Tips Selalu Sehat dan Kebal dari Berbagai Penyakit

Kebanyakan orang menganggap bahwa sehat memiliki arti bebas dari sakit. Sebenarnya, sehat lebih dari sekedar aman dari berbagai jenis penyakit. Tubuh sehat berarti stamina yang bugar, fit dan berenergi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kondisi tubuh yang tidak sakit merupakan salah satu tanda dari stamina yang baik. Banyak orang berfikir, bagaimana tubuh dapat kebal terhadap berbagai penyakit? Semua orang tentu tidak ingin terkena serangan penyakit, baik ringan ataupun berat. Jika anda berfikir tentang hal yang sama, anda harus mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta faktor yang dapat melemahkannya.

Jika daya tahan tubuh kita lemah, peluang bagi bakteri dan virus menyerang tubuh akan semakin besar. Di sini pentingnya tips agar tubuh bugar dan kebal terhadap serangan penyakit.


foto: cloudfront.net (via shutterstock)

Tips agar tubuh senantiasa sehat dan kebal terhadap penyakit


1. Penuhi Asupan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda, seperti bawang putih, teh, jamur, kacang jenis tertentu, dll. Untuk lebih jelas, anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang makanan yang memperkuat daya tahan tubuh.

2. Konsumsi makanan yang mengandung antibiotik

Antibiotik sangat diperlukan oleh tubuh untuk melawan berbagai infeksi penyakit. Salah satu yang mudah anda dapatkan adalah bawang putih.

3. Hentikan kebiasaan buruk anda

Beberapa orang sering melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, menenggak minuman keras, begadang, serta malas berolahraga. Kebiasaan tersebut dapat melemahkan tubuh anda, sehingga peluang penyakit untuk menyerang lebih besar.

4. Cukupi Asupan Protein

Sistem kekebalan tubuh memerlukan banyak asupan protein, sehingga bekerja secara efektif. Sistem imunitas yang optimal mampu menstimulasi produksi sel-sel baru. Di sinilah protein diperlukan. Asupan protein dapat diperoleh dengan konsumsi ikan, buah-buahan, serta sayur-sayuran tinggi protein.

5. Menjaga Berat Badan

Berat badan berlebihan rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya seperti asam urat, penyakit jantung, kolesterol tinggi, dan lainnya. Begitu juga tubuh yang terlalu kurus, biasanya disebabkan oleh kekurangan asupan nutrisi yang pada akhirnya melemahkan sistem kekebalan tubuh. Untuk memperoleh berat badan yang proporsional diperlukan gaya hidup sehat.

6. Perbanyak Buah-buahan dan Sayuran

Sayuran sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan disebabkan kandungan fitokimia di dalamnya. Fitokimia berperan sebagai antioksidan kuat yang mampu melawan berbagai serangan penyakit, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Fitokimia yang terdapat di dalam sayuran juga penting untuk mencegah penuaan dini, serta memiliki efek anti kanker dan mencegah penyakit jantung.

Buah-buahan umumnya mengandung antioksidan alami yang berperan sebagai anti inflamasi, serta menurunkan koleksterol jahat. Makanan yang Mengandung Fitokimia antara lain:

- Buah-buahan (apel, alpukat, aprikot, ceri, jeruk, pisang, anggur, kiwi, mangga, lemon, melon, persik, pepaya, plum dan pir).
- Serealia (jagung, quinoa, gandum, beras merah dan biji gandum).
- Kacang-kacangan (Flaxseed, pecan, macadamia, walnut dan biji wijen).
- Sayuran (asparagus, bit, buncis, brokoli, seledri, wortel, kembang kol, terung, jagung, sayuran berwarna gelap, selada dan bawang putih).


apel
sumber gambar: telegraph.co.uk

7. Cukupi asupan yodium

Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang menghasilkan hormon yang diperlukan oleh tubuh manusia. Fungsi hormon ini antara lain mengatur kecepatan pembakaran energi di tubuh, pembentukan protein, mengatur kepekaan tubuh terhadap hormon lain. Organ ini terletak di bawah laring dan berbentuk mirip kupu-kupu.

Kelenjar tiroid menghasilkan tiroksin, kalsitonin dan triodotironin. Hormon-hormon ini berperan dalam metabolisme tubuh pada sistem peredaran darah. Jika tiroid menghasilkan hormon terlalu sedikit, tubuh akan mudah lelah, berat badan naik, dan kulit mengalami kekeringan. Jika produksinya terlalu banyak, tubuh akan cepat mengeluarkan keringat dan berat badan turun secara drastis. Gangguan pada kelenjar tiroid yang sering adalah penyakit gondok. Sedangkan pada anak dapat menghentikan pertumbuhan, serta menurunkan daya ingat otak. Cara yang mudah untuk memperkuat kelenjar ini adalah dengan konsumsi yodium secara tepat.


8. Kurangi minuman soda dan kafein

Minuman soda memang terasa segar dan nikmat, namun efek buruknya akan menimpa anda ketika usia tua. Daripada anda konsumsi minuman seperti itu, lebih baik konsumsi ginseng atau buah anggur yang kaya antioksidan, vitamin C dan vitamin E.

9. Memilih tempat bepergian

Jangan mengunjungi daerah yang sedang terkena wabah penyakit maupun virus tertentu. Hal ini untuk menghindari penularan penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

10. Menjaga kebersihan rumah

Rumah dan lingkungan yang kurang bersih, dapat menjadi sarang bagi berbagai bakteri dan virus yang bisa menimbulkan penyakit.

11. Memasak makanan sebelum dikonsumsi

Hal ini dilakukan untuk mematikan bakteri yang mungkin terdapat pada bahan makanan yang akan dikonsumsi. Hindari makanan mentah yang mungkin mengandung bakteri.

12. Minyak Aromaterapi

Anda dapat menyemprotkan minyak aromaterapi seperti peppermint atau eucalyptus untuk menghilangkan racun di udara. Hal ini dapat mencegah anda dari berbagai polutan yang berbahaya bagi tubuh anda.

13. Sering membaca artikel mengenai Tips kesehatan

Dengan sering membaca berbagai artikel kesehatan, maka wawasan anda akan bertambah. Anda akan lebih mengetahui cara mencegah berbagai penyakit, serta cara untuk menghindarinya.

14. Olahraga teratur

Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh, serta meningkatkan peredaran darah. Dengan teratur melakukannya, tubuh akan lebih tahan ketika terkena serangan virus.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kebugaran tubuh, serta meningkatkan stamina agar tidak mudah terkena penyakit. Simak terus artikel di blog ini, untuk memperdalam pengetahuan kesehatan anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Tips Selalu Sehat dan Kebal dari Berbagai Penyakit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.