8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat dan Tuntas

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan tepat seharusnya diketahui, untuk mencegah masalah yang lebih serius seperti rambut rontok dan kebotakan. Ketombe ukan hanya menghilangkan rasa percaya diri dan merusak penampilan anda. Namun lebih dari itu, serpihan putih di kulit kepala dapat menimbulkan masalah yang lebih kompleks.

8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat dan Tuntas
Rambut akan kehilangan pesona dan keindahannya akibat munculnya ketombe. Serpihan yang terbang saat anda menyibakkan rambut ini, tentu sangat mengganggu kenyamanan anda dan menimbulkan rasa gatal. Baca lainnya: 10 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok.

Faktor penyebab ketombe

Ketombe sebenarnya adalah sel-sel kulit mati yang mengelupas di kulit kepala, tetapi dalam frekuensi yang berlebihan. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti keringat berlebih, jamur, sampo yang tidak cocok dengan kulit kepala, dan kulit yang berminyak. Ketombe juga dapat muncul sebagai akibat paparan UV, cuaca panas, kebiasaan mengikat rambut yang masih basah, bertukar sisir dengan orang lain, sisa sampo yang menempel di kulit kepala, kulit sensitif, alergi, dan stres.


8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat dan Tuntas


Regenerasi sel selalu terjadi, dan tidak dapat dicegah. Solusi untuk masalah ketombe adalah mengurangi pengelupasan sel-sel kulit mati. Jadi, hal ini sangat berhubungan dengan faktor penyebab yang telah disebutkan. Untuk menghilangkan ketombe dengan cepat, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

1. Daun pandan

Efektifitas daun pandan untuk mengobati ketombe, erat kaitannya dengan sifat antiseptik dan antibakteri di dalamnya. Obat anti ketombe dapat dibuat dengan jus daun ini. Caranya, ambil 7 lembar daun pandan kemudian tumbuk dan campur dengan ½ gelas air bersih. Peras dan aplikasikan jus ini pada kulit kepala, selama 30 menit. Jangan lupa untuk mencuci rambut anda, setelah perawatan. Baca juga: Cara alami untuk menghapus Uban.

2. Buah nanas


Nanas dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Caranya, potong-potong buah nanas dan jeruk nipis, kemudian peras untuk mengambil airnya. Taruh dalam satu wadah, air perasan kedua buah ini. Tambahkan 100ml santan kelapa. Ketiga bahan dalam takaran yang sama. Aduk dan terapkan pada rambut anda selama 10 menit. Bilas rambut dengan air bersih dan shampo.

3. Jus buah apel

Haluskan 3 buah apel ke dalam blender, tambahkan air hangat secukupnya kemudian aduk. Terapkan pada rambut anda selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Kangkung

Untuk membersihkan ketombe, rebus seikat kangkung bersama 2 gelas air bersih. Biarkan mendidih dan menyisakan air segelas saja. Peras kangkung untuk mengambil sarinya, terapkan pada rambut dan kulit kepala selama 30 menit. Gunakan sampo yang cocok untuk mencuci rambut anda.

5. Gel lidah buaya

Selain berguna untuk menyuburkan rambut, aloe vera juga efektif untuk mengatasi ketombe. Cara menggunakannya, cukup dengan mengoleskan gel pada kulit kepala dan biarkan selama15 menit. Cuci rambut dengan shampo dan air yang mengalir.

6. Cuka apel

Untuk membersihkan sel kulit mati pada kulit kepala, gunakan cuka apel. Cuka apel juga dapat membasmi jamur penyebab ketombe. Jadi, sangat efektif sebagai fungisida alami. Caranya, campur cuka apel dengan sedikit air hangat. Basahi rambut anda dengannnya, biarkan selama semalam. Keesokan harinya, cuci rambut hingga bersih.

7. Baking Soda

Baking Soda juga efektif sebagai fungisida yang menyingkirkan jamur pada kulit kepala. Aplikasikan baking soda yang dicampur dengan air hangat, pada rambut anda. Tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas.

8. Biji kelabat

Di India, tanaman ini bernama Hilba. Biji kelabat (Fenugreek) efektif sebagai obat tradisional untuk mengatasi ketombe. Rendam 2 sdm biji kelabat selama satu malam. Keesokan harinya, haluskan biji ini dan aplikasikan pada kulit kepala selama 1 jam. Tentu saja, cuci rambut setelahnya.

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, seperti minyak pohon teh, daun mimba (Azadirachta indica) asal India, minyak almond, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Caranya hampir sama dengan penggunaan baking soda.

Nah, itulah 8 cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan tuntas. Simak juga: Nutrisi Yang dibutuhkan Rambut Anda. Hindari semua faktor penyebab, dan gunakan salah satu bahan alami yang telah disebutkan. Sehingga rambut makin sehat dan cantik.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat dan Tuntas
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.