14 Fungsi Kolagen Bagi Tubuh Kita

Kolagen merupakan salah satu jenis protein penyusun jaringan tubuh, dengan komposisi sekitar 30 persen dari keseluruhan protein di tubuh. Protein ini berperan dalam membangun kulit, tulang, sendi, gigi, dan otot. Kekurangan kolagen dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, termasuk gangguan aliran darah ke jantung sehingga dapat memicu stroke.

14 Fungsi Kolagen Bagi Tubuh Kita


Tubuh kita memiliki 28 jenis kolagen, meskipun yang dikenal hanya tipe 1-5 saja. Bukan hanya berperan dalam kecantikan kulit, kolagen ternyata mempunyai banyak manfaat untuk tubuh seperti di bawah ini:


kolagen
1. Kulit

Menurut dr. Eric dari University of Pennsylvania, kolagen merupakan faktor terpenting yang dibutuhkan oleh kulit kita. Kadar kolagen yang ada pada kulit kita mencapai 80 persen. Kolagen berpadu dengan protein yang disebut elastin menjaga elastisitas kulit.

Penurunan kadar kolagen umumnya terjadi ketika usia seseorang mencapai 25 tahun, sebesar 15 persen. Dan akan terus menurun saat usia maikn lanjut. Solusi untuk masalah ini adalah mengkonsumsi suplemen. Baca: Rahasia Kecantikan Kulit Menggunakan Ampas Teh.

2. Rambut

Kolagen juga berfungsi untuk menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhannya. Kolagen berperan dalam regenerasi rambut, termasuk mengganti rambut yang rontok.

3. Otak

Kolagen dibutuhkan sebagai salah satu nutrisi bagi otak. Jaringan kolagen yang menipis menyebabkan saraf kranial di otak menjadi kekurangan nutrisi. Kondisi ini dapat menimbulkan pusing, kehilangan daya ingat, dan insomnia. Sel-sel saraf otak yang terhambat mengakibatkan sulit untuk konsentrasi, kecemasan dan depresi. Asupan kolagen harian sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak.


4. Mata

Pada usia lanjut umumnya kornea kekurangan kolagen. Padahal protein ini berfungsi untuk menjaga penglihatan agar fungsinya tetap optimal. Kekurangan kolegen menyebabkan otot-otot mata tidak lentur lagi.

Dengan mengkonsumsi makanan dan buah yang kaya kolagen dapat mencegah mata kering, mata lelah, penglihatan buram, katarak dan penyakit mata lainnya.

5. Tulang

Kolagen memiliki peran yang setara dengan fungsi kalsium bagi tulang. Adanya kolagen membuat tulang dapat menyatu dengan persendian. Kolagen bergabung dengan mineral hydroxyapatite membentuk struktur tulang yang kuat.

Protein dan mineral ini menunjang fleksibilitas dan kekuatan tulang. Penuhi asupan kolagen secara teratur, untuk menjaga kesehatan tulang di hari tua. Kebiasaan sehat ini akan mencegah osteoporosis dan nyeri pada tulang.

6. Gigi

Manfaat kolagen untuk gigi secara garis besar adalah menguatkan gigi. Kekurangan asupan kolagen dapat menyebabkan gigi rapuh karena kehilangan kalsium. Masalah lainnya termasuk gigi mudah lepas, rentan terhadap sakit gigi, dan kerusakan gigi lainnya.

7. Otot

Serat kolagen berguna untuk menguatkan struktur otot-otot tubuh, termasuk pada otot rangka, serta otot polos pada organ reproduksi, saluran kemih, dan otot jantung. Kekurangan serat kolagen dapat memicu nyeri punggung, menghambat area refleks, bahu kesemutan, dan tubuh tidak berenergi.

8. Kuku

Kekuatan kuku sehingga tidak mudah patah dipengaruhi oleh kolagen. Bintik-bintik putih yang muncul pada kuku menunjukkan kekurangan asupan kolagen.

9. Sendi

Asupan kolagen yang cukup setiap hari akan mencegah nyeri sendi, disebabkan dukungannya terhadap fleksibilitas tendon. Di samping itu, protein ini dibutuhkan sebagai bahan pembangun tulang rawan pada persendian.

10. Pembuluh Darah

Kolagen juga dibutuhkan untuk konstruksi dinding arteri, vena, dan kapiler. Kolagen memiliki andil besar dalam melancarkan aliran darah sehingga beredar ke seluruh tubuh dengan baik. Jadi kekuatan, struktur dan elastisitas pembuluh darah ditentukan oleh protein ini.

11. Sistem Pencernaan

Kekurangan protein ini dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan, misalnya perut kembung, penyerapan sekresi menurun, bahkan kenaikan risiko diabetes.

12. Tekanan darah dan tingkat kolesterol

Kekurangan asupan kolagen akan mengakibatkan tekanan darah menjadi tidak stabil. Efek lainnya termasuk kenaikan kadar kolesterol darah, peredaran darah tidak lancar, bahkan rentan terhadap gangguan kardiovaskular.

13. Sistem Kekebalan tubuh

Imunitas tubuh akan naik 100 kali atau lebih, dengan asupan kolagen yang mencukupi. Kekurangan kolagen dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga mudah terjadi infeksi.

14. Sistem Endoktrin

Kekurangan kolagen akan mengganggu sistem endoktrin, sehingga menyebabkan gangguan menstruasi, pyudaara kendur, dan risiko kanker payudara. Risiko pada pria seperti EDI, dan lemah syahw4t.

Itulah 14 Fungsi Kolagen Bagi Tubuh Kita. Kolagen dapat diperoleh dari buah-buahan seperti kiwi dan jambu biji, dan sayuran termasuk paprika dan kubis. Penting: 10 Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Kulit Anda! Perawatan kulit dan kesehatan secara menyeluruh tidak dapat dipisahkan dengan asupan kolagen yang cukup.

foto via kellysiew.wordpress.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Fungsi Kolagen Bagi Tubuh Kita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.