10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori berfungsi sebagai alat pernafasan bagi kulit. Selain itu, lubang-lubang kecil ini merupakan tempat produksi minyak alami yang berfungsi untuk melembabkan kulit kita. Kesehatan kulit sangat ditentukan olehnya. Pori-pori kulit yang membesar merupakan salah satu tanda penuaan pada tubuh.

pori
Banyak faktor yang menyebabkan pori-pori kulit membesar. Apalagi seiiring perubahan waktu, pada usia lanjut lebih rentan terhadap masalah ini. Penuaan kulit tidak hanya dialami oleh orang tua, bahkan masalah ini dapat terjadi pada usia muda.

Bukan sekedar tentang kecantikan kulit, tapi pori-pori membesar masih ada hubungannya dengan masalah kesehatan. Anda harus mengganti kebiasaan buruk dengan pola hidup sehat.

Untuk mengecilkan pori-pori kulit khususnya pada wajah, bahan-bahan alami dapat digunakan sebagai solusi terbaik untuk masalah ini.


10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah


1. Oatmeal

Salah satu manfat oatmeal bagi kecantikan kulit adalah pengelupasan sel-sel kulit mati. Apabila sel-sel ini menumpuk maka pori-pori kulit akan terbuka dan membesar. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, oatmeal sangat tepat digunakan tanpa menimbulkan efek samping.

2. Masker Madu

Madu dapat bermanfaat untuk meluruskan rambut keriting. Nutrisi di dalamnya efektif untuk mengurangi minyak dan memberikan kelembaban bagi kulit.

Untuk merapatkan pori-pori wajah, sediakan 2 sdm madu murni kemudian oleskan pada wajah Anda menggunakan kuas yang lembut. Setelah 25 menit, bersihkan madu menggunakan handuk basah.


3. Putih telur

Selain bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat, telur juga berguna untuk mengecilkan pori-pori kulit pada wajah.

Untuk menggunakan bahan ini, kocok putih telur selama 30 detik. Gunakan sebagai masker wajah dan biarkan selama setengah jam, sebelum mencuci wajah Anda menggunakan sabun.

4. Jus Tomat

Manfaat buah tomat bagi kesehatan salah satunya adalah mengobati sariawan. Sedangkan untuk kecantikan kulit, tomat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Caranya adalah menggunakan jus buah ini sebagai masker wajah. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencuci wajah dengan air bersih. Cara ini juga bekerja untuk melembabkan kulit kering dan menyegarkan kulit wajah.

5. Cuka sari Apel

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan menambahkan 1 sdm cuka apel ke dalam sepertiga gelas air. Oles cairan ini pada kulit wajah, dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

6. Masker Pepaya

Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya akan berguna untuk menyehatkan mata. Menerapkan jus pepaya pada wajah akan membuat pori-pori yang lebar menjadi rapat kembali.

Aplikasikan jus pepaya pada wajah selama beberapa menit, bilas setelah perawatan selesai. Masker pepaya berguna untuk meremajakan kulit wajah Anda sehingga lebih kenyal dan bersinar.

7. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan alami yang efektif dalam membersihkan kulit wajah. Asam laktat dalam yogurt mampu melarutkan kotoran di pori-pori, serta membuat kulit wajah menjadi lebih elastis. Manfaat masker yogurt lainnya adalah mengurangi garis-garis halus dan mencegah keriput.

Cukup dengan mengoleskan 1 sdm yogurt pada wajah Anda. Setelah 15 menit, bersihkan menggunakan handuk basah. Kemudian bilas dengan air bersih.

8. Baking soda

Bahan kue ini baik untuk perawatan kecantikan. Menerapkan baking soda pada wajah mampu mengecilkan pori-pori kulit dan meluruhkan sel-sel kulit mati.

Tuangkan 1 sdt baking soda ke dalam segelas air bersih. Setelah mencuci wajah Anda, basuh menggunakan air yang telah dicampur dengan baking soda. Biarkan kering dengan sendirinya.

9. Jus Nanas dan Lemon

Buah nanas memiliki enzim alami yang mampu mengencangkan kulit, serta menambah kilau pada kulit wajah. Lemon berguna untuk membersihkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Kedua bahan ini merupakan paduan terbaik untuk perawatan kecantikan kulit.

10. Bersihkan komedo

Komedo hitam atau putih dapat membesarkan pori-pori kulit wajah. Jadi komedo harus dihilangkan. Silahkan pelajari cara menghilangkan komedo secara alami.

Itulah cara mengecilkan pori-pori kulit wajah secara alami. Selalu masukkan buah-buahan segar dan sayuran hijau ke menu harian Anda. Jangan malas untuk berolahraga setiap hari. Kebiasaan sehat akan menghambat tanda-tanda penuaan dini seperti pori-pori kulit yang membesar.

foto via prevention.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.