11 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Dan Tradisional

Banyak wanita mencari cara untuk mengobati keputihan secara alami. Keputihan dibedakan menjadi dua jenis, fisiologis dan patologis. Dikategorikan sebagai fisiologis jika cairan yang keluar tidak menimbulkan bau ataupun gatal. Biasanya dialami oleh wanita di masa menstruasi. Ditandai dengan cairan yang encer, berwarna bening, dan jumlahnya sedikit. Kondisi ini dianggap normal bagi semua wanita. Sedangkan keputihan patologis biasanya menimbulkan bau tidak sedap dan gatal di sekitar area kewanitaan. Cairan yang keluar biasanya berbau busuk, kental, dan berwarna pekat terkadang kehijauan. Kondisi ini memerlukan perawatan secara tepat.

Keputihan bisa dialami oleh semua wanita, tua maupun muda. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur atau parasit. Rasa perih yang muncul, disebabkan oleh peradangan pada saluran kencing. Masalah kesehatan ini dapat menyebabkan kemandulan, hamil di luar kandungan, bahkan kemungkinan gejala kanker leher rahim yang dapat menyebabkan kematian.


foto: @gitgut (twitter)

Penyebab Keputihan

Sebelum membahas mengenai cara mengobati keputihan, perlu anda ketahui beberapa faktor yang dapat menyebabkannya. Keputihan dapat disebabkan oleh stres, penggunaan obat hormonal, pil KB, infeksi jamur, serta kurangnya menjaga kebersihan organ wanita.

11 Cara mengobati keputihan secara alami


Bagi anda yang sedang menderita keputihan, ada beberapa cara alami untuk mengobatinya. Pilihlah salah satu cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan.

1. Daun Sirih

Daun sirih sangat dikenal oleh ahli herbal sebagai obat alami untuk berbagai gangguan kesehatan, termasuk keputihan. Daun sirih memiliki anti bakteri dan anti jamur yang efektif mencegah infeksi pada organ kewanitaan, serta mematikan kuman.

Caranya dengan merebus daun sirih sebanyak 10 lembar ke dalam 2 liter air selama 5 menit. Selagi hangat, gunakan airnya untuk membasuh organ kewanitaan. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam seminggu secara teratur. Jangan melakukannya terlalu sering, efeknya dapat mematikan bakteri baik yang menjaga pH kewanitaan.



2. Kunyit

Sediakan kunyit yang telah dipotong-potong sebanyak 20 gram, daun sambiloto kering sebanyak 10 gram, dan kulit delima kering sebanyak 15 gram. Semua bahan direbus ke dalam 800 cc air, hingga air berkurang sebanyak 500 cc. Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Anda bisa menambahkan madu supaya rasanya manis.

3. Buah asam


Sediakan kunyit secukupnya, kemudian diparut. Beri sedikit air, kemudian diperas. Tambahkan buah asam dan gula aren. Minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing 1 ½ gelas.

4. Daun Beluntas

Sediakan segenggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, sepotong gula aren dan 2 rimpang kunyit. Semua bahan direbus ke dalam seliter air hingga mendidih. Airnya disaring setelah dingin. Minum airnya, sekali dalam sehari.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki antibakteri, anti jamur, antiseptik dan anti virus. Cara membuat obat untuk mengatasi keputihan dengan menyediakan lidah buaya dan lima lembar daun sambiloto. Ambil bagian dalam lidah buaya, kemudian dipotong-potong dan dihaluskan ke dalam blender. Rebus bersama daun sambiloto ke dalam 2 gelas air, hingga mendidih. Selagi hangat, gunakan airnya untuk membasuh organ kewanitaan. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

6. Buah delima

Sediakan herba kulit delima dan herba sambiloto, masing-masing sebanyak 30 gram. Rebus kedua bahan ke dalam 1 liter air, hingga air berkurang setengahnya. Minum airnya setelah dingin, sebanyak 3 kali sehari. Air ini juga dapat digunakan untuk mencuci organ kewanitaan. Gunakan alat semprot untuk mencuci bagian dalam.

7. Biji mangga

Biji mangga dijemur hingga kering, kemudian digiling menjadi bubuk. Tuangkan sedikit air, untuk membuatnya menjadi sebuah pasta. Oleskan pada bagian luar dan dalam organ kewanitaan.

8. Biji ketumbar

Rendam biji ketumbar ke dalam air selama semalaman. Minum airnya ketika perut kosong di pagi hari. Lakukan cara ini selama seminggu.

9. Akar bayam

Kandungan antibakteri yang terdapat pada akar bayam mampu melawan infeksi. Cukup dengan merebus akar bayam, kemudian minum airnya setelah dingin. Minum di pagi dan sore hari.

10. Daun tapak liman

Seluruh bagian tanaman ini direbus bersama air, hingga air berkurang setengah dari semula. Minum airnya di pagi dan sore hari.

11. Pacar air

Ambil 50 gram daun pacar air, rebus hingga mendidih. Gunakan airnya untuk membasuh organ wanita, selagi hangat.

Tips mengobati keputihan


- Hindari stres, dan faktor yang dapat memicu depresi
- Jangan menggunakan bedak pengharum pada organ wanita
- Jagalah area tersebut tetap kering, gunakan pantyliner
- Minumlah jus cranberry, segelas dalam sehari
- Hindari penggunaan sabun mandi, gunakan pembersih yang tidak mengubah pH organ tersebut
- Makan buah pisang setiap hari secara teratur
- Konsumsi rempah-rempah seperti lengkuas ataupun jahe mentah. Jika tidak mampu melakukannya, bisa dikukus.

Demikian cara yang aman untuk mengobati keputihan. Anda bisa memilih satu cara yang mudah dilakukan. Konsultasi dengan dokter anda, jika kondisi tidak segera membaik.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.