7 Akibat Kurang Serat Bagi Kesehatan

Obat alami - Serat merupakan unsur penting yang sangat diperlukan oleh tubuh kita sebagai salah satu syarat penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Berbagai masalah kesehatan dapat timbul sebagai akibat kurang serat. Serat diet hanya dapat diperoleh dari tumbuhan, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Bahan penyusunnya adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Di dalam sistem pencernaan tubuh manusia, tidak ada enzim yang dapat mencerna serat. Meskipun tidak memiliki nilai gizi, namun sangat penting bagi kesehatan tubuh. Serat dibedakan menjadi dua jenis, serat larut dan tak larut.


Manfaat serat bagi tubuh kita

  • Memperlancar sistem pencernaan.
  • Menyebabkan rasa kenyang, tanpa menambah kalori.
  • Menyeimbangkan keasaman lambung.
  • Mengontrol nafsu makan, sehingga membantu menurunkan berat badan.
  • Mengontrol penyerapan glukosa.
  • Mencegah sembelit
  • Mencegah endapan lemak pada dinding pembuluh darah arteri di samping rahim
  • Mencegah wasir, kanker usus, radang perut, infeksi usus buntu, dan vaksin.
  • Menjaga berat badan akibat kelebihan lemak
  • Mencegah kolesterol tinggi

Penyebab tubuh kekurangan asupan serat

Akibat kurang serat bagi tubuh sering diabaikan oleh banyak orang, karena kurangnya kesadaran terhadap kesehatan tubuh. Hal ini terkait dengan gaya hidup salah dan pola makan tidak benar, yang lebih menyukai makanan siap saji daripada buah-buahan dan sayuran hijau. Bukan hanya anak-anak, semua orang sulit melepaskan diri dari makanan instan tanpa peduli keseimbangan nutrisi di dalamnya.

Asupan serat harian yang diperlukan tubuh

Tubuh kita memerlukan serat untuk menjaga sistem pencernaan supaya tetap berjalan normal. Kebutuhan tubuh akan serat adalah sekitar 20-40 gram setiap hari. Jumlah ini seharusnya dipenuhi untuk menjaga keseimbangan gizi. Silahkan pelajari: Makanan yang Mengandung Serat Paling Tinggi.


7 Akibat kurang serat bagi kesehatan tubuh


1. Sembelit atau konstipasi


Kurang serat dapat menimbulkan masalah sembelit yang ditandai oleh aktivitas ke toilet sangat jarang dilakukan dalam seminggu. Sembelit juga bisa disebabkan oleh kurang berolahraga, ataupun konsumsi obat-obatan. Konstipasi dapat dicegah dengan konsumsi makanan kaya serat seperti apel, brokoli, wortel, dan biji-bijian. Selain itu, diperlukan olahraga teratur dan minum air dalam kadar yang diperlukan tubuh.

2. Berat badan naik (obesitas)

Serat sangat berperan dalam mencegah kegemukan. Makanan berserat tinggi menyebabkan waktu mengunyah lebih lama. Diet kaya serat mampu menaikkan tingkat ekskresi lemak yang dibuang bersama kotoran. Jika anda mengaami masalah berat badan berlebih, cukupi kebutuhan tubuh akan makanan tinggi serat.

3. Diabetes

Salah satu manfaat serat bagi tubuh adalah mengatur kadar gula darah. Fluktuasi kadar gula di dalam darah akan menyebabkan penyakit diabetes melitus.

4. Penyakit jantung

Serat mampu menurunkan kolesterol yang terdapat di dalam makanan dengan cara mengikatnya, kemudian membuangnya dari sistem pencernaan. Serat larut dapat ditemukan pada pisang, buncis, apel, kacang polong, kacang kedelai dan sayuran. Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Hemorrhoids

Hemorrhoids adalah pembengkakan pada vena di dekat anus dan usus besar bagian bawah. Kondisi buruk ini disebabkan oleh sembelit yang menyebabkan mengejan sewaktu tubuh mengeluarkan feses. Kotoran lunak dapat melewati saluran pencernaan dengan mudah dan lancar, sehingga mencegah sembelit, wasir dan hemorrhoids. Di sinilah peran serat bagi sistem pencernaan.

6. Tekanan darah tinggi

Vegetarian yang menjalani diet kaya serat cenderung memiliki tekanan darah normal. Hasil studi di Swedia menunjukkan bahwa diet tinggi serat mampu menurunkan hipertensi, tanpa melakukan penurunan berat badan.

7. Penyakit Kanker

Sekitar sepertiga kasus kematian akibat kanker disebabkan oleh pola makan tidak sehat. Untuk mencegah kanker, dapat dilakukan dengan diet tinggi serat dan rendah lemak. Diet ini dapat menurunkan risiko kanker usus dan kanker anus.

Demikian beberapa bahaya kesehatan akibat kurang serat. Kini anda mengerti betapa penting peran serat bagi kesehatan secara menyeluruh. Di samping itu, olahraga secara teratur dan gaya hidup sehat sangat diperlukan agar tubuh tetap sehat.

sumber gambar: rifeshare.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Akibat Kurang Serat Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.