24 Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat dapat berasal dari buah-buahan, sayuran, ataupun daging. Asam folat atau vitamin B9 sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung berbagai fungsi organ tubuh yang penting, termasuk ginjal, hati, dan otak. Kekurangan folat dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh.

24 Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat


1. Bit Merah

Selain mengandung kalium dan zat besi, buah bit juga memiliki vitamin B9 dalam jumlah tinggi. Secangkir buah berwarna merah ungu ini mampu menyediakan 34% kebutuhan harian akan asam folat. Buah bit dapat dikonsumsi sebagai jus ataupun salad.


folat
2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang rendah kalori namun tinggi serat. Secangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg vitamin B9.

3. Kubis

Anthocyanin merupakan senyawa penting yang terdapat di dalam kubis ungu, efektif dalam melawan sel-sel kanker. Dengan makan secangkir kubis telah memenuhi 25 persen kebutuhan harian untuk asam folat. Kubis juga merupakan salah satu makanan yang menyehatkan paru-paru perokok.

4. Asparagus

Sayuran dengan bentuk mirip tombak ini baik untuk kesehatan janin, namun sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Semangkok asparagus rebus telah memberikan kontribusi sekitar 65 persen kebutuhan vitamin B9 setiap hari.

5. Brokoli

Sayuran ini merupakan pembersih toksin dalam tubuh. Asam folat yang dikandung di dalam brokoli telah mencukupi 24 persen dari kebutuhan vitamin B9 harian. Brokoli baik untuk ibu hamil, dan tergolong ke dalam makanan penurun kolesterol buruk di dalam darah.

6. Seledri

Seledri adalah sayuran yang rendah kalori dan kolesterol. Secangkir seledri menyumbangkan sekitar 8 persen dari kebutuhan asam folat tiap hari. Sayuran ini dapat digunakan sebagai obat cuci ginjal.

7. Jagung

Selain niacin dan thiamin, jagung juga mengandung vitamin B9 yang bermanfaat untuk mencegah kecacatan pada janin. Dalam secangkir jagung masak terdapat sekitar 78mcg asam folat.

8. Okra

Sayuran ini kaya akan klorofil yang memiliki anti inflamasi, anti kanker, anti mutagenik, dan antioksidan. Okra efektif dalam mencegah kanker hati dan kanker kolon, bahkan getah tanaman ini mampu mengobati diabetes. Tiap 100gr okra mengandung sekitar 37mcg asam folat.

9. Labu

Meskipun jarang yang menyukai sayuran ini, labu ternyata mengandung 57mcg vitamin B9 atau sekitar 14 persen kebutuhan harian.


Buah Yang Mengandung Asam Folat


10. Pisang


Kalium yang terdapat di dalam buah pisang mampu mengontrol tekanan darah dan sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Buah pisang mengandung sedikit lemak jenuh dan kolesterol. Asam folat di dalam buah ini berkisar sekitar 6 persen dari total kebutuhan harian.

11. Persik

Buah persik kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting yang baik untuk tubuh. Asam folat di dalam buah persik mampu mencegah kelainan saraf dan tulang belakang pada bayi (spina bifida).

12. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mampu mendongkrak imunitas tubuh, disebabkan jumlah tinggi vitamin C di dalamnya. Jeruk mengandung 28gr folat atau sekitar 7 persen dari kebutuhan harian. dan total kalori 45. Fitonutrisi di dalam buah ini sangat baik untuk menjaga fungsi dan memori otak.

13. Tomat

Tomat banyak mengandung serat larut, alpha lipoic, betakaroten, kolin, lutein, licopene, vitamin A, vitamin C dan asam folat. Buah ini bebas lemak, sehingga baik untuk makanan diet.

14. Melon

Kandungan asam folat di dalam buah melon cukup besar, sekitar 21 mcg. Vitamin B lainnya juga terdapat di dalam sehingga baik kesehatan ibu hamil pada awal kehamilan.

15. Alpukat

Alpukat mengandung asam folat sebesar 13 persen. Selain itu buah alpukat memiliki vitamin K, vitamin C, potasium, vitamin E, vitamin B5, zat besi, mangan, seng, tiamin, niacin, riboflavin, vitamin A dan fosfor. Vitamin B9 di dalamnya mampu untuk mencegah penyakit jantung.

16. Strawberry

Asam folat yang dikandung oleh strawberry sebanyak 24 mcg. Nutrisi lainnya seperti kalori, protein, karbohidrat, kalsium, serat larut, fosfor dan mineral penting lainnya. Nutrisi ini membuat strawberry menjadi buah super yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular, kanker, dan hipertensi.

17. Pepaya

Terdapat 38 mcg asam folat pada setiap 100gr buah pepaya. Enzim papain yang ada di dalam buah ini dapat menenangkan nyeri haid atau PMS.


Kacang-Kacangan Yang Mengandung Asam Folat


18. Kacang Lentil

Kacang lentil biasa dikonsumsi oleh penduduk Timur Tengah. Kadar asam folat di dalamnya sekitar 181mcg. Kacang lentil bermanfaat untuk menurunkan stres, pembentukan otot janin, dan mencegah anemia.

19. Kacang Tanah

Jumlah asam folat yang terkandung per 100gr kacang tanah adalah 120 mcg. Vitamin B9 yang ada di dalam kacang tanah membantu dalam perkembangan otak dan saraf motorik pada janin. Banyak mengkonsumsi kacang tanah akan mencegah gejala stroke pada usia lanjut.

20. Kacang Almond

Secangkir kacang almond mengandung 70mcg asam folat. Di samping itu, lemak sehat dan kalori banyak terdapat di dalamnya. Almond tergolong makanan bebas kolesterol. Kacang almond efektif dalam mencegah gangguan perkembangan syaraf tulang belakang yang dapat mengakibatkan kelumpuhan.

21. Kacang Polong

Asam folat yang hadir di dalam kacang polong sebanyak 63mcg per 100gr. Kacang polong baik dikonsumsi oleh wanita hamil, karena mendukung proses sintesis DNA yang dapat mencegah risiko cacat pada bayi.

22. Kacang Kenari

Vitamin B9 yang tersedia di dalam 100gr kacang kenari sekitar 98mcg. Berbagai mineral lain yang ada pada kacang ini juga baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Sumber Asam Folat Lain

23. Hati Ayam

Makanan ini memiliki 578 mikrogram asam folat tiap 100gr. Hati ayam baik untuk mencegah risiko anemia. Hati ayam juga baik dikonsumsi bagi ibu dalam masa persiapan kehamilan.

24. Ikan Salmon

Hindari makan ikan salmon mentah, untuk mencegah adanya bakteri dan kuman yang membahayakan kesehatan. Salmon merupakan pilihan bagus untuk mendapatkan asupan vitamin B9.

Asam folat memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaatnya termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit kardiovaskular, dan membantu pembentukan sel-sel darah merah. Namun tetap proporsional dalam mengkonsumsi makanan di atas. Simak juga: 11 Anjuran Dan Larangan Bagi Ibu Hamil. Semoga tubuh kita tetap sehat dan bugar.

ilustrasi kacang almond via telegraph.co.uk

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

24 Makanan Yang Kaya Akan Asam Folat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.