11 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Alami

Memiliki tipe kulit sensitif sering membuat jengkel dan frustasi bagi pemiliknya. Sedikit kesalahan dalam merawat kulit jenis ini, dapat menimbulkan masalah. Pemilik kulit sensitif lebih rentan dengan jerawat, keriput, ruam, dan alergi. Penyebab masalah ini adalah faktor genetik, atau kesalahan dalam menggunakan produk kecantikan berbahan kimia.

11 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Alami


Beberapa bahan yang tersedia di alam dapat Anda gunakan untuk merawat kulit sensitif. Apa saja bahan alami yang dapat digunakan? Simak penjelasan di bawah ini:


kulit-sensitif
1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu meresap ke dalam kulit dengan baik, sehingga melembabkan kulit Anda. Minyak ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Terapkan minyak kelapa pada kulit Anda setiap menjelang tidur malam, agar kulit menjadi lebih segar dan sehat.

2. Buah-buahan yang mengandung vitamin C

Vitamin ini kaya akan antioksidan dan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang kompleks. Vitamin C dapat mengobati atrofi kulit, yaitu penipisan kulit akibat penggunaan krim steroid. Cukupi kebutuhan vitamin C untuk asupan harian, dengan mengkonsumsi buah jeruk, apel, strawberry, lemon, dsb.

3. Amla

Buah Amla atau buah malaka (Indian gooseberry) kaya akan vitamin C, fosfor, kalsium, besi, vitamin B kompleks, dan karoten. Nutrisi di dalam buah ini baik untuk merawat kulit sensitif. Minum jus amla setiap hari secara teratur dapat memperbaiki kulit yang rusak. Buah amla juga efektif dalam mencerahkan dan menyehatkan kulit.

4. Madu

Madu memiliki kemampuan pemulihan, anti-inflamasi, dan antiseptik. Untuk kulit sensitif, campur madu bersama air mawar kemudian terapkan sebagai masker wajah untuk melembabkan kulit Anda. Perawatan kulit ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit sensitif akibat sinar UV.

5. Gula Pasir


Perawatan terhadap kulit sensitif juga dapat menggunakan gula pasir. Tambahkan minyak zaitun bersama gula, aduk secara merata untuk membuat scrub yang lembut. Gunakan ujung jari Anda untuk mengelupas sel-sel kulit mati, dengan lembut. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat, setelah perawatan.

6. Bubuk Kopi

Aduk bubuk kopi bersama madu, tambahkan minyak kelapa dan susu. Gunakan scrub alami ini untuk menggosok kulit yang sensitif. Campuran ini juga dapat digunakan sebagai masker wajah.

7. Mentimun

Manfaat mentimun termasuk untuk menghilangkan pembengkakan dan pigmentasi pada mata. Buah mentimun juga efektif dalam melembabkan, menghidrasi, dan melembutkan kulit sensitif. Campur mentimun dengan madu, kemudian oles pada kulit sensitif.

8. Kentang

Untuk meremajakan kulit yang sensitif, kupas 3 buah kentang kemudian diparut hingga lembut. Tuangkan sedikit madu, aduk sehingga berubah menjadi pasta. Aplikasikan pada kulit Anda selama 20 menit, sebelum dibilas dengan air dingin. Masker kentang berguna untuk memberikan nutrisi bagi kulit, serta menghilangkan komedo dan bintik-bintik hitam.

9. Mangga

Parut buah mangga campur dengan madu, minyak kelapa, dan air mawar untuk membuat masker bagi kulit sensitif. Terapkan pada wajah Anda, biarkan melekat selama sekitar 20 menit. Kulit buah mangga juga dapat dijadikan sebagai bubuk kering sebagai bahan lulur.

10. Asupan Air

Untuk mendapatkan kulit lebih segar dan sehat, cukupi kebutuhan tubuh akan cairan. Selain menjaga hidrasi kulit tubuh, asupan cairan dibutuhkan oleh tubuh untuk membuang racun di dalam tubuh dan kulit.

11. Lindungi kulit dari Alergen

Alergi dapat terjadi pada kulit sensitif, yang berasal dari berbagai macam alergen. Alergen dapat disebabkan oleh serbuk sari, polusi kimia, sinar UV, produk kosmetik tertentu, debu, dan jenis makanan tertentu. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan Magnesium dan Betakaroten. Makanan yang mengandung magnesium seperti almond, bayam, alpukat, kacang tanah, kopi, dan soba. Sedangkan betakaroten dapat diperoleh dengan mengkonsumsi mangga, pepaya, dan bayam.

Itulah 11 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Alami. Penting: 10 Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Kulit Anda. Jangan salahkan diri Anda jika memiliki jenis kulit sensitif, rawatlah dengan baik dan terapkan gaya hidup sehat agar tetap cantik dan sehat.

foto via prevention.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.