11 Penyebab Diet Selalu Gagal

Banyak orang bertanya, kenapa diet selalu gagal? Untuk memperoleh bentuk tubuh ideal, banyak wanita rela menjalani berbagai macam program diet. Hal ini mereka lakukan untuk menurunkan berat badan supaya tubuh menjadi lebih langsing, padat, dan cantik.

diet-gagal
Sayangnya, tidak semua orang berhasil melangsingkan tubuhnya. Diet yang gagal justru membuat tubuh makin bengkak, jauh dari kata kurus. Ada beberapa penyebab diet selalu gagal. Jika pelaku diet melakukan salah satu atau beberapa hal di bawah ini, maka diet kemungkinan besar tidak akan sukses.

Kadang seseorang merasa telah mengikuti semua aturan yang dianjurkan dalam program diet yang diikuti. Namun, mereka melupakan hal-hal sepele yang dapat merusak rencana penurunan berat badan. Apa saja? Simak beberapa poin berikut ini:


11 Penyebab Diet Selalu Gagal


Beberapa faktor sering tidak disadari oleh pelaku diet, yang menyebabkan usaha mereka mengalami kegagalan. Berikut ini adalah penyebab diet tidak sukses:

1. Metode diet tidak cocok

Metode diet yang dilakukan seseorang dan berhasil melangsingkan tubuhnya, belum tentu cocok untuk tubuh anda. Setiap orang memiliki gen yang tidak sama, satu dan lainnya. Demikian pula daya tahan tubuh dan faktor lainnya. Sebaiknya pelajari metode diet yang akan dilakukan. Jika anda terlanjur menjalani program, selalu cek berat badan anda. Jika tidak ada penurunan sama sekali, segera hentikan metode tersebut.

2. Stres


Banyak orang melampiaskan kekesalan dan stres dengan makan secara berlebihan. Jika anda termasuk tipe seperti ini, maka program diet sulit untuk sukses.

3. Kekurangan tidur

Produksi hormon kortisol akan meningkat, jika anda tidur kurang dari 7 jam per hari. Jika kortisol naik, maka nafsu makan akan melonjak yang pada akhirnya berat badan pun tidak terkontrol. Begadang setiap malam juga mengakibatkan metabolisme tubuh menurun, sehingga kalori lebih sulit untuk dibakar.

4. Makan sambil berdiri

Cara makan mempengaruhi daya tampung perut anda, dan kesehatan tentunya. Perut sebaiknya diisi dengan tiga hal, yaitu makanan, minuman, dan udara. Hal ini akan tercapai jika anda makan dengan posisi duduk. Makan sambil berdiri berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

5. Fokus pada diet saja

Pelaku diet umumnya fokus hanya pada menu makanan, tanpa peduli terhadap faktor lain yang menunjang penurunan berat badan. Supaya tubuh menjadi lebih langsing, anda juga harus melakukan olahraga secara teratur. Sesuaikan olahraga dengan pola makan anda.

6. Alasan diet yang salah

Banyak pelaku diet yang menjalani program penurunan berat badan, dengan alasan tren atau ikut-ikutan teman. Alasan ini rentan dengan munculnya rasa bosan, ketika tujuan tidak tercapai.

7. Tidak ada dukungan

Dukungan dari orang-orang sekitar sangat penting untuk memberi motivasi terhadap program anda. Jangan hiraukan perkataan yang melemahkan semangat anda, misalnya; "kalau bawaannya udah gemuk, ya gemuk aja". "Mau langsing? Ngimpi kalee..". dsb.

8. Mudah menyerah

Diet yang tidak sukses juga sering disebabkan oleh keinginan untuk mendapatkan hasil yang cepat dan memuaskan. Ini adalah kesalahan besar! Faktanya, tidak ada cara instan untuk melangsingkan tubuh. Pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh membutuhkan sebuah proses yang tidak singkat. Baca juga: Ramuan Tradisional Untuk Melangsingkan Perut Buncit.

9. Mengabaikan sarapan

Pelaku diet yang melewatkan sarapan cenderung menyantap makanan lebih banyak di siang hari. Mereka juga cenderung memilih menu makan siang yang mengandung banyak lemak dan kalori.

10. Salah Target

Diet sehat dirancang untuk tujuan jangka panjang, yaitu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika anda hanya mengacu pada berat badan, maka bersiaplah kecewa jika hasil tidak sesuai dengan harapan. Kesehatan lebih penting dari program anda untuk sekedar mengurangi berat badan.

11. Diet ketat

Mengubah menu makan secara drastis tentu sangat tidak menyenangkan. Jika anda menyukai makanan manis, lalu tiba-tiba berhenti menikmatinya tentu sangat menyiksa. Sesekali manjakan diri anda dengan menyantap makanan favorit, tapi jangan berlebihan.

Itulah 11 penyebab diet selalu gagal. Pelajari metode diet dengan cermat, sebelum anda menjalaninya. Tahukah anda, 8 Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh Dan Solusinya. Untuk berat badan yang ideal, anda harus menjalani gaya hidup sehat dan menghindari semua kebiasaan buruk.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Penyebab Diet Selalu Gagal
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.