Cara Mengobati Sariawan Dengan Sangat Cepat

Sariawan atau sering disebut stomatitis aftosa adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan luka berbentuk cekung di rongga mulut, yang diawali dengan peradangan di dalam mulut sehingga bibir pecah-pecah dan kering. Sariawan menyebabkan rasa nyeri dan sakit ketika mengunyah makanan.

Rasa perih akan timbul ketika makanan menyentuh luka sariawan, sehingga menurunkan nafsu makan. Penyakit ini biasanya menimbulkan luka pada mulut, bibir, atau lidah. Meskipun dapat sembuh dengan sendiri, namun membutuhkan waktu cukup lama sekitar 1-2 minggu. Untuk mengobati sariawan dengan cepat dapat menggunakan bahan-bahan alami yang akan dibahas pada artikel ini.


sariawan

Penyebab Sariawan

Stomatitis dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur. Penyakit ini bisa berhubungan dengan gangguan lain pada mulut maupun sakit tenggorokan. Pada sebagian kasus infeksi oleh jamur, disebabkan daya tahan tubuh yang rendah. Namun, gangguan pada rongga mulut ini dapat juga dipicu oleh beberapa faktor seperti di bawah ini:

  • Kekurangan nutrisi yang melindungi kesehatan mulut dan sistem pencernaan, seperti vitamin C, vitamin B12, zat besi, niacin dan riboflavin.
  • Kesalahan ketika mengunyah makanan sehingga mulut tergigit.
  • Sering konsumsi makanan pedas atau terlalu panas.
  • Penggunaan produk kesehatan tidak cocok seperti pembersih mulut, pasta gigi, atau sikat gigi.
  • Kurang menjaga kebersihan mulut, jarang minum air, dan jarang menggosok gigi.
  • Tidak beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungan


Cara Mengobati Sariawan Dengan Sangat Cepat


Untuk menyembuhkan penyakit sariawan harus diketahui faktor pemicu seperti yang disebutkan di atas. Jika sebelumnya anda kekurangan konsumsi buah-buahan, mulailah dengan makan banyak buah. Jika anda sering makan gorengan atau sambal, anda harus mengurangi bahkan menghentikan untuk sementara waktu. Berikut cara alami mengobati sariawan dengan cepat:

1. Bubuk Kopi


Obat sariawan yang paling mudah ditemukan adalah bubuk kopi. Cukup dengan menempelkan bubuk kopi ke luka berlubang di mulut anda.

2. Daun Jambu Biji

Cukup dengan mengunyah daun jambu biji segar, kemudian berkumur. Daun ini juga bermanfaat untuk mengobati diare, jika dikonsumsi secara langsung.

3. Kunyit

Haluskan sepotong kunyit dengan menumbuknya atau memasukkan ke dalam blender, tambahkan 1 sdt gliserin. Oleskan pada luka sariawan.

4. Tomat dan pepaya

Untuk menggunakan tomat sebagai obat sariawan, cukup dengan membelahnya kemudian menempelkan ke luka. Anda juga bisa minum jus tomat atau pepaya untuk mempercepat pengobatan.

5. Backing soda dan garam

Kedua bahan dicampur dengan menambahkan sedikit air. Oleskan pada luka selama 10 menit, atau gunakan sebagai obat kumur. Backing soda mampu mematikan bakteri di mulut, sedangkan garam akan menyerap cairan pada luka.

6. Bawang Putih

Tidak berbeda dengan cara menyembuhkan sariawan menggunakan tomat, cukup tempelkan irisan bawang putih pada luka sariawan.

7. Air Kelapa

Selain mengatasi dehidrasi, air kelapa memiliki sifat dingin yang menenangkan sistem pencernaan. Air kelapa efektif dalam mengobati sariawan. Cukup dengan meminum airnya, sebagian lagi digunakan untuk kumur.

8. Madu dan Buah Pisang

Pisang dihaluskan kemudian dicampur dengan madu. Oleskan pada luka sariawan selama beberapa menit, untuk mencegah peradangan di mulut.

9. Jambu Air

Ambil 10 gram kulit pohon jambu air, kemudian ditumbuk sampai halus bersama ½ gelas air bersih. Stelah disaring, gunakan airnya untuk kumur.

10. Yogurt

Dengan minum yogurt, keseimbangan bakteri di mulut akan terjaga, sehingga dapat mencegah dan mengobati sariawan. Pastikan yogurt yang dikonsumsi mengandung acidophilus.

11. Minyak Kelapa

Campurkan minyak kelapa dengan madu, oleskan pada luka di rongga mulut. Anti-bakteri yang terdapat di dalamnya dapat menyembuhkan sariawan.

12. Daun Kemangi

Ambil 5 lembar daun kemangi untuk dikunyah, pastikan anda telah mencucinya terlebih dahulu. Kemangi sangat efektif sebagai obat alami untuk sariawan.

Demikian beberapa obat alami bagi sariawan yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya, seperti ekstrak biji anggur, gel lidah buaya, atau jus buah plum. Pilih salah satu bahan cara pengobatan yang paling mudah dilakukan. Penting dalam pengobatan terhadap sariawan adalah memenuhi kebutuhan vitamin C dan zat besi, karena keduanya sangat diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh.

ilustrasi foto: womenshealthmag.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Mengobati Sariawan Dengan Sangat Cepat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.