6 Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami Dan Tradisional

Epilepsi atau sering dikenal sebagai penyakit ayan merupakan gangguan pada saraf otak yang disebabkan oleh aktivitas sel-sel neuron yang berlebihan, sehingga mengakibatkan beberapa reaksi tubuh seperti perubahan suasana hati, penurunan fungsi tubuh, kejang-kejang, hingga pingsan.

6 Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami Dan Tradisional
Gangguan neurologis ini bisa berlangsung dalam durasi singkat maupun lama. Guncangan yang dialami oleh penderita, bukanlah disebabkan oleh virus ataupun bakteri.

Jadi, penyakit ini tidak menular ke orang di dekatnya. Perawatan yang tepat sangat diperlukan, sehingga mencegah efek yang paling buruk.

Penyebab Epilepsi

Impuls listrik dikirimkan oleh otak untuk mengontrol gerakan otot-otot tubuh. Impuls listrik yang berlebihan dapat menyebabkan kejang pada penderita epilepsi. Beberapa penyebab epilepsi antara lain:

1. Kerusakan otak pada janin

Janin dapat mengalami cedera maupun kerusakan otak yang disebabkan oleh infeksi, kekurangan nutrisi maupun oksigen. Kelumpuhan otak bisa meningkatkan risiko penyakit ayan sebesar 20%.

2. Faktor Genetik

Kerusakan gen tunggal maupun interaksi antara gen dengan faktor lingkungan, dapat menjadi penyebab penyakit ayan. Individu yang memiliki kembar identik, akan berisiko terkena epilepsi sebesar 50% jika saudara kembarnya adalah penderita peyakit ini.

3. Demensia

Kondisi berupa penurunan fungsional pada otak, dapat menjadi pemicu epilepsi.

4. Trauma akibat benturan di kepala

Kecelakaan mobil atau cedera lain dapat menyebabkan epilepsi.

Resiko epilepsi pada pria lebih besar dibandingkan dengan wanita. Penyakit vaskular seperti stroke ataupun penyakit jantung diyakini dapat memicu kejang-kejang pada epilepsi.

Cara menolong penderita epilepsi

- Jauhkan benda berbahaya dari penderita ayan. Hal ini bertujuan untuk menghindari benturan di kepala dan organ lainnya.
- Letakkan kepala penderita pada posisi miring, sehingga lidah tidak mengganggu saluran pernafasan. Longgarkan pakaiannya, untuk memudahkan pernafasan dan pergerakan tubuh.
- Biarkan tubuhnya bergerak secara leluasa. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Benda yang keras dapat menyebabkan giginya patah.
- Anda dapat menghubungi dokter ataupun keluarganya, mereka lebih mengetahui cara perawatan yang tepat.


Cara mengobati epilepsi secara alami


Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa penyakit epilepsi tidak dapat disembuhkan, namun bisa dicegah maupun dikurangi gejalanya. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit ayan:


1. Susu rendah lemak

Susu mengandung kalsium, elektrolit alami yang sangat diperlukan oleh tubuh mempertahankan fungsi otot agar tetap normal, serta berpengaruh pada saraf dan sirkulasi darah.

2. Air kelapa

Minum air kelapa dapat menjaga hidrasi tubuh sepanjang hari, sehingga mencegah kejang. Air kelapa merupakan obat alami untuk mencegah dehidrasi.

3. Garam Epsom

Garam ini mengandung mineral penting seperti magnesium yang mampu mengontrol impuls listrik yang dikirimkan oleh otak. Mineral yang terdapat di dalam garam ini berpotensi untuk mengurangi risiko kejang.

4. Minum Jus buah

Saat kadar natrium dalam tubuh menurun, sel-sel otak akan membengkak sehingga dapat memicu kejang. Perbanyak minum jus buah ataupun cairan sehat lainnya.

Ramuan Herbal untuk penderita Epilepsi

5. Bawang putih

Rempah ini banyak digunakan untuk mengatasi penyakit ayan. Cara membuatnya cukup mudah. Ambil 1 siung bawang putih, kemudian memarkan. Campurkan dengan susu dan air secukupnya, kemudian direbus hingga mendidih. Biarkan airnya dingin. Anda dapat minum ramuan ini untuk mengurangi kejang, sekali dalam sehari.


6 Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami Dan Tradisional
6. Akar Baru Cina

Sediakan segenggam akar baru cina, sepotong jahe, dan sepotong gula aren. Semua bahan dipotong-potong, kemudian dimasukkan ke dalam 4 gelas air. Rebus hingga airnya tersisa setengah dari semula. Tunggulah air menjadi dingin, kemudian disaring. Ramuan ini diminum sebanyak 2 kali tiap hari, masing-masing segelas.

Akar baru cina (Artemisia vulgaris Linn) juga dapat digunakan untuk mengobati menstruasi tidak teratur, disentri, mencegah risiko bayi lahir tidak aman, keputihan, pergerakan janin berlebihan, mempermudah persalinan, mimisan, muntah darah, dan perdarahan usus.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi epilepsi dengan cara alami dan tradisional. Artikel ini bukan sebagai pengganti nasihat dokter. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, anda perlu konsultasi dengan dokter anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

6 Cara Mengobati Epilepsi Secara Alami Dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.