11 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami tentu menjadi pilihan bagi banyak wanita, karena tidak menimbulkan efek samping dan biaya yang tentunya lebih murah. Banyak produk kosmetik yang dapat digunakan untuk membuat wajah lebih kencang dan putih. Tetapi kali ini kita akan bahas mengenai cara alami dengan menggunakan berbagai bahan yang banyak tersedia di alam.

masker-wajah
Cara untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput harus dilakukan dengan fokus dan perlu sedikit kesabaran. Karena memang tidak ada satupun cara instan untuk mengatasi masalah kulit ini. Mungkin kalau mie instan, lain lagi ceritanya, hehe..

Wanita tak mampu untuk bersikap cuek terhadap kondisi wajahnya yang mulai kendur dan keriput, berbeda dengan pria yang kurang peduli dengan masalah ini. Padahal, struktur kulit wajah pada pria cenderung rentan dengan kusam, keriput, dan mudah menjadi kendur. Jadi, perawatan alami ini juga diperlukan oleh pria dong? Terserah. Baik wanita atau pria boleh menggunakan cara ini.


11 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami


Bagi pria atau wanita yang wajahnya mulai kendur, cobalah cara tradisional di bawah ini:

1. Diet sehat

Perbanyak makanan yang kaya akan asam amino esensial, omega-3, dan protein untuk peremajaan kulit. Vitamin, mineral, dan antioksidan akan membuat kulit lebih sehat dan cerah. Cukupi kebutuhan air harian, sekitar  8 gelas per hari. Air membantu dalam proses detoksifikasi dalam tubuh, dan menghidrasi kulit anda.

2. Hindari paparan sinar UV terlalu lama

Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari untuk menghindari lapisan kulit superfisial rusak akibat radiasi UV. Paparan sinar matahari yang terus-menerus akan merenggut minyak alami pada kulit yang pada akhirnya merusak kolagen. Gunakan topi saat berada di bawah matahari, dan hapus sisa riasan wajah sebelum tidur malam.

3. Gunakan Air Garam

Tuangkan 2 sdt garam laut ke dalam bak mandi. Mandi dengan air asin dapat membantu untuk membuang racun yang mengganggu regenerasi kolagen, serta membuat kulit lebih kencang. Lakukan perawatan ini sesekali tiap seminggu.

4. Berhenti Merokok

Nikotin dapat mempengaruhi regenerasi sel-sel kulit dan menghambat produksi kolagen. Jadi, untuk memperoleh kulit kencang dan segar, jauhi kebiasaan buruk ini. Baca: 16 Makanan Yang Menyehatkan Paru-Paru Perokok.

5. Facial Massage

Pijat wajah dengan gerakan melingkar ke atas. Lakukan pemijatan secara teratur sebelum tidur malam. Perawatan ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Sehingga mencegah timbulnya garis-garis halus pada wajah dan keriput.

6. Gunakan masker Mentimun


Buah mentimun dapat giunakan sebagai masker wajah, yang berguna untuk menghapus garis-garis pada wajah. Mentimun juga efektif untuk melembabkan kulit wajah, sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.

Cara menggunakan:
Makan buahnya yang masih muda. Selain itu, haluskan mentimun dengan blender dan tambahkan sedikit madu. Aduk hingga menyerupai krim kental. Oleskan pada wajah selama 30 menit, bilas dengan air yang mengalir. Lakukan menjelang tidur malam, 3 kali dalam seminggu,

7. Masker kulit jeruk

Jangan buang kulit jeruk setelah memakan buahnya. Kenapa? Kulit jeruk ternyata efektif untuk mengencangkan kulit wajah anda. Senyawa aktif di dalamnya berguna untuk menghilangkan kerutan dan keriput pada wajah.

Cara membuat:
Haluskan kulit jeruk dan yogurt ke dalam blender, tanpa tambahan air.
Cuci wajah dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori kulit. Pijat wajah dengan lembut untuk melancarkan aliran darah. Aplikasikan pasta ini sebagai masker wajah. Biarkan sampai pasta mengering di wajah. Lanjutkan dengan membilas wajah menggunakan air bersih yang mengalir. Lakukan perawatan kulit ini sekali dalam 3 hari.

8. Masker Putih Telur

Cara membuat:
Terapkan putih telur sebagai masker wajah, dalam keadaan wajah telah dicuci sebelumnya. Biarkan selama 30 menit, kemudian basuh wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap pagi hari, 2 kali dalam seminggu. Masker telur berguna untuk membuat wajah menjadi lebih kenyal. Baca juga: 10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah.

9. Masker Kayu cendana

Untuk membuat kulit wajah lebih kencang, campur bubuk cendana dan air mawar dengan jumlah yang sama. Terapkan secara merata pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering, kemudian cuci wajah anda dengan air bersih. Masker cendana juga bermanfaat untuk mengatasi minyak berlebih di wajah.

10. Jus Pisang

Haluskan pisang ke dalam sebuah wadah, terapkan pada seluruh bagian wajah. Biarkan selama 20 menit, sebelum dibilas. Masker pisang berguna untuk menghilangkan kerutan, dan membuat kulit wajah menjadi lebih bercahaya.

11. Susu dan Madu

Untuk membuat wajah menjadi kencang dan segar, ambil 5 sdt susu, 1 sdt madu dan minyak vitamin E secukupnya. Campur semua bahan hingga membentuk krim wajah. Terapkan krim alami ini pada wajah, minimal 2 kali dalam seminggu. Masker susu dan madu juga berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

Demikian 11 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami. Semua bahan alami di atas baik untuk meningkatkan kecantikan kulit secara menyeluruh, termasuk membuat wajah lebih kencang dan cantik.

foto via aloeskinandbody.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.