10 Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Kulit Anda

Selain merawat rambut, yang menjadi perhatian wanita paling banyak adalah kulit. Selain memiliki rambut yang indah dan berkilau, wanita menginginkan kulit yang lembut, kenyal dan cerah. Banyak wanita menggunakan kosmetik maupun produk kecantikan lainnya untuk mendapatkan kulit yang cantik dan segar.

Sebagian wanita menggunakan produk kecantikan secara berlebihan untuk mendapatkan hasil maksimal. Faktanya, hal ini merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit. Selain kosmetik, untuk menjaga kecantikan wajah diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan. Demikian pula asupan nutrisi yang diperlukan kulit harus diperhatikan. Selain itu, jauhi produk kecantikan yang berbahaya bagi kulit.


nutrisi kulit


10 Nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit Anda


Semua wanita ingin mendapatkan kulit wajah yang segar, cantik dan sehat. Ada tujuh hal yang diperlukan oleh kulit untuk menjadi cantik, sehat dan bersinar.

1. Antioksidan


Antioksidan mempunyai banyak manfaat kesehatan, seperti menjaga jantung, melawan kanker dan menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dapat ditemukan pada buah, sayuran dan makanan laut. Antioksidan dapat mencegah kerusakan sel kulit, serta membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Sayuran hijau juga perlu dikonsumsi setiap hari.

2. Pijatan

Pelupasan sel kulit mati dengan melakukan exfoliation yang dilakukan terlalu sering dapat membahayakan kesehatan kulit. Untuk melancarkan peredaran darah, cukup dengan melakukan pijatan sederhana. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar di wajah selama satu menit.

3. Pembersih

Debu, kotoran, minyak dan polutan yang melekat di kulit dapat diluruhkan dengan pembersih. Produk pembersih juga dibutuhkan sebelum menggunakan suplemen dan tabir surya. Cara ini akan membuat produk kecantikan dapat meresap ke kulit secara sempurna.

Anda harus memilih pembersih yang cocok dengan jenis kulit, karena belum tentu semua pembersih aman bagi kulit. Pilihlah pembersih tanpa bahan sabun, karena sifatnya agak keras jika sering terkena wajah.

4. Gunakan Pelembab

Anda dapat menggunakan krim, minyak, atau lotion untuk mengembalikan kelembaban kulit.

5. Banyak minum air putih

Walaupun efeknya tidak terlihat secara langsung, kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Air juga diperlukan oleh tubuh untuk menunjang berbagai proses penting di dalam tubuh, seperti mengeluarkan toksin, membantu sel tubuh dalam penyerapan nutrisi, serta menjaga sistem pencernaan. Air sangat dibutuhkan untuk memberikan kelembaban pada kulit, sehingga tampak lebih halus. Air juga membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, yang dapat menimbulkan jerawat.

6. Tabir Surya

Untuk melindungi kulit dari paparan matahari, gunakan tabir surya SPF 30. Tabir surya ini akan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Selain mencegah kanker kulit, tabir surya juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan dan tanda-tanda penuaan. Silahkan memilih tabir surya dengan kandungan SPF di atas 15, selama 20 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

7. Asam lemak

Nutrisi ini dapat membantu membentuk sel-sel yang berguna untuk membentuk lapisan yang melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Nutrisi pada kulit akan cepat hilang, tanpanya. Kulit juga mudah menjadi kusam. Asam lemak dapat diperoleh dengan konsumsi ikan, telur dan beberapa jenis minyak goreng.

Kulit memerlukan nutrisi dan vitamin, tak beda dengan tubuh kita. Asupan vitamin diperlukan untuk menyehatkan kulit dan membuatnya bercahaya.


5 Nutrisi Bagi Kulit Cantik


1. Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kulit menjadi kering dan bersisik, jika kekurangan vitamin A. Studi oleh American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa vitamin A yang terkandung pada lotion dapat mengurangi jerawat, garis dan kerutan di wajah.

2. Vitamin C

Selain bermanfaat untuk  menjaga imunitas tubuh, vitamin C merupakan nutrisi yang diperlukan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen yang membuat kulit kenyal dan sehat. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, serta memperbaiki jaringan kulit dan membuatnya semakin bercahaya. Vitamin C dapat diperoleh dengan konsumsi buah-buahan seperti buah kiwi, jeruk, apel dan lainnya.

3. Vitamin B Kompleks

Salah satu penyusun utama dari sel kulit adalah vitamin B Kompleks. Efeknya pada kulit adalah membuatnya sehat dan bercahaya. Vitamin ini berfungsi untuk meratakan warna kulit dan melawan peradangan kulit. Vitamin B kompleks dapat ditemukan pada gandum, kacang-kacangan, seledri, buncis dan lainnya.

4. Vitamin E

Vitamin E bermanfaat untuk mempertahankan kekenyalan dan kelembutan kulit, serta mencegah kulit kering. Vitamin E berperan dalam menjaga keremajaan kulit, serta mengurangi bekas luka. Vitamin E dapat diperoleh dengan konsumsi buah zaitun, kacang-kacangan dan bayam.

5. Vitamin K   

Vitamin K bermanfaat untuk mencegah keriput, kulit kusam, menyamarkan noda gelap di kulit, serta melenyapkan warna memar di kulit. Vitamin K yang berasal dari bahan alami dapat diperoleh dengan konsumsi bayam, kembang kol, brokoli dan kubis.

Demikian perawatan yang diperlukan oleh kulit dan nutrisi yang harus dipenuhi untuk membuatnya tetap cantik. Merawat wajah setiap hari dapat membuat kulit lebih segar dan cantik. Lebih dari itu, anda akan memiliki kulit yang sehat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Kulit Anda
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.