8 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Alami

Kebersihan tubuh perlu dijaga, termasuk wajah agar penampilan tetap cantik dan sehat. Wajah cantik dan menawan tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, impian anda akan segera berakhir dengan munculnya panu yang sangat tidak diinginkan. Panu atau dalam istilah kedokteran disebut tinea vesicolor, kadang disebut pityriasis versicolor adalah penyakit kulit yang ditandai oleh bercak yang disertai rasa gatal ketika berkeringat. Bercak yang muncul berwarna putih, terkadang merah atau coklat. Panu disebabkan oleh jamur yang disebut candida albicans. Penyakit kulit ini bisa menular ke orang lain. Penyakit panu berbeda dengan eksim.

kulit

Faktor penyebab munculnya panu

  • Trauma minor atau friksi, seperti gesekan paha pada orang gendut.
  • Suhu lingkungan terlalu lembab dan panas
  • Memakai pakaian ketat atau tidak mampu menyerap keringat
  • Penggunaan hormon ataupun antibiotik dalam jangka lama, sehingga mengganggu keseimbangan flora tubuh
  • Olahraga berat sehingga menyebabkan keringat berlebihan
  • Tidak menjaga kebersihan tubuh

Meskipun bukan tergolong penyakit mematikan, timbulnya panu bisa menghilangkan rasa percaya diri. Terutama bagi wanita, tentu sangat malu ketika bercak panu timbul di wajahnya. Akibat dari penyakit panu adalah produksi pigmen kulit terhambat, bahkan dapat menyebabkan kulit bersisik.


8 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Alami


Mengobati penyakit panu dapat dilakukan dengan penggunaan produk berbahan kimia. Namun, pemakaian pada kulit sensitif dapat menimbulkan iritasi dan efek samping lainnya. Jadi, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis penyakit kulit untuk mendapatkan resep yang tepat. Kali ini kita akan bahas mengenai obat alami untuk penyakit panu.


1. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan rambut, telah dikenal oleh banyak orang. Ternyata, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan panu di kulit. Lidah buaya mampu mengobati iritasi akibat ruam di kulit. Caranya dengan mengambil lidah buaya, kemudian dipotong atau dipatahkan. Gosokkan bagian dalam lidah buaya yang berbentuk gel pada kulit yang timbul panu.

2. Minyak pohon teh

Minyak alami ini terkenal untuk mengobati berbagai gangguan kulit termasuk panu. Oleskan pada kulit yang timbul bercak. Untuk memperoleh hasil maksimal, lakukan setiap hari selama dua minggu.

3. Lengkuas

Salah satu manfaat lengkuas bagi kesehatan adalah untuk mengobati panu. Cairan yang terkandung di dalamnya efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur panu. Caranya dengan memarutnya atau mematahkannya. Oleskan pada wajah yang terserang panu, biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

4. Bawang Putih

Selain untuk mengobati jerawat dan sakit gigi, sifat antibakteri pada bawang putih mampu mematikan jamur penyebab panu. Ambil bawang putih, kemudian dipotong untuk mengeluarkan airnya. Gosokkan pada kulit yang timbul bercak, kemudian biarkan menempel selama beberapa menit dan angkat. Ulangi beberapa kali cara ini.

5. Buah Belimbing

Vitamin C yang terdapat di dalam buah belimbing bermanfaat untuk menyingkirkan sel kulit mati, serta mematikan bakteri penyebab panu. Ambil buah belimbing, kemudian ditumbuk dan dicampur dengan kapur sirih. Sebagian ahli herbal menggunakan belimbing wuluh. Oleskan pada kulit yang bermasalah. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari, agar panu cepat hilang.

6. Belerang

Mineral yang terkandung di dalam belerang telah lama dikenal manfaatnya untuk mengobati berbagai penyakit kulit, salah satunya untuk menyembuhkan penyakit panu. Mineral ini mampu mematikan kuman penyebab panu. Caranya dengan menumbuk belerang, kemudian dicampur dengan minyak kelapa dan air jeruk nipis. Oleskan pada bercak yang timbul di kulit. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin, hingga panu hilang tanpa bekas.

7. Cuka apel dan Teh

Manfaat cuka apel termasuk untuk mengobati panu. Tuangkan cuka apel sebanyak 1 sdm ke dalam secangkir teh. Seperti bahan alami lainnya, oleskan ke area kulit yang nampak bercak-bercak.

8. Daun pare

Cara mengobati panu menggunakan daun pare adalah dengan menumbuk daun pare, lalu dicampur dengan kapur sirih. Balurkan pada kulit anda. Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Menghilangkan panu di wajah menggunakan bahan alami dapat anda coba, selama tidak mengidap penyakit tertentu atau alergi terhadap bahan tersebut.

ilustrasi foto: femside.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.