

Alternatif Untuk mengurangi pembengkakan pada kantung mata, dengan menggunakan sendok. Caranya sama dengan es batu. Masukkan sendok ke dalam freezer selama beberapa menit hingga menjadi dingin. Tempelkan sendok pada area sekitar mata anda.

12. Susu

Untuk mengatasi kantung mata yang parah, cobalah masker susu. Basahi kapas dengan susu murni, kemudian aplikasikan pada kulit mata. Jangan lupa untuk mencuci wajah anda, setelah 15 menit.


Cara Mencegah Kantung Mata


Hindari begadang

Kekurangan waktu tidur atau sebaliknya, dapat menimbulkan kantung mata. Jadi, hindari dua kebiasaan buruk tersebut. Cukupi kebutuhan tidur setiap hari. Durasi tidur yang ideal adalah sekitar 6-8 jam per malam.

Gunakan bantal ketika tidur

Bantal berguna untuk melancarkan sirkulasi darah di sekitar mata dan mencegah munculnya kantung mata.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Pola makan yang benar berorientasi pada gizi yang seimbang, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan banyak makan buah dan sayuran.

Cukupi kebutuhan air putih

Tubuh membutuhkan air putih untuk menunjang semua fungsi organ, begitu juga sel-sel kulit. Jagalah tubuh tetap terhidrasi, sehingga tehindar dari kondisi kulit yang kering dan mata panda.

Nah, itulah 12 cara menghilangkan kantung mata secara alami. Pelajari juga: 10 Tips Merawat Mata yang Benar. Semua bahan alami yang telah disebutkan di atas sangat mudah ditemukan. Pilih saja salah satu cara yang mudah untuk dilakukan. Semoga tips ini membantu anda untuk mengatasi masalah mata panda, sehingga wajah anda menjadi lebih segar dan cantik. Mungkin anda punya pengalaman dengan kantung mata, silahkan berbagi pengetahuan dengan mengisi kolom komentar.

ilustrasi foto via herbeauty.co

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.